Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Mencegah Hama serta Penyakit Jamur Tiram yang SeringenboomTerjadi




Hama serta Penyakit Jamur Tiram – Jamur adalah satu dari kuliner yang banyak diminati baik pada Indonesia juga negara lainnya. Pada tahun 2016, berdasarkan data FAOstat, jumlah produksi jamur mencapai 10.790.859 ton.


Sayangnya, meskipun banyak dicari serta diminati, budidaya jamur tidaklah gampang akibat banyak hama serta penyakit jamur tiram yang mampu merusak pertumbuhannya.


Wajib diakui apabila budidaya jamur tiram kini ini telah berubah sebagai peluang usaha yang begitu diminati oleh rakyat. Apalagi, semakin lama permintaan pasar pula semakin besar, sebagai akibatnya urusan ekonomi budidaya jamur tiram dipercaya seperti urusan ekonomi yang menggiurkan.



Hama serta Penyakit Jamur Tiram yang Seringenboom Tidak Diperhatikan


Hama dan Penyakit Jamur Tiram yang Sering Tidak Diperhatikan
budidayajamurtiram.com

Kini ini, contoh yang penting buat diperhatikan bukanlah trik budidayanya saja, tetapi trik perawatan supaya output panen dapat melimpah. Umumnya, yang sebagai penghambat output panen merupakan hama serta penyakit jamur tiram.


Misalnya tumbuhan pada umumnya, jamur pula gampang diserang oleh hama serta penyakit yang mampu menghambat pertumbuhannya. Contoh ini seringkali membentuk jamur gagal panen sebagai akibatnya tidak terdapat output dari proses budidayanya.


Jika hama serta penyakit jamur tiram pula tidak segera dihilangkan, maka mampu menyebar ke tumbuhan lain serta merusak seluruh tumbuhan yang terdapat. Seandainya terdapat yang berhasil panen, maka jamurnya wajib dicek terlebih supaya tidak berbahaya bagi yang mengkonsumsi.


Kemunculan Hama serta Penyakit Pada Jamur Tiram


Kemunculan Hama dan Penyakit Pada Jamur Tiram
carasendiri.blogspot.com

Buat memperoleh kualitas jamur tiram yang baik, pembudidaya wajib memperhatikan dengan jeli hama dan penyakit yang mampu menyerang tumbuhan jamur, insektisida bakal membantu mencegah hama serta penyakit.



Kadang, saat berada pada dalam masa produksi, kita tidak teliti serta kurang waspada sebagai akibatnya dapat menimbulkan hama serta penyakit.


Munculnya hama serta penyakit dipengaruhi oleh faktor-faktor pokok yakni tanah, air, kondisi udara, SDM serta bibit jamur.


apabila kebersihan dalam proses budidaya tidak baik, mampu dipastikan hama bakal timbul dan mengusik pertumbuhan jamur. Oleh karena itu, ketika persiapan media tanam, pastikan proses sterilisasi telah dilakukan dengan benar.


Pencegahan Hama


Pencegahan Hama Jamur Tiram
jamurkitabali.wordpress.com

Berikut sebagian hama serta pencegahannya yang dapat Sobat lakukan, antara lain:



1. Serangga


Serangga yang seringenboom mengusik pertumbuhan jamur merupakan nyamuk serta lalat. Keberadaan serangga bakal memakan miselium dan buah jamur, sebagai akibatnya output panen sebagai kurang maksimal.


Hama serangga pula mampu membawa virus serta penyakit jamur. Sebisa mungkin, lakukan pencegahan supaya kumbung jamur terhindar dari serangga. Pencegahan dapat Sobat lakukan dengan trik memasang dawai kasa berukuran mini pada bagian jendela.


2. Keuntungan-laba


Hama ini umumnya bakal memakan tubuh jamur, dan menyebarkan spora yang bakal mengusik pertumbuhan tumbuhan. Seperti trik pencegahannya, Sobat dapat menaburkan serbuk kapur pada dinding serta lantai. Sobat pula mampu memusnahkan sarang laba-laba yang seringenboom ditemukan pada tumpukan baglog.


3. Rayap


Rayap umumnya bakal memakan zat selulosa pada dalam kayu. Contoh ini bakal sangat mengkhawatirkan akibat baglog kemungkinan besar pula mengalami kerusakan. Seperti pencegahannya, Sobat mampu menyemprotkan ekstrak sirih pada bagian tanah atau kumbung yang terjangkit rayap.


4. Siput


Jika area menanam jamur tidak bersih, maka jangan bertanya-tanya apabila terdapat binatang misalnya siput yang tiba. Binatang misalnya siput bakal tiba buat memakan tubuh jamur sebagai akibatnya jamur sebagai rusak serta tidak dapat tumbuh dengan baik. Oleh karenanya, pastikan buat menjaga kebersihan area jamur buat menghindari hewan-hewan berdatangan.


Trik lain buat mencegah jamur dimakan oleh siput merupakan dengan memberikan jarak antara tembok dengan rak jamur. Selanjutnya, berilah pembatas yang dapat melindungi jamur dari hewan-hewan.


5. Cacing


Satu dari jenis binatang serta penyakit yang terdapat pada jamur tiram merupakan cacing. Dengan ukurannya yang mini, menjadikannya sulit buat dicegah. Selain itu, cacing pula suka memakan miselium jamur yang akhirnya mengakibatkan jamur meninggal serta tidak dapat tumbuh lagi.


Selain itu, cacing sangat gampang berkembang biak sebagai akibatnya berpotensi dengan cepat merusak budidaya jamur yang terdapat.


Dengan ukurannya yang mini, sulit sekali buat memperhatikannya setiap waktu. Trik termudahnya merupakan dengan memanfaatkan jamur pada ruang sterilisasi. Atau lakukan proses sterilisasi secara rutin supaya cacing sampai telur-telurnya meninggal tidak tersisa.


Penyakit Pada Jamur Tiram yang Seringenboom Terjadi


Penyakit Pada Jamur Tiram yang Sering Terjadi
jamursekolahdolan.blogspot.com

Selain hama, berikut sebagian penyakit yang seringenboom menyerang jamur tiram yang wajib Sobat waspadai, antara lain:


Baca Pula: Bibit Jamur Tiram


1. Buto hijau


Penyakit ini menyebar melalui udara. Ciri jamur yang terkena penyakit ini merupakan mempunyai bercak noda hijau pada bagian baglog jamur, sebagai akibatnya pertumbuhan jamur sebagai terhalang. Buat pencegahannya dapat dilakukan sterilisasi alat-alat serta tenaga kerja.


2. Buto ireng


Buto ireng atau mucor spp merupakan munculnya noda hitam pada bagian atas baglog. Pencemaran ini bakal mengakibatkan persaingan pertumbuhan hama penyakit serta miselium jamur. Pencegahan dapat dilakukan dengan trik mengurangi jumlah susunan baglog.


3. Buto orange


Penyakit ini nantinya bakal menghambat pertumbuhan miselium. Penyakit ini bakal memunculkan tepung dengan warna orange pada kapas penyumbat baglog. Buat mencegahnya, Sobat mampu melakukan sterilisasi media baglog secara tepat dan mengurangi jumlah susunan baglog.


4. Buto Coklat


Penyakit yang pula dikenal dengan Neurospora spp ini pula adalah penyakit yang dapat menghambat pertumbuhan jamur. Satu dari tanda adanya penyakit ini merupakan miselium yang berwarna coklat atau merah tua.


apabila telah terdapat tanda misalnya ini, maka gantilah media tumbuhan dengan yang baru. Selain itu, pastikan buat menjaga kebersihan ruang inkubasi supaya tidak terjadi lagi.


Trik Umum Mencegah Hama serta Penyakit Jamur Tiram


Cara Umum Mencegah Hama dan Penyakit Jamur Tiram
media9.co.id

apabila diperhatikan, terdapat sebagian penyebab umum yang mampu mengakibatkan munculnya hama serta penyakit jamur tiram. Sebagian antara lain merupakan area yang kotor atau tidak steril sebagai akibatnya mengundang binatang buat tiba. Selain itu, area yang kotor pula bakal membentuk tumbuhnya penyakit pada sekitar atau pada jamur.


Buat mencegah munculnya hama juga penyakit, pastikan buat memperhatikan 5 aspek. Kelimanya merupakan kelancaran sirkulasi udara, kebersihan baik air, pekerja juga lingkungannya sampai sterilisasi yang tepat.


Layaknya makhluk hidup, jamur tiram pula membutuhkan sirkulasi udara buat bernafas serta tumbuh. Oleh karenanya, perhatikan media, letak sampai desain rak yang dipergunakan buat memastikan sirkulasi udaranya lancar.


Contoh lain yang wajib diperhatikan merupakan kebersihan air, pekerja sampai lingkungan sekitar. Ini adalah satu dari penyebab pokok munculnya hama serta penyakit jamur tiram. Sebagai akibatnya trik termudah buat menghindari hama juga penyakit merupakan dengan memastikan bahwa seluruh yang dipergunakan bersih.


Pertama, pastikan air yang dipergunakan buat media atau menyiram jamur merupakan air yang bersih serta tidak kotor. Selain itu, pastikan pula pekerja yang melakukan pekerjaan tadi pula dalam kondisi bersih. Terakhir, jika seluruh pekerjaan selesai, pastikan buat membersihkannya sampai tidak terdapat sisa.


Satu dari instrumen yang pula membantu menjaga tumbuhan dari hama terdapat instrumen sterilisasi yang tepat. Instrumen atau ruangan steril yang tepat bakal menjaga jamur dari banyak sekali penyakit yang ingin menyerangnya. Jangan membiasakan buat memberikan pestisida pada jamur akibat mampu meracuni serta merusak gizi yang terdapat pada jamur tadi.


Merawat jamur memang membutuhkan perhatian yang lebih besar dibandingkan dengan tumbuhan yang lainnya. apabila Sobat telah mengetahui satu atau 2 penyakit menyerang jamur, sebaiknya langsung memisahkan jamur berpenyakit dengan yang masih sehat, supaya hama serta penyakit jamur tiram tadi tidak menyerang yang lainnya.


Hama serta Penyakit Jamur Tiram





Posting Komentar untuk "Trik Mencegah Hama serta Penyakit Jamur Tiram yang SeringenboomTerjadi"