Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Langkah Budidaya Jamur Tiram Coklat Supaya Sukses Bagi Pemula




Budidaya Jamur Tiram Coklat – Jamur adalah satu dari jenis kuliner yang sedang terkenal serta banyak digemari. Pada tahun 2006, jumlah jamur pada Indonesia yang berhasil diidentifikasi merupakan sebanyak 200.000 spesies dari 1,5 juta spesies. Jumlah ini termasuk jamur tiram coklat serta putih yang banyak dikonsumsi pada Indonesia.


Meskipun tidak se-populer jamur tiram putih, tetapi budidaya jamur tiram coklat tetap saja mempunyai pendaftar. Padahal, apabila dilihat-lihat, harga jamur tiram coklat lebih mahal dibandingkan dengan harga jamur tiram putih.



Budidaya Jamur Tiram Coklat yang Mulai Diincar & Keuntungannya


Budidaya Jamur Tiram Coklat yang Mulai Dilirik
plantationconsultant.blogspot.com

Secara teknis, budidaya tiram coklat mirip dengan tiram pada umumnya. Tentu saja contoh ini mampu membawa potensi yang menguntungkan. Selain itu, jamur tiram coklat pula mempunyai banyak manfaat buat kesehatan insan.



Contoh inilah yang membentuk usaha ini banyak diincar oleh petani juga orang yang ingin berbisnis. Buat detail, berikut merupakan sebagian keuntungan dari budidaya tiram coklat:


Jangan Lupa Baca: Bibit Jamur Tiram


1. Mempunyai Banyak Manfaat Kesehatan


Satu dari kelebihan jamur tiram coklat merupakan banyaknya gizi yang terdapat pada dalamnya. Sama halnya dengan jamur lainnya, jamur ini mempunyai banyak vitamin yang membantu menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya merupakan antioksidan yang berperan buat menjaga ketahanan tubuh insan dan menjaga tubuh terjangkit dari penyakit.


Jamur pula dikenal mempunyai vitamin D serta magnesium yang bermanfaat buat menjaga kesehatan tulang insan. Selain itu, jamur tidak mengandung kolesterol sebagai akibatnya aman dikonsumsi oleh seluruh usia.



2. Biaya yang Murah


Kelebihan lain dari budidaya jamur tiram coklat merupakan biayanya yang tidak mahal. Akibat dilakukan pada tempat tinggal, maka alat-alat yang dibutuhkan simpel serta mampu dirancang sendiri. Kisaran biaya yang dibutuhkan buat memulai budidaya jamur mulai dari pembelian bibitnya sampai panen merupakan sekitar Rp 1-2 juta.


3. Keuntungan yang Menggiurkan


Keuntungan yang dihasilkan dari budidaya tiram coklat dapat dikatakan relatif menggiurkan. Contoh ini dikarenakan modal yang dibutuhkan tidak besar, sedangkan harga jualnya lebih tinggi dibandingkan dengan jamur lain.


4. Pemeliharaan serta Perawatan yang Gampang


Alasan lain yang membentuk orang menentukan buat memulai usaha budidaya jamur merupakan pemeliharaan serta perawatannya yang gampang. Budidaya jamur tidak membutuhkan perawatan yang rumit, Cuma pastikan tidak terdapat binatang yang tidak diinginkan tiba.


Ini adalah satu dari tantangan terbesar dalam budidaya jamur akibat mampu menghambat apalagi menggagalkan panen jamur. Oleh karenanya, pastikan buat menanamnya pada tempat serta suhu yang sesuai.



Langkah Menjalankan Usaha Budidaya Jamur


Langkah Menjalankan Usaha Budidaya Jamur
organikganesha.wordpress.com

Supaya menjalankan usaha budidaya jamur ini mampu berjalan dengan lancar, terdapat sebagian langkah yang wajib Sobat ikuti, antara lain:


1. Persiapan instrumen serta bahan


Tahap awal budidaya jamur tiram berwarna coklat kenyataannya tidak jauh berbeda dengan jamur pada umumnya. Sobat wajib mempersiapkan bahan serta instrumen misalnya media tanam yang berupa serbuk gergaji, biji-bijian serta kapur, plastik tahan panas, instrumen tanam, ruang tanam, bibit jamur coklat yang mempunyai kualitas baik, tempat tinggal jamur serta ruang inkubasi.


Ingat buat mempersiapkan bibit yang unggul pula. Bibit jamur tiram coklat yang unggul merupakan satu dari kunci kesuksesan dalam mendapatkan jamur yang besar serta bergizi. So, pastikan buat menentukan bibit yang unggul, sehat serta tidak tercemar oleh binatang.


2. Pembelian Baglog


Pada dasarnya, baglog mampu dihasilkan dengan dirancang sendiri serta melakukan pembelian. Tetapi, apabila Sobat masih baru dalam menjalankan usaha ini, lebih baik membeli baglog dibandingkan dengan membentuk sendiri. Pilih supplier baglog berkualitas.


3. Proses Sterilisasi


Proses sterilisasi ini adalah tahapan yang wajib dilakukan, akibat media tanam yang bakal dipergunakan wajib bebas dari kuman. Tujuan dari proses sterilisasi ini merupakan supaya menjamin media bersih serta steril.


4. Proses Inkubasi


Inkubasi merupakan proses penanaman bibit jamur ke baglog. Proses ini wajib dilakukan pada ruang yang steril buat menghindari adanya pencemaran.


5. Memindah Baglog ke Kumbung


apabila masa inkubasi telah selesai, miselium umumnya bakal tumbuh 1/3 dari baglog. Selanjutnya, baglog dapat dipindah ke kumbung. Sebelum memindahkan, pastikan rak dan kumbung telah berada dalam kondisi yang bersih.


Baglog pada rapikan pada ketinggian 3 sampai 4 baglog dalam rak. Rapikan baglog dengan rapi sebagai akibatnya pemeliharaan dapat dilakukan dengan gampang.


6. Pemeliharaan serta Perawatan


Pemeliharaan serta perawatan jamur coklat sangat gampang dilakukan. Sobat Cuma perlu menyiram 2 kalium dalam sehari yaitu pada pagi serta sore hari. Penyiraman dapat dilakukan dengan menyemprotkan air dengan memakai spray pada bagian lantai serta atap kumbung. Jika suasana sedang lembab, Sobat dapat mengurangi intensitas penyiraman.


Buat mengarahkan hama penyerang tumbuhan, dapat dilakukan dengan trik pencegahan, matikan hama yang kelihatan serta buang baglog yang telah tercemar dengan hama penyakit.


Hindari tetap menyimpan baglog yang telah terkena penyakit. Bukannya menguntungkan, baglog yang telah terjangkit penyakit dapat menyebarkan hamanya ke baglog lain.


7. Proses Panen


Masa panen dilakukan 1,5 sampai 2 bulan setelah masa tanam, atau setelah memindahkannya ke kumbung. Masa panen ini ditunjukkan dengan berukuran jamur yang maksimal serta mengembang. Jamur coklat mempunyai btg berwarna coklat, sedangkan jamur putih mempunyai btg berwarna putih.


Waktu yang paling tepat melakukan pemanenan merupakan pada sore hari, sebagai akibatnya kesegaran jamur mampu terjaga dengan baik. Hindari menunda-nunda masa panen, akibat mampu mengakibatkan jamur mempunyai warna kuning.


Saat ingin mengambil jamur, pastikan buat memakai instrumen bantu misalnya gunting atau pisau. Pengambilan memakai tangan dapat membentuk jamur gampang rusak serta busuk sebelum waktunya.


Tips Supaya Jamur Tiram Coklat Tumbuh dengan Baik


Tips Agar Jamur Tiram Coklat Tumbuh dengan Baik
haibunda.com

Jamur tiram merupakan satu dari jenis jamur yang mampu tumbuh dengan baik apabila kondisi lingkungannya sesuai. Sebagian contoh yang mempengaruhi pertumbuhannya merupakan suhu, air, cahaya sampai nutrisinya. Oleh karenanya, pastikan buat memperhatikan contoh tadi saat menentukan budidaya jamur tiram.


Jamur bakal tumbuh optimal pada area yang bersuhu 18-20 celcius. Tetapi, miselium bakal tumbuh optimal pada suhu 25-30 celcius. Jika ditanam pada area yang suhunya lebih rendah dari 18 celcius bakal membentuk tubuh jamur lebih berair. Contoh ini bakal membentuk jamur lebih gampang busuk.


Selanjutnya, perhatikan pH media serta area yang dipergunakan. apabila pHnya tidak sesuai, maka jamur tidak bakal dapat mengambil nutrisi yang sebaiknya. Oleh karenanya, pastikan tingkat keasamannya adalh 5.5-6.5.


Misalnya tumbuhan lainnya, jamur pula sangat membutuhkan air. Jika jamur tidak diberikan air yang relatif bakal menghambat pertumbuhannya sampai dapat menyebabkannya meninggal. Tetapi, terlalu banyak air pula bakal membentuk jamur gampang rusak sampai busuk.


Pastikan buat mengatur air pada dalam media sebanyak 50%-60% dari total media. Jika jumlah airnya tepat, maka bakal membantu jamur buat menyerap kuliner dari media dengan baik sebagai akibatnya mampu tumbuh dengan baik.


Proses budidaya jamur coklat memang tidak gampang, tetapi apabila dilakukan dengan baik serta benar, hasilnya mampu melimpah ruah, apalagi Sobat dapat balik modal Cuma dalam waktu sebagian kalium proses panen. Selain itu perawatannya yang gampang dapat Sobat jadikan seperti urusan ekonomi sampingan. So, apakah Sobat mulai tertarik menjalankan usaha budidaya jamur tiram coklat? Semoga wetsartikel pada atas bermanfaat bagi Sobat.


Budidaya Jamur Tiram Coklat


Posting Komentar untuk "7 Langkah Budidaya Jamur Tiram Coklat Supaya Sukses Bagi Pemula"