Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Udang Galah Siratu, Udang Bernilai Ekonomi Tinggi - Wetsartikel Pertanian Teranyar




Udang galah ini adalah output seleksi persoon pada Pelabuhan Ratu serta telah terbukti bebas dari Macrobrachium rosenbergii Nodavirus serta tahan terhadap kuman vibriosis. Udang galah siratu sebagai satu dari barang perikanan bernilai ekonomi tinggi, khususnya pada Indonesia.


udang galah siratu
plaatje: http://sisinbe.kkp.go.id/

Keunggulan udang galah siratu merupakan pertumbuhannya yang cepat serta durasi perkembangan larvanya lebih cepat dari F2. Udang galah ini telah diuji serta terbukti mempunyai tingkat toleransi terhadap kondisi salinitas air dari 12—20 ppt sebanyak 100 %, dari suhu 25°C ke 18°C sebanyak 99 %, pH dari 7 ke 4 sebanyak 100 %, serta formalin 500 ppm sebanyak 100 %.


Kelebihan yang dimiliki oleh udang galah siratu merupakan sebagai barang yang menjanjikan buat dibudidayakan oleh rakyat. Udang ini sudah dirilis secara resmi oleh Kementerian Kelautan serta Perikanan dengan SK Menteri Kelautan serta Perikanan Nomor 25/KEPMEN-KP/2015.


Sebelum dirilis, indukan udang sudah dikoleksi serta didomestikasi semenjak 2007—2010. Selanjutnya, pada 2011—2015 dilakukan pembentukan serta seleksi populasi sintetis. Udang galah ini berasal dari sembilan kombinasi persilangan dengan 3 strain udang, yaitu Sungai Bone, Mahakam, serta Citanduy.


Seleksi persoon udang langsung dilakukan pada Pelabuhan Ratu, yaitu pada Gedung Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi. Ini sebabnya udang galah ini diberi nama siratu.


apabila dilihat sesuai aspek teknologi, budidaya siratu mampu memberikan keuntungan kepada pembudidaya akibat teknologi yang dipergunakan relatif gampang dilakukan. Teknologi tadi pula dapat menaikkan kelangsungan hidup serta mengurangi durasi waktu pemeliharaan larva sebagai akibatnya pembudidaya dapat melakukan perputaran modal sebagai lebih cepat. Keuntungan yang dihasilkan oleh pembudidaya pun sebagai lebih besar.


apabila dilihat dari aspek ketahanan pangan serta ekonomi, siratu mampu membantu pemerintah buat menjaga ketahanan pangan serta sebagai peluang usaha baru bagi rakyat.


Sesuai output pengujian, mampu disimpulkan bahwa galah siratu dapat didistribusikan ke rakyat serta dibudidayakan pada skala luas buat menunjang peningkatan output produksi perikanan budidaya dan menaikkan produksi udang galah nasional, dan menaikkan kesejahteraan pembudidaya udang.


Posting Komentar untuk "Udang Galah Siratu, Udang Bernilai Ekonomi Tinggi - Wetsartikel Pertanian Teranyar"