Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Obat Mabuk Bepergian yang Dapat Sobat Persiapkan Sebelum Bepergian



Mabuk bepergian merupakan satu satu kondisi yang paling umum terjadi ketika sedang melakukan bepergian memakai transportasi darat, laut, ataupun udara. Saat mengalami mabuk bepergian, Sobat bakal mengalami pusing, lemas, timbul keringat dingin, kulit nampak pucat, serta perut bakal terasa mual apalagi hingga muntah.


Meskipun bukan kondisi medis yang serius, mabuk bepergian mempunyai akibat psikologis yang mendalam selama bepergian. Apalagi orang-orang yang kerap mengalami mabuk bepergian seringkali merasa malas melakukan bepergian jauh akibat mentalnya telah takut buat merasakan mabuk bepergian lagi.


Akan tetapi tenang, berikut adalah terdapat sebagian obat mabuk bepergian mujarab yang dapat Sobat persiapkan sebelum berpergian jauh, terutama apabila Sobat ingin pulang kampung.


Apa penyebab mabuk bepergian?


Mabuk bepergian dapat dialami saat satu dari bagian dari sistem keseimbangan (saraf sensorik, mata, serta indera pendengaran bagian dalam) merasa bahwa tubuh kita bergerak, namun bagian lainnya tidak. Contohnya ketika Sobat melakukan bepergian darat, mata memberitahu otak bahwa Sobat sedang bepergian dengan kecepatan tinggi, namun indera pendengaran malah merasa apabila Sobat Cuma duduk diam. Pertentangan antara alat inilah yang mengakibatkan terjadinya mabuk bepergian.


Selain itu, kurangnya kadar oksigen serta banyaknya kadar karbon dioksida pada dalam kendaraan, dan sistem suspensi kendaraan yang tidak baik serta kondisi jalanan bakal memperparah mabuk bepergian yang Sobat alamiah. Akibat selama bepergian Sobat Cuma dalam posisi diam serta tidak banyak bergerak, maka tubuh Sobat bakal dipaksa buat terpapar geurstof tadi dalam waktu yang lama. Secara refleks, tubuh Sobat bakal berekasi buat menolak. Reaksi tubuh ini umumnya memunculkan rasa mual serta pusing.


Bermacam-macam obat mabuk bepergian yang alamiah


apabila Sobat satu dari orang yang rentan mengalami mabuk bepergian, berikut adalah sebagian obat mabuk bepergian alamiah yang dapat Sobat persiapkan sebelum berpergian.


1. Jahe


Jahe merupakan satu dari jenis rempah-rempah yang efisien meringankan efek mabuk bepergian Sobat. Sobat dapat minum air rebusan jahe yang diberi tambahan madu ataupun gula satu jam sebelum melakukan bepergian atau membawa bekal air rebusan jahe pada dalam termos panas buat diminum selama bepergian.


apabila Sobat tidak sempat buat membentuk air rebusan jahe, Sobat dapat memotong jahe sebagai satu atau 2 iris yang yang dibungkus ke dalam tisu. Geur jahe ini bakal memberikan efek rileksasi selama Sobat melakukan bepergian.


2. Peppermint


Mengunyah permen peppermint kenyataannya dapat membantu mengurangi rasa mual serta sakit kepala dampak mabuk bepergian. apabila Sobat tidak menyukai cita rasanya, Sobat dapat mencoba setetes minyak aromaterapi peppermint pada pergelangan tangan atau saputangan, kemudian dihirup setiap kalium Sobat merasa mual serta pusing. Obat mabuk bepergian ini pula cocok buat balita.


3. Minyak kayu putih


Meskipun tidak seluruh orang menyukai aroma minyak kayu putih akibat aromanya yang menyengat, tetapi minyak ini dapat so senjata digdaya buat mengatasi serangan mual serta pusing. Oleskan minyak kayu putih ke bagian leher, tengkuk, dada, serta perut supaya tubuh Sobat terasa lebih hangat serta rileks. apabila Sobat tida suka aroma minyak kayu putih, Sobat dapat merubahnya dengan minyak lain yang pula sanggup menghangatkan tubuh.


4. Teh


Selain jahe, minuman lain yang dapat meredakan mual serta pusing selama bepergian merupakan teh. Siapkan teh hangat yang rendah gula dalam sebuah termos mini buat menenangkan tubuh Sobat serta mengurangi perasaan kecapekan selama bepergian. Supaya mendapatkan manfaat yang lebih, Sobat dapat memakai teh chamomile serta menambahkan daun mint. 


5. Accupressure


Sobat dapat meletakkan 3 jari tangan pada bawah lipatan pergelangan tangan. Letakkan orang tua jari tepat pada bawah ketiga jari tadi, pada tengah-tengahnya, tepat pada antara 2 otot tendon besar. Dengan orang tua jari Sobat, berikan tekanan pada tempat tadi serta tahan selama sebagian waktu. Lakukan ini berulang-ulang hingga Sobat merasa tenang. Ini merupakan titik accupressure buat mual serta bagi separuh orang, trik ini terbukti digdaya buat mengurangi tanda-tanda yang berhubungan dengan mabuk bepergian.


6. Teknik pernapasan dalam


Lakukan teknik pernapasan dalam yang secara alamiah bakal menenangkan Sobat dari tanda-tanda mabuk bepergian. Caranya, tutup mulut serta ambil napas dalam-dalam melalui hidung. Isi paru-paru dalam empat hitungan. Selanjutnya tahan napas selama tujuh hitungan. Sesudah itu, hembuskan napas keluar melalui mulut selama delapan hitungan. Ulangi teknik pernapasan ini 3 kalium.


Hello Health Group serta Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, penaksiran, juga pengobatan. Silakan cek halaman kebijakan editorial kita buat berita lebih detail.

Posting Komentar untuk "Obat Mabuk Bepergian yang Dapat Sobat Persiapkan Sebelum Bepergian"