Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pupuk yang Baik buat Tumbuhan Jagung Manis - Wetsartikel Pertanian Teranyar




 taPertanianku— Pemberian pupuk tidak dapat dilakukan sembarangan apalagi dengan jenis pupuk yang tidak sesuai. Pupuk tumbuhan jagung manis yang pokok wajib mengandung nitrogen, fosfor, serta kalium. Kadar takaran yang dipergunakan pula wajib sesuai dengan kondisi tumbuhan akibat takaran yang kurang atau kelebihan mampu mengakibatkan efek samping pada tumbuhan.


pupuk tanaman jagung manis
kiek: Pertanianku

Contohnya, tumbuhan jagung yang kekurangan nitrogen bakal mengalami perubahan warna pada daunnya sebagai kekuningan. Sementara itu, tumbuhan yang kelebihan nitrogen mampu mengakibatkan warna daun sebagai hijau tua, tajuk terlalu rimbun, persentase tongkol terlalu banyak, serta tumbuhan gampang terjangkit penyakit.


Pemberian pupuk nitrogen wajib dilakukan secara bertahap akibat pupuk ini gampang tercuci oleh air. Umumnya, pupuk yang dipergunakan buat menyuplai kebutuhan nitrogen merupakan pupuk urea dengan kandungan N sebanyak 45 %.


Kandungan fosfor dibutuhkan buat pembentukan bunga serta biji, menstimulasi pembentukan akar, dan meningkatkan kecepatan proses pemasakan buah. Tumbuhan yang kekurangan fosfor bakal mengalami keterlambatan pada proses pertumbuhan, berukuran tongkol sebagai mini serta tidak normal, dan warna daun berubah sebagai keunguan.


Pupuk fosfor yang dapat dipergunakan buat tumbuhan jagung merupakan SP-36 dengan kandungan P2O5 ­sebanyak 36 %. Pemberian pupuk fosfor dilakukan sekaligus ketika tanam.


Pupuk kalium sangat dibutuhkan oleh tumbuhan jagung manis, terutama saat malai tumbuhan bakal keluar. Tumbuhan yang masih muda, umumnya masih belum membutuhkan unsur kalium. Tumbuhan yang kekurangan unsur kalium mampu mengalami pertumbuhan tongkol yang mini serta meruncing, dan pertumbuhan biji sebagai kurang tepat.


Pupuk kalium yang biasa dipergunakan merupakan pupuk KCl dengan kandungan K­2O sebanyak 50 %. Pemberian kalium relatif dilakukan satu kalium akibat unsur ini tidak gampang larut.


Terdapat 2 jenis pupuk yang biasa diberikan buat tumbuhan jagung, seperti pupuk tunggal serta pupuk beragam. Pupuk tunggal yang biasa diberikan merupakan urea, SP-36, KCl, serta ZA. Sementara itu, pupuk beragam yang dapat diberikan merupakan NPK mutiara, NPK phonska Grand S-15, Grand-K, Taningro, serta KaliMags.


Pupuk urea serta SP-36 diberikan sebanyak 150 gr, sedangkan pupuk KCl sebanyak 100 gr pada ketika pemupukan dasar. Sesudah berumur 30 hari sesudah tanam, pohon jagung diberikan pupuk urea sebanyak 150 gr.


Sementara itu, apabila Sobat memakai pupuk NPK, berikan sebanyak 300 gram seperti pupuk dasar atau pupuk urea sebanyak 200 gram pada ketika 30 hari sesudah tanam.


Posting Komentar untuk "Pupuk yang Baik buat Tumbuhan Jagung Manis - Wetsartikel Pertanian Teranyar"