Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik menanam hidroponik pakcoy sederhana dari semai sampai panen (gampang, murah serta dapat dilakukan pada tempat tinggal)




Menanam hidroponik saat ini sebagai pilihan nyaris seluruh kalangan, akibat bertanam dengan sistem hidroponik masih dapat dilakukan walaupun tanpa mempunyai tanah pertanian yang luas, Cuma dengan mengandalkan halaman tempat tinggal, atap tempat tinggal kita dapat menanam dengan sistem hidroponik.

Menanam dengan sistem hidroponik banyak dipilih, akibat caranya sangat simpel, gak perlu kotor-kotoran bermain tanah, gak perlu sibuk dengan urusan siram menyiram serta gak perlu memikirkan pemupukan manual yang umumnya dilakukan pada sistem pertanian konvensional.

Buat skala mini menanam dengan sistem hidroponik dapat sebagai pilihan, akibat mampu dijangkau dengan modal yang murah, kita dapat memanfaatkan barang atau wadah bekas yang banyak tersedia pada tempat tinggal, misalnya botol-botol bekas air mineral, pipa, bekas dirigen serta semacamnya.

yang wajib kita pelajari merupakan ilmunya, cara mengolah talang instalasinya, trik pemberian nutrisinya serta pula trik pemeliharannya, apabila itu seluruh dapat dikuasai, maka anda mampu menanam hidroponik.

terdapat banyak sekali tamanam jenis sayuran yang dapat ditanam dengan sistem hidroponik misalnya pakcoy, kangkung, sawi, selada serta lain sebagainya, menanam sayuran daun dengan sistem hidroponik terbilang relatif gampang serta masa panen yang relatif singkat, sebagai akibatnya buat anda pemula ini dapat mencadi pilihan saat pertama kalium terjun kedunia hidroponik.

Pada wetsartikel kalium ini aku ingin menjelaskan trik menanam hidroponik sayuran jenis pakcoy dari mulai semai sampai panen.

Sobat bakal belajar dengan cara apa trik menyemai supaya benih tumbuh, selanjutnya dilanjutkan dengan pemindahan tumbuhan, pemberian nutrisi sampai panen.


Trik menanam hidroponik pakcoy sederhana dari semai sampai panen


Salah saju jenis sayuran yang gampang sekali ditanam dengan sistem hidroponik merupakan jenis sayuran dari golongan sawi-sawian, salah satunya merupakan pakcoy.

buat menanam pakcoy dengan sistem hidroponik umumnya dimulai dari penyemaian terlebih dahulu, apabila semai telah dilakukan sampai tumbuhan pakcoy yang kita semai tumbuh serta telah mempunyai 4 daun (2 daun badan serta 2 daun sejati), artinya pakcoy siap buat dipindah tanam ke talang instalasi hidroponik.


1. Trik menyemai Pakcoy


Trik menyemai pakcoy terbilang relatif gampang, trik yang paling simpel memakai rockwool yang dapat kita beli pada toko hidroponik. semaian dapat dilakukan dipagi hari sebelum jam 12  siang.

Perhitungan lama semaian dimulai dari hari pertama penempatan benih pada rockwool sampai siap buat pindah tanam dikenal sebagai dengan kata HST (Hari sesudah semai).

Langkah-langkah menyemai pakcoy merupakan seperti berikut:

a. Siapkan benih pakcoy yang telah dibeli, kemudian rendam dalam air hangat kuku lebih kurang 30 mnt supaya biji gampang pecah bertunas, pilih biji pakcoy yang tenggelam, buang yang mengambang.

penyemaian pakcoy umumnya tumbuh Cuma 80% saja, so buat penyemaian lebihkan sedikit dari jumlah sasaran yang ingin kita semai, apabila jumlah yang ingin disemai 100, maka siapkan benih sebagai 120 biji.  lebihkan saja 20% dari jumlah sasaran benih buat antisifasi apabila terdapat benih yang pertumbuhannya kurang baik atau benih meninggal.

a. Siapkan rockwool serta potong kotak-kotak kubus tanpa putus lebih kurang 2x2 centimeter, sesuaikan dengan jumlah benih yang ingin disemai, simpan pada sebuah baki semaian, kemudian pada setiap kotak rockwool lubangi sedikit pada bagian tengahnya buat menyimpan benih misalnya gambar pada bawah ini.





c. Masukan benih pakcoy yang telah direndam ke dalam rockwool, satu kotak rockwool diisi satu benih saja.

d. Selanjutnya siram seluruh rockwool yang telah berisi benih dengan air standar sampai basah, jangan terlalu banyak yang penting basah.

e. Tutup Semaian benih dengan kain hitam atau plastik hitam, serta simpan ditempat teduh serta gelap selama 1x 24 jam hari buat memancing pertumbuhan tunas.

f. Sesudah 1x 24 jam umumnya binih pakcoy bakal pecah, sesudah pecah seluruhnya jemur pada bawah sinar mentari secara rutin sampai benih tumbuh 4 daun, pastikan rockwool terjaga kelembabannya jangan hingga omkering.

g. Pelihara semaian, jemur secara rutin, ingat seringenboom mengontrol serta menyiram rockwool supaya tetap lembab tetapi tidak terlalu basah, tunggu sampai setiap benih tumbuh berdaun 4 (2 daun badan 2 serta sejati) lebih kurang usia 5-10 HST, misalnya gambar pada bawah ini:





Pada ketika semaian apabila mau, saat usia semaian 3 hari dapat pada kasih nutrisi dengan ppm 100 sampai 300 ppm supaya pertumbuhan lebih cepat, tetapi kadang rockwool bakal gampang dipenuhi lumut.


2. Menanam Pakcoy hidroponik


Menanam dengan sistem hidroponik murni memakai air tanpa adonan tanah sedikitpun, tetapi air standar yang dipergunakan wajib mempunyai nilai PPM pada bawah 100 supaya pertumbuhan lebih maksimal.

Air standar yang siap dipergunakan nanti dicampur nutrisi hidrponik, salah satunya pupuk ABMIX yang gampang terlarut pada dalam air.

Sementara untk media tanam buat sebagian jenis tumbuhan apabila mau kita dapat masukkan cocopit, sekam bakar serta semacamnya buat menopang tumbuhan supaya berdiri kokoh. tetapi apabila tidak mau repot Cuma dengan memakai rockwool pula dapat.

Buat menanam pakcoy, sesudah semaian benih pakcoy siap buat ditanam, kita dapat menanam pakcoy pada media instalasi hidroponik yang telah dipersiapkan  terlebih dahulu.

Perhitungan lamanya hari dari hari pertama pindah dari semaian ke media tanam sampai panen dinamakan dengan kata HST (Hari sesudah tanam).

Untu menanam pakcoy dengan sistem hidroponik kita dapat memakai sebagian sistem hidroponik, ketika ini terdapat banyak sekali sistem hidrponik yang seringenboom dipergunakan pada seluruh dunia termasuk indonesia, misalnya sistem hidroponik DFT, NFT, Rakit Apung, Sistem Kratky, sistem wick serta lain sebagainya.

Sistem hidroponik sederhana Yang paling murah serta cocok sekali buat pemula merupakan sistem kratky serta wick, sistem tadi dikenal murah akibat kita dapat memakai barang-barang bekas buat media tanamnya, misalnya botol-botol bekas air mineral, bekas dirigen oli atau minyak, bekas pipa pvc serta lain sebagainya, selain itu dapat dilakukan pada tempat tinggal. Apapun dapat kita manfaatkan buat menanam hidroponik dengan sistem wick/kratky yang penting wadah dapat menampung air.

Hidroponik sistem wick memakai wadah kelihatan misalnya gambar pada bawah ini:




Sedangkan apabila ingin ditanam memakai hidroponik sistem wick dari botol bekas instalasinya dapat dirancang misalnya gambar pada bawah ini:


  • Membelah bagian atas botol

  • melubangi baigan atas botol sebagian lubang.

  • memberikan sumbu dari kain planel atau kain yang gampang menyerap air pada bagian bawahnya atau bagian yang bakal terendam air nutrisi.

  • Mengisi dengan media tanam selain tanah (dapat sekam bakar, dapat pula cocopeat dll).

  • mengisi air nutrisi.

  • Meletakan semaian pada bagian atasnya.


Benih semaian yang telah tumbuh sampai 3-4 daun dapat langsung anda pindah pada talang instalasi, supaya lebih murah serta gampang, buat pemula anda dapat mencoba menanamnya dengan sistem hidroponik wick dari botol bekas.

Silahkan baca: Trik menanam hidroponik sederhana serta murah dengan botol bekas


3. Pemberian Air Nutrisi Hidroponik


Kapan air nutrisi mulai diberikan?
Saat pindah tanam mulai dari 1 HST (hari sesudah tanam), air nutrisi dapat mulai diberikan, pemberian air nutrisi idealnya merupakan secara bertahap dari mulai PPM dengan nilai mini sampai besar disesuaikan dengan jenis tanamannya.

Buat tumbuhan hidroponik pakcoy, air nutrisi yang wajib diberikan berada pada kisaran 600 - 1400 ppm. pada mulai dari minggu pertama sampai minggu menjelang panen secara bertahap.




Tahapan pemberian nutrisi buat tumbuhan pakcoy merupakan seperti berikut:
  • minggu pertama 600ppm

  • minggu kedua 800 ppm

  • minggu ke 3 1.000 ppm

  • minggu ke empat 1200-1400 ppm sampai panen.


Tumbuhan pakcoy dapat dipanen lebih kurang dari usia 35 sampai 40 yang dihitung dari sesudah semai benih.


4. Tips Memelihara tumbuhan pakcoy supaya tumbuh baik


apabila sistem hidroponik yang dipergunakan sistem wick/sistem kratky dimana kondisi air nutrisi tidak aktif tergenang tanpa aerator atau pompa udara, pada wadah tanam sebaiknya diberi lubang pentilasi supaya suhu udara pada dalam wadah tidak panas, selain itu air seling diobok-obok setidaknya 2 kalium dalam sehari pagi serta sore.

Gunanya merupakan supaya air nutrisi relatif oksigen yang dibutuhkan oleh tumbuhan, apabila air nutrisi kurang oksigen serta suhu udara naik, kemungkinan tumbuhan hidroponik yang kita tanam bakal tumbuh kurang maksimal, apalagi dapat berpotensi terkena busuk akar.


Posting Komentar untuk "Trik menanam hidroponik pakcoy sederhana dari semai sampai panen (gampang, murah serta dapat dilakukan pada tempat tinggal)"