Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik menanam hidroponik kangkung pada tempat tinggal buat pemula (memakai sistem wick barang bekas)




Budidaya sayuran hidrponik yang paling banyak dipilih merupakan menanam kangkung, jenis sayuran ini selain gampang dibudidayakan  pula banyak sekali peminatnya, sampai dikenal sebagai seperti sayuran sejuta umat. tidak ayal sayuran ini seringenboom dijadikan sayuran budidaya hidroponik buat skala urusan ekonomi.

Terdapat banyak sistem hidrponik yang dapat kita pilih pada ketika ingin menanam kangkung secara hidrponik,  tetapi apabila anda masih pemula, lebih baik menentukan sistem wick atau sistem kratky. akibat kedua sistem hidroponik tadi dapat memakai barang-barang bekas yang banyak tersedia pada sekitar tempat tinggal, misalnya botol bekas air mineral, dirigen bekas oli, wadah-wadah bekas yang dapat menampung air serta lain sebagainya

Dengan sistem wick menanam kangkung secara hidrponik tidak bakal mengeluarkan biaya terlalu besar, selain itu melalui sistem wick anda bakal banyak belajar dengan cara apa trik menanam, menganalisa permasalahan serta menemukan solusi setiap permasalahan yang berhubungan dengan tumbuh kembang tumbuhan hidrponik anda, sebagai akibatnya seiring waktu dengan tersedianya modal yang relatif anda dapat beralih menentukan sistem hidrponik yang lebih simpel serta menguntungkan.

Pada wetsartikel kalium ini aku ingin menyajikan materi dengan cara apa trik menanam kangkung hidrponik buat pemula, semoga wetsartikel ini bermanfaat buat anda yang tertarik dengan hidroponik tetapi masih gelisah trik menanam hidroponik terutama hidrponik kangkung.


Trik menanam hidroponik kangkung pada tempat tinggal buat pemula 


Budidaya hidrponik kangkung itu sangat gampang, akibat kangkung gampang tumbuh, pemeliharannya yang tidak terlalu rumit dan masa panen yang sangat singkat 18-23 hari, apabila pertumbuhan kangkung baik 18-23 hari telah dapat dipanen, apalagi apabila panen pertama dengan trik dipetik, maka dapat panen berkali-kali setiap 15 hari berikutnya.

Tetapi sebelum anda memulai buat menanam kangkung secara hidrponik terdapat sebagian contoh yang wajib dipersiapkan terlebih dahulu antara lain seperti berikut:


1. Sistem Hidrponik yang anda ingin pakai


Pertama yang wajib anda pikirkan sebelum menanam kangkung secara hidrponik merupakan mempertimbangkan sistem hidrponik yang ingin dipergunakan.

Ketika ini terdapat banyak sekali sistem hidroponik, antara lain sistem dft, nft, rakit apung, kratky, wick serta lain sebagainya. tetapi buat pemula yang masih belajar serta tidak ingin keluar modal besar, aku menyarankan buat menentukan sistem wick atau kratky, akibat kedua sistem tadi sangat gampang serta terjangkau dan dapat memanfaatkan barang-barang/wadah bekas pada tempat tinggal.

a. Sistem Wick (sistem sumbu)  lebih gampang serta murah
Berikut merupakan skema sistem wick hidrponik yang dapat anda pakai buat menanam hidrponik kangkung pada tempat tinggal.




Alat-alat instalasi sistem wick

a. Wadah (apapun yang penting dapat menampung air), dapat memakai botol bekas, pipa bekas, nampan, baskom dll
b. papan penutup, dapat dari styrofoam, plastik gelap, kayu serta lain sebagainya, papan dobolongi sesuai dengan besarnya middellijn netpot atau pot tanam.
c. Netpot, pot tanam dapat dirancang dari gelas plastik air mineral aqua gelas, plastik bekas wadah eskrim serta lain sebagainya, netpot wajib dilubangi supaya akar dapat keluar. Dalam sistem wick netpot tidak menyentuh air, Cuma kain planellah yang menyentuh air buat menyerap nutrisi ke akar.
d. Kain planel buat sumbu, kain yang dipergunakan buat menyerap air nutrisi hingga ke akar tumbuhan, dapat memakai kain planel, atau kain apapun yang dapat menyerap air tetapi tidak gampang rusak jika terendam.
e. Air nutrisi, air standar yang dicampur dengan pupuk nutrisi hidroponik salah satunya pupuk jenis ABMIX. pastikan air tidak menyentuh pot tanam.

f. Metan/media tanam, media buat menopang tumbuhan, dapat memakai rockwool, pasir, sekam bakar, hidrogel, cocopeat dll akan tetapi selain tanah.



Sistem wick memakai Botol Bekas.
Sistem wick pula dapat memakai botol bekas misalnya gambar pada bawah ini, silahkan pakai botol-botol bekas air mineral serta botol lainnya.




b. Sistem kratky pula dapat anda pilih
Sama misalnya sistem wick tetapi tidak menggunakan sumbu, pada awal masa tanam dasar pot tergenang, selanjutnya sesudah akar tumbuh dasar netpot diangkat atau air nutrisi dikurangi sebagian senti, supaya tidak menyentuh netpot sebagai akibatnya sebagaian akar terendam serta bagian atasnya tidak buat kebutuhan oksigen.

Berikut skema sistem kratky.



Silahkan anda berimpropisasi yang penting instalasinya misalnya gambar-gambar pada atas. pakai barang-barang bekas yang tersedia pada tempat tinggal anda tetapi pastikan tidak menggunakan barang bekas yang mengandung metal buat wadah air nutrisi.


2. Media tanam yang ingin dipergunakan


Yang kedua yang wajib anda persiapkan merupakan media tanam (METAN), terdapat banyak sekali media tanam yang dapat dipergunakan,  dapat memakai rockwool, sekam bakar, tisu basah, hidrogel,cocopeat dll.  pilih saja media tanam yang terjangkau dengan modal serta banyak tersedia pada letak anda.


3. Pupuk nitrisi.


Walaupun memakai air, tetapi air yang dipergunakan merupakan adonan antara air standar (air tawar biasa) dengan nutrisi hidroponik.

Terdapat banyak sekali jenis nutrisi hidrponik, satu dari yang paling banyak dipergunakan merupakan nutrisi ABMIX yang dapat anda beli pada toko-toko hidrponik baik offline juga online.

Sobat wajib mengkaji trik melarutkan nutrisi dalam air, akibat terdapat aturannya serta tidak bisa sembarangan.

Buat lebih memahaminya silahkan pelajari: Aturan pemberian nutrisi hidrponik

zat terlarut dalam air standar pada Larutan nutrisi diukur dengan satuan EC(Electrical Conductivity) atau PPM (parts vanaf million), supaya lebih gampang pakai instrumen ukur TDS m yang dapat dibeli ditoko hidrponik kurang dari 100rbuan.


4. Letak Tanam


Satu lagi yang wajib diperhatikan saat ingin memanam dengan sistem hidrponik merupakan letak tumbuhan diletakan, gak perlu lahan luas, lahan sempit misalnya pekarangan tempat tinggal, teras loteng belakang tempat tinggal pula dapat, tetapi pastikan menentukan letak tanam yang full terkena sinar matahari.setidaknya 6 jam area mendapatkan sinar matahari.

Sinar matahari adalah satu dari unsur penting dalam mempengaruhi tumbuh kembang tumbuhan hidrponik yang kita tanam, sinar matahari dipergunakan oleh tumbuhan buat berfotosintesis, apabila suplai matahari mencukupi maka tumbuhan dapat berfotosintesis dengan baik.

Sobat dapat menempatkan tumbuhan dibawah terik sinar matahari, apabila menanam hidrponik yang anda lakukan skalanya relatif besar, pertimbangkan buat memberikan atap dari plastik UV  atau menyediakan Green Hause, supaya larutan nutrisi tidak tercemar air hujan buat meminimalisir datangnya hama tumbuhan.


Langkah Trik Menanam Hidrponik Kangkung


 Masa semai dihitung dari mulai hari pertama semai dikenal sebagai HSS (Hari sesudah semai)


a. Semai benih kangkung


Buat menanam kangkung sebelum dipindahkan ke media tanam hidrponik, umumnya wajib dimulai dari penyemaian benih terlebih dahulu memakai baki atau wadah buat menyemai.

Buat menyemai benih anda dapat merendam benih kangkung pada air hangat kuku setidaknya 1 jam, selanjutnya pilih benih yang terendam tepat, buang yang mengapung.

Benih yang telah terendam kemudian pada masukan kedalam media tanam, rockwool yang dibasahi dengan air tawar biasa atau sekam bakar yang dibasahi air tawar biasa.

Contoh semai kangkung memakai rockwool
rokcwool dicacah-cacah 4-5 centimeter, dibasahi dengna air biasa, selanjutnya benih kangkung dimasukan pada setiap kotak 5 hingga 9 biji., 





Hari pertama simpan ditempat gelap, kemudian sesudah biji pecah langsung jemur secara rutin sampai sebuah benih tumbuh daun. pindahkan ke media tanam hidrponik sesudah bertangkai 3 atau 4, umumnya 7 hingga 10 hss.

Contoh semai kangkung memakai sekam bakar
 Rutin semprot sekam supaya selalu lembab, hari pertama simpan ditempat gelap sampai tumbuh tunas, sesudah tunas keluar langsung pada jemur secara rutin.




Pindahkan ke media tanam sesudah setiap benih bertangkai 3-4.


B. Pindahkan benih ke media tanam


Contoh media tanam sistem wick dari botol bekas


 


apabila benih kangkung telah bertangkai 3 atau 4, itu artinya telah saatnya dipindahkan ke media tanam hidrponik.

Siapkan media tanam hidrponik sesuai dengan yang sudah dijelaskan pada atas, selanjutnya pindahkan benih pada pot tanam yang telah disediakan.






Maksimal nilai PPM buat larutan air nutrisi hidrponik tumbuhan kangkung merupakan 1400. berikan nutrisi dari mulai nilai PPM mini sampai maksimal saat menjelang panen.

Minggu pertama dapat dikasi 400ppm sampai 600ppm, minggu seterusnya 700-900 ppm, minggu ke 3 1000-1400ppm. tingkatkan secara bertahap sampai panen.

Panen kangkung hidrponik dapat langsung dengan akarnya atau dapat dipetik, apabila ingin cepat tumbuh anda dapat memanennya dengan trik dipetik, selanjutnya sesudah 15 hari berikutnya anda dapat panen lagi.


Posting Komentar untuk "Trik menanam hidroponik kangkung pada tempat tinggal buat pemula (memakai sistem wick barang bekas)"