Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Budidaya Ikan Cupang 2020!


Langkah awal 🐟 budidaya ikan cupang, yakni membentuk kolam, menentukan bibit jempolan, memasukkan bibit, serta… ✅ Mari cari memahami langkah berikutnya pada postingan ini.


Ikan cupang adalah ikan yang banyak ditemui pada perairan air tawar Indonesia. Cupang umumnya hidup pada sungai-sungai. Ikan yang satu ini dikenal dengan nama latin Betta sp.

Faktanya, pada dunia ini terdapat puluhan jenis cupang yang telah mampu diidentifikasi. Dikarenakan kecantikannya, terdapat banyak orang yang suka membudidayakan cupang. Apalagi trik budidaya cupang terbilang gampang.


Trik Budidaya Ikan Cupang

Siapapun dapat membudidayakan ikan jenis ini. Cupang dapat dibudidayakan dalam skala mini juga skala besar. Tentu saja contoh ini dilakukan akibat cupang pula mempunyai keunggulan dari segi ekonomi.

Dengan cara apa trik budidaya ikan cupang?

Berikut adalah caranya:

1. Persiapkan Wadah Buat Ikan

Buat mulai melakukan budidaya ikan cupang, persiapkan akuarium.

Akuarium ini wajib mempunyai berukuran minimal 30 centimeter x 30 centimeter.

Berukuran akuarium bisa lebih besar tetapi sebaiknya jangan lebih mini dari ini. apabila wadah terlalu sempit maka ikan ini dapat stres akibat ruang geraknya terlalu sempit.


2. Persiapkan Tanaman Air

Pada tempat asal aslinya, ikan ini hidup pada antara tumbuhan-tumbuhan air.

Oleh karena itu, sebaiknya persiapkan pula tumbuhan-tumbuhan air yang biasa sebagai tempat cupang hidup.

2  jenis tanaman yang dapat dipergunakan merupakan tanaman kapu-kapu serta pula eceng gondok. Keduanya dapat pada temukan dengan gampang pada perairan Indonesia/


3. Pilih Bibit Ikan Yang Unggul

Sesudah itu, pilihlah bibit ikan yang unggul. Bibit cupang yang unggul mempunyai ciri-ciri istimewa.

Ciri-cirinya antara lain mempunyai tubuh yang tampak kilat, kondisi sirip tidak cacat serta aktif bergerak.

Bagi pemula, bibit cupang ini dapat pada dapatkan dengan gampang pada pasaran. Harga dari bibit cupang sendiri umumnya masih sangat terjangkau.


4. Tambahkan Bibit Ikan Ke Dalam Akuarium

Langkah berikutnya, tambahkan bibit ikan ke dalam akuarium. Ingat pula, tambahkan air serta tanaman terlebih dahulu.

Sesudah semuanya dimasukkan, abaikan bibit ikan cupang menyesuaikan diri. Lihat respon ikan tadi ketika dipindahkan.

apabila bibit ikan kelihatan tidak nyaman, coba ganti air yang dipergunakan. Pastikan air yang dipergunakan bebas dari polutan.


5. Beri Makan Ikan Cupang

Supaya ikan dapat bertambah besar, maka berilah cupang ini makan kuliner yang relatif.

Terdapat banyak jenis kuliner yang dapat diberikan pada cupang.

Sebagian jenis kuliner ini misalnya cacing sutera serta jentik nyamuk. Bagi yang tidak ingin repot, pakan ikan ini pula kenyataannya telah banyak pada jual pada pasaran.


6. Lakukan Perawatan Ikan Cupang

Tahap yang wajib dilakukan dengan sabar kenyataannya merupakan proses perawatan ikan ini.

Cupang wajib hidup pada air yang baik kualitasnya.

Oleh karena itu, rawat cupang dengan memastikan kondisi air pada dalam akuarium selalu bersih.

Caranya relatif gampang, pakai instrumen penyaring air. Selain itu, buat membentuk cupang aktif, pakai instrumen pembuat gelembung air pada dalam akuarium.


7. Panen Ikan Cupang Ketika Ukurannya Telah Memenuhi Kondisi

Sesudah proses perawatan pada lakukan dalam jangka waktu yang lama maka ikan cupang dapat dipanen. Kondisi cupang yang dapat dipanen merupakan berukuran tubuhnya telah relatif memadai.

Contoh ini dapat dilihat dari warna ikan cupang yang tampak kilat seluruh.

Trik memanen ikan cupang pula gampang, angkat ikan ini bareng airnya. Sesudah itu pindahkan ke wadah lain buat dijual atau didesain indukkan buat pembibitan.

Itulah trik yang dapat dilakukan buat budidaya ikan cupang dari bibit sampai besar.

Selain trik budidaya ikan cupang dari bibit, sebaiknya ketahui pula dengan cara apa trik pembibitan ikan cupang ini.

Dengan mengetahui trik yang benar, maka mendapatkan bibit ikan cupang yang berkualitas bukan lagi contoh yang sulit.


Trik Pembibitan Ikan Cupang

Melakukan pembibitan cupang kenyataannya tidak sulit. Terdapat sebagian langkah yang wajib dilakukan supaya dapat memproduksi bibit cupang yang berkualitas. Pada bawah ini bakal dijelaskan cara-caranya:

1. Siapkan Media Pembibitan

Contoh pertama yang wajib dilakukan merupakan menyiapkan media pembibitan. Media pembibitan ini dapat berupa wadah bening apa saja yang mampu menampung air dalam jumlah relatif.

Wadah yang dibutuhkan sebanyak 2 buah. apabila memungkinkan pastikan berukuran kedua media pembibitan ini sam. Persiapkan pula tanaman air yang bakal dipergunakan buat penempatan telur ikan.


2. Pilih Induk Cupang

Selanjutnya, pilihlah induk cupang yang bakal dipergunakan.

Dalam contoh ini, terdapat 2 induk yang wajib terdapat yaitu indukan betina serta indukan jantan.

Kedua indukkan ini dapat pada tangkap langsung dari sungai atau dibeli pada toko ikan hias.


3. Lakukan Penjodohan Ikan Cupang

Trik menjodohkan cupang kenyataannya tidak sulit. Letakkan kedua ikan pada wadah yang terpisah. Sesudah itu, letakkan kedua wadah saling berdempetan.

Contoh inilah yang dikenal sebagai dengan perjodohan ikan dimana ikan dapat melihat satu sama lain tetapi dalam wadah yang berbeda.

Amati dengan baik perkembangan cupang jantan.

apabila cupang jantan mengeluarkan banyak gelembung busa artinya cupang siap disatukan.


4. Tambahkan Cupang Betina Ke Dalam Wadah Cupang Jantan

Tahap selanjutnya tambahkan cupang betina ke dalam wadah cupang jantan. Contoh ini bakal membentuk cupang bakal mengeluarkan telur.

Telur-telur ikan bakal menempel pada tumbuhan-tumbuhan air yang terdapat pada dalam wadah. Jangan sentuh telur-telur tadi.

Abaikan telur berada pada posisinya. apabila telur pada sentuh maka kemungkinan telur dapat rusak.


5. Perhatikan Perkembangan Telur

Contoh yang perlu dilakukan selanjutnya merupakan memperhatikan perkembangan telur. Nantinya telur ikan ini bakal menetas sendiri.

apabila telah menetas maka bakal kelihatan terdapat banyak burayak atau bibit ikan kecil-kecil.

Berukuran burayak ini sangat mini misalnya jentik nyamuk. Burayak ini bakal mempunyai cadangan kuliner sendiri pada bagian bawah perutnya.


6. Keluarkan Induk Betina

apabila kondisi burayak telah banyak, maka keluarkan induk betina.

Dalam contoh ini, relatif cupang jantan saja yang menjaga burayak.

Indukan betina dapat dipindah ke wadah asalnya. Indukan jantan sanggup menjaga burayak dengan baik.


7. Jaga Burayak Dengan Baik

Tahap akhir yang wajib dilakukan merupakan dengan menjaga burayak dengan baik.

Selama 3 hari burayak tidak butuh diberi makan akibat mereka masih mempunyai cadangan kuliner. Tetapi sesudah lebih dari 3 hari berikan burayak kuliner.

Kuliner ini dapat berupa kuning telur panaskan. Sesudah itu, pastikan burayak dapat tumbuh dengan baik. Lakukan pemindahan wadah apabila burayak telah tumbuh sebagai cupang muda.

Trik pembibitan pada atas wajib dilakukan dengan telaten serta kesabaran.

Pastikan media yang dipergunakan bersih dari pencemaran bahan-bahan kimia. Dalam perawatan cupang, pastikan ikan ini mendapatkan nutrisi yang terpenuhi.


Nutrisi Buat Ikan Cupang

Ikan cupang membutuhkan nutrisi yang lengkap buat dapat tumbuh sebagai ikan anggun. Secara garis besar, nutrisi ini berupa protein yang mampu membentuk cupang tumbuh serta bergerak aktif.

Nutrisi yang baik bagi ikan ini dapat dihasilkan dari tempat asal aslinya. Nutrisi bagi cupang bersumber dari kutu air, cacing sutera, larva serta jentik nyamuk.

Seluruh asal nutrisi ini kenyataannya relatif sulit buat dihasilkan.

Buat mudahnya, pembudidaya cupang dapat memakai rebusan kuning telur buat pakan cupang.

Kandungan yang terdapat pada kuning telur relatif buat memberikan nutrisi yang baik bagi cupang. Tetapi ingat, apabila pemberian telur ini Cuma kuningnya saja.

Ikan cupang tidak terlalu suka dengan bagian putih telur.

Terdapat banyak sekali ragam variasi ikan cupang, serta nyaris seluruh variasi ini menyukai kuning telur.


Jenis Ikan Cupang Pada Indonesia

Memang terdapat puluhan jenis cupang pada dunia, tetapi terdapat 5 yang paling ternama pada Indonesia. Kelima jenis cupang ini ternama akibat keindahannya. Berikut adalah kelima jenis cupang yang terdapat pada Indonesia:

1. Halfmoon

Cupang yang satu ini bentuknya misalnya setengah bulan, so lumrah apabila dikenal sebagai dengan halfmoon. Jenis ikan ini umumnya bewarna kuning serta putih misalnya bulan. Buntut halfmoon tidak mempunyai bercah hitam. Secara keseluruhan ikan ini memang sangat anggun sekali.


2. Crown Tail

Daya tarik cupang yang satu ini  terletak pada bagian ekornya. Contoh inilah yang membentuk cupang ini diberi nama crown tail. Bentuk buntut ikan ini misalnya bulu-bulu yang unik. Variasi warna cupang crown tail pula terdapat banyak sekali. Jenis ikan ini terdapat yang berwarna gelap da nada pula yang berwarna terang.


3. Plakat

Sisik cupang plakat sangat anggun sekali dengan perpaduan warna yang cerah. Plakat termasuk jenis cupang yang sulit ditemukan. Oleh karena itu, lumrah apabila harga dari cupang plakat relatif tinggi pada pasaran. Ikan yang satu ini pula mempunyai berukuran yang relatif besar. Sirip ikan yang satu ini pula sangat indah sekali.


4. Double Tail (Cagak)

Ikan yang satu ini sangat anggun sekali dengan kondisi buntut yang terdapat 2. Sirip cupang double tail kelihatan melebar serta sangat indah. Ikan yang satu ini memang umumnya Cuma dijadikan seperti ikan hiasan bukan ikan aduan. Bentuk siripnya yang misalnya membulat membentuk double tail kelihatan sangat menggemaskan.


5. Giant

Jenis cupang yang satu ini adalah cupang yang paling besar dari seluruh jenis cupang. Maka tidak bertanya-tanya apabila ikan ini diberi nama giant atau super besar.

Jenis cupang giant umumnya dipergunakan bukan Cuma seperti ikan hias tetapi pula seperti ikan aduan. Ketahanan fisik dari ikan yang satu ini pula sangat baik sekali. Ikan ini umumnya Cuma terdiri dari satu warna cerah saja.


Harga Pasaran Ikan Cupang Ketika Ini

Kenyataannya cupang termasuk jenis ikan yang mempunyai nilai hemat sangat tinggi. Cupang merupakan ikan handal yang biaya perawatannya murah.

Walaupun harga perawatannya murah, tetapi harga jual cupang terbilang relatif mahal apalagi sampai diangka seratus ribu lebih rupiah.

Harga ikan cupang memang tidak sama, tergantung berukuran, jenis serta tempat jualnya.

Tetapi secara garis umum, ikan ini dapat dihasilkan mulai dari harga Rp.1000,- sampai Rp.100.000,-. Indikator pokok yang membedakan harga ini merupakan tingkat keindahan ikan cupang.

Semakin anggun ikan tadi, maka harganya pula semakin tidak main-main.

Maka tidak bertanya-tanya apabila terdapat banyak orang yang serius dalam membudidayakan cupang.

So, kenyataannya membudidayakan ikan cupang bukanlah sesuatu yang sulit. Bagi pecinta ikan hias, aktivitas ini malah sangat menyenangkan.

Cupang merupakan jenis ikan yang menjanjikan keuntungan bagi siapa saja yang membudidayakannya. Ikan yang satu ini telah mempunyai pasar pada tengah rakyat Indonesia.

Tingkat kegagalan memelihara ikan cupang ini pula agak mini. Pada tambah lagi biaya budidaya cupang sangat murah. Tidak terdapat salahnya mencoba membudidayakan ikan yang satu ini.

Semoga pengkajian mengenai budidaya ikan cupang bermanfaat ya! Mari, raup jutaan apalagi miliaran dari budidaya ikan cupang.

Posting Komentar untuk "Trik Budidaya Ikan Cupang 2020!"