Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Trik Menanam Jeruk Purut Bagi Pemula Terlengkap






√ Trik Menanam Jeruk Purut Bagi Pemula Terlengkap


 


 


CaraBudidaya.Co.ID – Hai para budidayawan kembali lagi dalam wetsartikel carabudidaya.co.id . Kalium ini kita bakal membahas mengenai trik menanam jeruk purut secara lengkap.


Terdapat yang telah mengetahui dengan cara apa Trik budidaya jeruk purut? Yuk simak mari dalam penjelasannya dibawah ini ya.




 


√ Cara Menanam Jeruk Purut Bagi Pemula Terlengkap


 



 


Mengetahui Jeruk Purut


 


Jeruk Purut  (Citrus × hystrix) adalah jenis jeruk yang berasal dari sub genus Papeda. Tumbuhan jeruk purut ini mempunyai pohon yang perdu dengan ranting berduri, daunnya memiliki bentuk spesial yaitu misalnya 2 helai daun yang tersusun vertikal akibat pelekukan tepi yang ekstrem , tebal serta berpermukaan licin agak berlapis malam.


Buah jeruk purut umumnya berdiameter < 2cm, bentuknya bundar dengan bagian atas kulit buah kasar akibat terdapat tonjolan-tonjolan, kulit buahnya tebal.Jeruk purut mempunyai banyak sebutan antara lain kaffir lime (buat perdagangan internasional), trucage (vietnam), moe kruut (thailand) serta masih banyak lagi.


Jeruk purut seringenboom dipergunakan seperti bahan tambahan pada masakan, menghilangkan anyir, serta bahan penambah wewangian. Dengan banyak sekali manfaat jeruk purut tadi, banyak orang yang mencoba peluang urusan ekonomi dengan melakukan budidaya jeruk purut ini.


 



 


Trik Menanam Jeruk Purut


 


1.Persiapan Bibit Jeruk Purut




Memperbanyak bibit jeruk purut dapat  dilakukan melalui biji ataupun penyambungan tunas pucuk (grafting). serta dapat melalui biji tetapi apabila melalui biji maka biji disemai terlebih dahulu.


 



 


2.Proses Penyemaian Jeruk Purut


  • Siapkan jeruk purut yang telah tua.

  • Belah serta ambil bijinya

  • Cuci hingga bersih.

  • Keringkan biji dengan trik menjemur selama 3-6 jam dibawah sinar matahari.

  • Rendam memakai hormon pengatur tumbuh (atonik) ,atau dapat pula direndam memakai air kelapa muda yang telah diencerkan 50% dengan air .(rendam selama 1-2 jam).

  • Tiriskan biji jeruk serta diamkan sementara waktu

  • Biji jeruk siap disemai ditempat persemaian.

  • Siapkan tempat persemaian yaitu polybag.

  • Masukan 1 biji jeruk purut vanaf polybag.

  • Tutup dengan tanah yang sudah dicampurkan dengan pupuk humus atau kompos perbandingan 1:1.

  • Tunggu 2-3 minggu , biji jeruk purut mulai bertunas serta tumbuh.


 


3.Proses Penanaman Jeruk Purut


  • Hitung berapa pohon yang bakal ditanam, sebaiknya jarak tanamnya diatur sekitar 1,5 x 1,5 m.

  • Untuk lubang berbentuk segi empat berukuran 75 x 75 centimeter.

  • Galilah tanah sedalam 30 centimeter. Tanah output galian ini (dikenal sebagai tanah atas) diletakkan pada sebelah kiri.

  • Selanjutnya, perdalam lubang itu sebagai 60 centimeter. Tanah galian yang ini (tanah bawah) ditaruh pada sebelah kanan.

  • Berikan pupuk sangkar, 30 kg serta 250 gr NPK vanaf pohon, kemudian bagi 2.

  • Masing-masing ditaburkan pada tanah galian tadi. Sesudah itu, abaikan lubang tanam dalam waktu 2 minggu.

  • Sesudah 2 minggu, tambahkan tanah bawah (sebelah kanan) lebih dahulu ke dalam lubang tanam, disusul tanah atas (sebelah kiri).

 


penanaman sesudah proses penyemaian


  • Siapkan bibit jeruk purut dalam polybag.

  • Kemudian, gali tempat penanaman seukuran daun cangkul.

  • Sebelum bibit dikeluarkan, sebaiknya disiram sampai relatif basah.

  • Keluarkan bibit dengan waspada, jangan hingga akarnya rusak.

  • Tambahkan tepat pada tengah-tengah lubang tanam dengan posisi tegak, kemudian padatkan tanah pada sekitar pangkal btg bibit. Siram hingga basah.

  • Sebaiknya, pasanglah bilah bambu atau kayu penyangga pada sisi kiri serta kanan btg bibit tadi.


 


4.Pemeliharaan Tumbuhan Jeruk Purut


Pemeliharaan tumbuhan jeruk purut dilakukan secara intensif, meliputi pemupukan secara terjadwal dengan pupuk organik, penyiraman 2 kalium sehari, penyuburan kembali pada tanah, penimbunan btg dengan tanah supaya memproduksi akar yang baru, dengan tujuan meningkatkan kecepatan pertumbuhan pada tumbuhan jeruk purut


Buat pemupukan dilakukan dengan memberikan pupuk sangkar secara terjadwal, atau mampu juga memakai pupuk NPK seimbang yaitu apabila pupuk organik dirasa kurang mencukupi.


Lakukan pembersihan semak-semak pengganggu disekitar tumbuhan. Btg serta ranting tumbuhan jeruk purut pula dibersihkan dari hewan-hewan mini pengganggu.



 


5.Penanganan Hama Penyakit Tumbuhan Jeruk Purut


 


Hama yang menyerang tumbuhan pada jeruk purut :


 


Jenis hama ini umumnya banyak menyerang pada bagian daun serta buah tumbuhan jeruk purut. Serangan yang pada akibatkan oleh hama yang satu ini pada tandai dengan munculnya bercak-bercak kemerahan pada bagian tumbuhan yang terjangkit.


Trik mengatasi hama ini : umumnya petani jeruk purut melakukan penyemprotan cairan insektisida pada tumbuhan yang terjangkit hama tungau tadi.


 


Jenis hama ini memang tidak membahayakan pada tumbuhan jeruk purut. Namun hama yang satu ini mampu membentuk dedaunan pada tumbuhan jeruk purut habis termakan.


Sebagai akibatnya tumbuhan bakal kelihatan kurus, buat mengatasi hama kutu daun ini, kita mampu melakukannya dengan trik menyemprotkan cairan pestisida pada bagian tumbuhan yang terjangkit saja.


 


Jenis hama ini relatif membahayakan bagi tumbuhan jeruk purut. hama ini dapat membentuk buah tumbuhan jeruk purut sebagai busuk, alhasil petani bakal banyak mengalami kerugian.


Agar hama penggerek buah tadi tidak tersebar luas pada buah jeruk purut lainnya, sebaiknya segera melakukan penanganan dengan trik menyemprotkan cairan methidathion pada buah-buah yang terjangkit oleh hama tadi.


 


Ulat yang seringenboom menyerang tumbuhan jeruk purut tentunya dapat membentuk tumbuhan jeruk purut sebagai rusak serta berakhir pada kematian.


Ketika ini belum terdapat trik yang baik buat mengatasi hama ulat ini. Maka karenanya, sebaiknya selalu menjaga kebersihan lingkungan pada tempat penanaman.


 


Penyakit yang menyerang tumbuhan pada jeruk purut :


 


  • Busuk akar serta pangkal btg

Penyakit ini lah yang sangat membahayakan tumbuhan jeruk purut. Akibat pada dasarnya akar yang berperan seperti penompang hidup telah rusak, sebagai akibatnya tumbuhan jeruk purut bakal gampang mengalami kematian.


Tanda-tanda yang pada akibatkan pada tumbuhan ini adalah tumbuhan jeruk purut tidak kelihatan segar lagi serta mengusam.


apabila tanda-tanda tadi timbul, terdapat baiknya apabila kita segera melakukan pembongkaran pada media tanam. Ganti seluruh jenis tumbuhan yang lama dengan tumbuhan yang baru.


 


Jenis penyakit ini seringenboom kalium menyerang pada bagian btg tumbuhan. Penyakit jamur upas ini dapat menyebabkan tumbuhan jeruk purut bakal susah buat berkembang, alhasil tumbuhan bakal mengalami pengerdilan (tidak dapat tumbuh membesar).


Buat menangani penyakit jamur upas ini, sebaiknya para petani jeruk purut mampu melakukan penyemprotan cairan fungisida pada penyakit tumbuhan jeruk purut tadi.


 


Embun tepung pula adalah jenis penyakit yang menyerang bagian daun tumbuhan jeruk purut. Penyakit embun tepung ini dapat menyebabkan daun tumbuhan jeruk purut bakal kehilangan geur khasnya.


Trik mengatasi penyakit embun tepung ini, para petani mampu melakukan penyemprotan tumbuhan jeruk purut dengan memakai cairan fungisida. Penyemprotan tadi baiknya sesuai dengan takaran atau berukuran yang telah pada tentukan sebelumnya.


 


Tidak Cuma itu saja, busuk buah pula adalah sebuah penyakit yang seringenboom kalium menjangkit para petani tumbuhan jeruk purut. Penyakit busuk buah ini bakal dapat menyebabkan kegagalan dalam pemanenan.


Buat mengatasi serangan penakit busuk buah ini, umumnya petani jeruk purut seringenboom melakukan pelilinan buah. apabila penyakit busuk buah ini semakin parah, maka sebaiknya apabila kita melakukan pemusnahan pada tumbuhan tadi yaitu dengan trik pada bakar.


 



 


Demikianlah penerangan terlengkap mengenai √ Trik Menanam Jeruk Purut Bagi Pemula Terlengkap . Semoga bermanfaat serta pula mampu menambah ilmu pengetahuan bakal trik membudidayakan nya. Terima Kasih


 


Baca Pula Wetsartikel Lainnya









Posting Komentar untuk "√ Trik Menanam Jeruk Purut Bagi Pemula Terlengkap"