Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pakan yang Wajib Diberikan Ketika Ayam Sedang Bertelur - Wetsartikel Pertanian Teranyar




Pakan ayam yang diberikan saat ayam sedang bertelur bakal berbeda akibat  jumlah pakan sampai kandungannya bakal jauh lebih tinggi dibandingkan pakan ayam yang sedang tidak bertelur. Pemberian pakan yang tepat mampu merangsang ayam bertelur dengan baik. Oleh karenanya, perhatikan pakan yang Sobat berikan selama masa bertelur.


pakan ayam
plaatje: 

Pakan diberikan sebanyak 2 kalium sehari. Jenis pakan yang diberikan dapat dalam berbentuk bubur yang terbuat dari campuran pakan layer, bekatul atau dedak, serta air. Perbandingan pakan yang diberikan merupakan 1:1 (satu bagian pakan layer serta satu bagian buat pakan bekatul atau dedak). Pada stadium bertelur, ayam membutuhkan pakan sebanyak 90—100 gr/hari.


Selain pakan tadi, Sobat pula perlu memberikan pakan berupa hijauan sekitar 20 % sebanyak 18—20 gr/buntut dalam sehari.


Bekatul atau dedak yang diberikan pada ayam yang sedang bertelur tidak bisa sembarangan. Pasalnya, seringenboom dijumpai kesalahan peternak dari bekatul atau dedak yang dipergunakan. Bekatul atau dedak yang tidak berkualitas malah mampu mengakibatkan produksi telur menurun.


Bekatul atau dedak yang dipergunakan adalah bekatul atau dedak halus. Bekatul atau dedak halus serta bekatul atau dedak biasa mampu diketahui perbedaannya ketika dikepal kuat-kuat. Bekatul atau dedak halus yang dikepal bakal mengecil serta membeku dengan padat. Sementara itu, bekatul atau dedak kasar bakal membesar serta tidak membeku sama sekali, apalagi bekatul atau dedak bakal musnah kembali.


Bekatul atau dedak halus dalam bahasa Jawa merupakan bekatul. So, jangan gelisah saat Sobat mencari bekatul atau dedak halus pada wilayah Jawa, namun para penjual malah menyebutnya dengan nama bekatul.


Kesalahan bukan saja ditimbulkan oleh jenis bekatul atau dedak yang dipergunakan, pakan layer yang dipilih pula mampu memengaruhi kondisi produksi telur. Apalagi, ayam dapat tidak bertelur dampak kesalahan pakan layer akibat ayam tadi telah berubah sebagai ayam pedaging.


Selain pakan, Sobat pula wajib memerhatikan kebiasaan mengeram. Dalam kondisi normal, induk ayam bakal mengeramkan telur selama 3 minggu atau 21 hari. Ayam yang dipelihara pada dalam sangkar baterai relatif sulit buat kelihatan sedang mengeram atau tidak. Tetapi, umumnya ayam bakal mengalami kerontokan pada bagian dadanya sebagai akibatnya bagian tadi kelihatan gundul.


Pada stadium mengeram, induk ayam bakal mengalami penurunan berat badan, jengger, dan cupingnya sebagai tampak kisut serta pucat.


Naluri pengeraman induk sebaiknya dihilangkan dengan memandikan ayam secara rutin sebanyak 2 kalium sehari, yaitu pada pagi serta sore hari. Trik ini dilakukan buat menjaga kondisi suhu selama masa pengeraman sebagai akibatnya masa tadi dapat dipersingkat atau dihilangkan.


 


 


Posting Komentar untuk "Pakan yang Wajib Diberikan Ketika Ayam Sedang Bertelur - Wetsartikel Pertanian Teranyar"