Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Mencegah Kanker Prostat yang Penting buat Laki-laki Ketahui



Kanker prostat sebagai satu dari masalah kesehatan yang mengancam laki-laki. Dilansir dari World Cancer Reasearch Journal, penyakit ini menempati urutan ke-6 seperti penyebab kematian laki-laki terbanyak. Oleh karenanya, terdapat baiknya apabila Sobat melakukan pencegahan kanker prostat semenjak dini supaya penyakit ini tidak mengancam nyawa Sobat. Lantas, apa saja trik yang dapat dilakukan buat mencegah kanker prostat?


Banyak sekali trik mencegah kanker prostat


Sel kanker dapat tumbuh pada prostat secara perlahan tanpa disadari, apalagi menyebar dengan sangat cepat. Kondisi ini dapat menimbulkan banyak sekali komplikasi kanker prostat atau apalagi dapat mengancam nyawa Sobat jika terus dibiarkan.


Oleh karenanya, upaya pencegahan kanker prostat perlu dilakukan buat mengurangi risiko terbentuknya sel kanker tadi. Tentang hal trik pencegahan kanker prostat yang sederhana, yaitu mengganti kebiasaan atau pola hidup sebagai lebih sehat yang dapat Sobat terapkan dalam keseharian Sobat.


Berikut sebagian trik serta kebiasaan sehat yang mampu membantu Sobat mencegah kanker prostat:


1. Kurangi konsumsi lemak hewani serta produk susu


kebanyakan makan daging


Sebagian penelitian memperlihatkan bahwa mengonsumsi kuliner tinggi lemak, misalnya daging merah (sapi, celeng, domba) serta produk susu (susu, keju), adalah satu dari faktor risiko kanker prostat. Selain itu, laki-laki yang mengonsumsi banyak kalsium, baik dari asupan kuliner juga suplemen, pun lebih berisiko terkena kanker prostat proaktif.


Oleh karenanya, sebaiknya Sobat menghindari makanan-makanan tadi buat menurunkan risiko kanker prostat. Pada sisi lain, pilihlah kuliner pencegah kanker prostat yang mengandung rendah lemak atau yang mengandung lemak sehat, misalnya asam lemak omega-3.


Tentang hal kandungan asam lemak omega-3 mampu Sobat temukan pada sebagian kuliner, misalnya ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, serta alpukat. Selain itu, Sobat pun sebaiknya menghindari suplemen kalsium serta mengurangi kuliner berkalsium tinggi, misalnya susu, seperti satu dari trik buat mencegah kanker prostat.


2. Perbanyak makan sayuran serta buah


Selain lemak sehat, Sobat pun perlu mengonsumsi lebih banyak sayuran serta buah-buahan. Kedua jenis kuliner ini mengandung nutrisi, vitamin, serta serat tinggi yang mampu menaikkan kesehatan tubuh, yang secara tidak langsung mampu sebagai pencegah kanker prostat.


Tentang hal satu dari jenis sayuran yang baik buat mencegah kanker, yaitu dari famili cruciferous. Dikutip dari National Cancer Institute, sayuran ini kaya bakal nutrisi, misalnya karotenoid, vitamin C, E, serta K, folat, dan mineral.


Selain itu, sayuran ini pula mengandung sekelompok zat yang dinamakan glucosinolates, yang dapat memberikan efek antikanker. Jenis sayuran cruciferous yang perlu Sobat konsumsi seperti trik mencegah kanker prostat yaitu pokcoy, brokoli, kol, kembang kol, lobak, serta selada air.


Selain dari famili cruciferous, Sobat pun perlu memperkaya nutrisi dari sayuran serta buah lainnya. Salah satunya yang baik dikonsumsi, yaitu tomat. Tomat mengandung satu dari zat antioksidan, yaitu likopen, yang mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker prostat.


3. Minum teh hijau serta susu kedelai


Sebagian penelitian menyebut, protein dalam kedelai yang dikenal sebagai isoflavon sudah terbukti mampu menurunkan risiko terjadinya kanker prostat, dengan menurunkan kadar PSA (protein specific antigen) pada dalam tubuh. Sobat dapat mendapat manfaat tadi dengan mengonsumsi susu kedelai atau kuliner mengandung kedelai lainnya, misalnya memahami atau tempe.


Selain kedelai, teh hijau pun dikenal sebagai mampu menurunkan risiko kanker prostat, terutama bagi laki-laki yang mempunyai risiko tinggi terhadap penyakit ini.


4. Hindari merokok


Selain dapat mengakibatkan kanker paru-paru, merokok pula mampu menaikkan risiko seseorang terkena kanker prostat proaktif, yaitu jenis kanker yang penyebarannya lebih cepat. Oleh karenanya, sayangi diri Sobat serta famili dengan trik berhenti merokok kini pula buat membantu mencegah kanker prostat semenjak ini.


5. Olahraga secara teratur


Menjaga tubuh tetap aktif dengan berolahraga secara teratur membantu Sobat buat tetap sehat serta bugar, termasuk terhindar dari kanker prostat. Olahraga pula membantu Sobat buat mempertahankan berat badan ideal. Tidak perlu lama-lama, olahraga 15-30 mnt setiap hari atau 3 jam dalam seminggu telah relatif buat mendapatkan manfaatnya.


6. Jaga berat badan tetap ideal


menurunkan berat badan


Sebagian penelitian menyebut, obesitas mampu menaikkan risiko kanker prostat proaktif. Oleh karenanya, menjaga berat badan tubuh ideal adalah satu dari trik buat mencegah kanker prostat semenjak dini pada diri Sobat. Tentang hal trik ini mampu dilakukan dengan mengonsumsi kuliner rendah kalori serta berolahraga secara rutin.


7. Tidak mengonsumsi suplemen vitamin E tambahan


Sebagian penelitian menyebut, terlalu seringenboom mengonsumsi vitamin E mampu menaikkan risiko kanker prostat proaktif. Oleh karenanya, selama asupan Sobat sudah mengandung 15 mg vitamin E, Sobat tidak membutuhkan suplemen vitamin E tambahan. Relatif penuhi kebutuhan vitamin E harian dari kuliner yang Sobat makan sehari-hari, misalnya almond, bayam, brokoli, serta alpukat.


Contoh ini pun berlaku bagi suplemen lainnya. Lebih baik Sobat memenuhi nutrisi harian dari asupan kuliner, dibandingkan dari suplemen, buat menjaga kesehatan tubuh serta mencegah kanker prostat pada diri Sobat.


Obat-obatan yang mampu membantu mencegah kanker prostat


Selain menerapkan kebiasaan sehat pada atas, obat-obatan tertentu mampu menurunkan risiko kanker prostat, terutama bagi yang mempunyai risiko tinggi terhadap penyakit ini. Tentang hal obat yang dapat mencegah kanker prostat, yaitu 5-alpha reductase inhibitors, misalnya finasteride (Proscar) serta dutasteride (Avodart).


Obat ini bekerja dengan menghalangi enzim 5-alpha reductase yang mengganti hormon testosteron sebagai dihidrotestosteron (DHT), yang mampu mengakibatkan sel kanker bertumbuh. Konsultasikan dengan dokter apakah Sobat berisiko tinggi serta perlu mengonsumsi obat ini seperti langkah pencegahan kanker prostat.


Hello Health Group serta Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, penaksiran, juga pengobatan. Silakan cek halaman kebijakan editorial kita buat berita lebih detail.

Posting Komentar untuk "Trik Mencegah Kanker Prostat yang Penting buat Laki-laki Ketahui"