Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Sukses Para Planter Kelapa Sawit pada Indonesia - Wetsartikel Pertanian Teranyar




Urusan ekonomi kelapa sawit pada Indonesia semakin potensial setiap tahunnya akibat kebutuhan kelapa sawit pada dalam negeri makin semakin tinggi. Buat memenuhi permintaan yang terdapat, dibutuhkan asal daya insan (SDM) yang berkompeten pada bidang perkebunan kelapa sawit. Para SDM pada bidang kelapa sawit yang tangguh pasti berawal dari planter kelapa sawit.


planter kelapa sawit
plaatje: 

Terdapat banyak planter kelapa sawit yang sukses berkarier pada dunia perkebunan. Contohnya, Hasjrul Harahap. Hasjrul memulai kariernya pada dunia perkebunan seperti asisten magang atau lebih akrab dikenal dengan sebutan mandor. Selanjutnya, banyak sekali posisi bergengsi sudah ditempati Hasjrul, antara lain Direktur Pokok PTP XXIII, kepala SBNPN (Staf Bina Perusahaan Negara), Menteri Muda UPPTK (Urusan Peningkatan Produksi Tumbuhan keras) tijdsperiode 1983—1988, serta Menteri Kehutanan tijdsperiode 1988—1993.


Kisah bepergian Hasjrul pada dunia perkebunan sangat menarik buat diketahui. Pasalnya, Hasjrul berhasil merintis kariernya dari bawah sampai sebagai pimpinan perusahaan. Hasjrul ternama seperti seseorang yang disiplin, kerja keras, serta amanah dalam bekerja.


Sosok lainnya terdapat Memet Hakim, planter kelapa sawit yang setia membaktikan pada perkebunan. Memet adalah anak ke-3 dari 12 bersaudara. Dia terlahir dari famili sederhana, sang ayah adalah petugas administrator pada Kehutanan, sedangkan ibunya Cuma orang tua tempat tinggal tangga.


Semenjak mini Memet menyayangi ingkungan, apalagi seringenboom diajak masuk ke hutan akan tetapi tidak boleh buat memotong ranting pepohonan. Didikan tadi membentuk dirinya sangat cinta dengan lingkungan.


Kisah Memet nyaris sama misalnya Hasjrul yang berhasil merintis kariernya pada dunia perkebunan pada mulai dari bawah sampai akhirnya Memet sebagai staf pakar, direksi, serta konsultan.


Terdapat banyak lagi kisah planter kelapa sawit yang dapat dijadikan seperti motivasi buat Sobat yang sedang merintis karier dalam bidang yang sama. Kisah usaha mereka tidak selalu mulus, apalagi sempat mengalami masa-masa sulit. Yang terpenting, jangan pernah lelah buat terus belajar serta lapang dada terhadap seluruh usaha yang telah dilakukan.


Seluruh kisah planter kelapa sawit sukses dibahas lebih detail pada dalam kitab Kisah Sukses Planter: Sukses Membangun, Mengelola, serta Berkarir pada Bidang Perkebunan. Kitab tadi diterbitkan oleh Penebar Swadaya.


Posting Komentar untuk "Tips Sukses Para Planter Kelapa Sawit pada Indonesia - Wetsartikel Pertanian Teranyar"