Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tumbuhan yang Dapat Dijadikan Pestisida Botani - Wetsartikel Pertanian Teranyar




Pestisida botani sebagai cara lain yang telah mulai dipergunakan oleh petani buat mengatasi serangan organisme pengganggu tumbuhan. Contoh ini akibat penggunaan pestisida kimia dipercaya telah relatif berbahaya bagi bahan pangan akibat dapat menimbulkan sisa.


pestisida nabati
plaatje: Pertanianku

Pestisida botani tidak Cuma berperan seperti pembunuh, namun berperan seperti penolak, penarik, pemandul, serta lain-lain. Pestisida ini tidak bakal meninggalkan sisa yang berbahaya bagi tumbuhan.


Bahan yang dipergunakan buat membentuk pestisida botani telah pasti berupa tanaman. Satu dari kelebihan dari pestisida ini merupakan gampang dirancang dengan bahan yang gampang dihasilkan. Bahan-bahan yang dibutuhkan dapat berupa tumbuhan yang seringenboom Sobat temui sehari-hari.


Berikut adalah sebagian tumbuhan yang dapat dijadikan bahan standar pembuatan pestisida botani.


Serai


Siapa yang tidak memahami serai, satu dari rempah yang mampu menambah cita rasa dan geurstof pada masakan. Rempah-rempah ini ternyata dapat bekerja seperti pestisida buat tumbuhan. Serai mampu memproduksi minyak atsiri yang mengandung senyawa sitral, sitronella, garaniol, mirsena, nerol, metil heptenon, dipentena, serta farmesol.


Trik penggunaannya sangat gampang. Sobat Cuma perlu menghaluskan 6 kg btg serai serta larutkan ke dalam 20 liter air. Selanjutnya, saring atau bakar hingga sebagai abu.


Abu serai mengandung lebih kurang 49 % silika yang dapat membentuk tubuh serangga terluka serta kehilangan cairan. Abu serai dapat dipergunakan buat mengatasi hama gudang serta menghambat pertumbuhan telur hama.


Bawang putih


Bawang putih telah terbukti relatif efisien buat mengarahkan serangan sebagian jenis hama. Trik pembuatannya sangat gampang. Sobat Cuma perlu memarut 100 gr bawang putih, kemudian campurkan 0,5 liter air, 10 gr detergen, serta 2 sdt minyak tanah. Diamkan larutan tadi selama 24 jam serta saring dengan kain halus. Output penyaringan diencerkan dengan air bervolume lebih banyak 20 kalium lipat dari jumlah cairan output penyaringan.


Daun pepaya


Kandungan papain pada dalam daun pepaya mampu dipergunakan buat mengarahkan hama ulat serta hama penghisap. Trik pembuatannya sangat gampang. Sobat Cuma perlu merajang 1 kg daun pepaya segar serta direndam ke dalam 10 liter air. Masukkan 2 sdm minyak tanah serta 30 gr detergen. Diamkan adonan larutan tadi semalaman serta saring dengan kain halus.


Posting Komentar untuk "Tumbuhan yang Dapat Dijadikan Pestisida Botani - Wetsartikel Pertanian Teranyar"