Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Biang Keringat, Dengan cara apa Trik yang Digdaya?



Biang keringat (miliria) ditimbulkan oleh penyumbatan pada kelenjar keringat yang membentuk keringat tidak dapat keluar sebagai akibatnya menimbulkan iritasi berupa ruam merah pada kulit. Untungnya, terdapat banyak sekali trik buat mengatasi tanda-tanda yang timbul dampak biang keringat.


Trik mengatasi biang keringat


Jenis penyakit kulit ini tergolong ringan serta seringnya tidak menimbulkan masalah serius. Gejalanya pun mampu melenyapkan dengan sendirinya dalam sebagian hari. Meski demikian, tanda-tanda misalnya gatal-gatal tentunya mampu terasa mengusik.


Oleh karenanya, berikut merupakan banyak sekali trik serta pengobatan yang dapat Sobat lakukan buat mengatasi tanda-tanda biang keringat.


1. Memakai kompres dingin


cara mengatasi biang keringat


Satu dari trik gampang buat meringankan gatal-gatal merupakan mengompres dingin area yang bermasalah. Buat melakukannya, Sobat dapat memakai kain bersih yang sudah direndam air dingin atau es batu yang dibungkus.


Kompres bagian yang terkena biang keringat paling lama 20 mnt.


2. Mengoleskan calamine


Calamine kerap dipergunakan buat meredakan gatal-gatal serta iritasi pada kulit berkat kandungan zinc oxidenya. Obat ini tersedia dalam bentuk losion serta salep.


Sebelum menggunakannya, kocok botol losion calamine terlebih dahulu. Selanjutnya, keluarkan secukupnya pada kapas serta usap perlahan pada atas area kulit yang terkena biang keringat. Abaikan losion mengering.


3. Memakai obat steroid oles


efek samping salep obat kortikosteroid


Trik lain buat mengatasi biang keringat merupakan dengan mengoleskan obat steroid. Obat ini mempunyai komponen anti-peradangan yang bakal bantu meringankan gatal serta kemerahan.


Obat steroid yang dapat dipergunakan buat kondisi ini merupakan yang berkekuatan ringan misalnya hidrokortison. Hidrokortison biasa ditemukan dalam bentuk krim serta tersedia pada apotek. Sobat relatif mengoleskan obat tipis-tipis pada kulit yang gatal sebanyak 1 – 2 kalium sehari.


4. Minum obat antihistamin


Antihistamin dikenal seperti satu dari obat yang mampu meringankan tanda-tanda reaksi alergi. Tetapi, ternyata obat ini pula mampu meringankan tanda-tanda buat penyakit biang keringat. Antihistamin berperan buat mengurangi rasa gatal pada kulit.


Sebelum Sobat memutuskan buat menentukan obat tertentu, ingat konsultasikan kepada dokter guna memastikan penggunaan obat sungguh aman.


Ini Dampaknya apabila Sobat Minum Antihistamin Setiap Malam Sebelum Tidur



Dengan cara apa trik mengatasi biang keringat dengan bahan alamiah?


Selain mengompres serta memakai obat-obatan medis, terdapat sebagian bahan alamiah yang pula mempunyai potensi buat membantu mengatasi tanda-tanda biang keringat. Berikut sebagian seperti.


1. Oatmeal


Oatmeal merupakan satu dari bahan alamiah yang dikenal relatif efisien buat mengurangi gatal-gatal serta peradangan pada kulit. Oatmeal telah banyak dimanfaatkan seperti bahan perawatan kulit serta pengobatan buat sebagian jenis penyakit kulit.


Komponen yang terkandung dalam oatmeal koloid terbukti sudah memperlihatkan aktivitas anti-oksidan serta anti-peradangan yang tentunya baik buat mengatasi biang keringat.


Buat menggunakannya, Sobat dapat menyampurkan 1 atau 2 cangkir oatmeal ke dalam air hangat. Kemudian, pakai air rendaman tadi buat mandi. Pastikan airnya tidak terlalu panas supaya kulit tidak teriritasi.


2. Aloevera


manfaat lidah buaya


Aloevera atau aloe vera mampu memberikan sensasi sejuk, sebagai akibatnya mampu mengurangi intensitas gatal-gatal yang Sobat rasakan. Selain itu, aloe vera pula mengandung antiseptik yang baik buat mencegah infeksi pada kulit.


Sobat mampu mengatasi biang keringat memakai aloevera dengan trik mengoleskan gelnya pada bagian kulit yang bermasalah.


3. Cendana


Sebuah penelitian pada 2011 pernah memperlihatkan bahwa komponen anti-peradangan serta analgesik yang terkandung dalam kayu cendana (sandalwood) mampu mengurnagi sensasi terbakar serta nyeri yang kerap terjadi ketika Sobat mengalami biang keringat.


Trik menggunakannya, campur serbuk cendana dengan air mawar hingga mengental, kemudian balurkan pada area kulit yang bermasalah.


Bahan-bahan alamiah pada atas memang mampu membantu proses penyembuhan. Bakal namun, perlu diketahui bahwa tidak seluruh orang cocok memakai bahan alamiah, terutama bagi orang-orang yang mempunyai alergi.


Maka dari itu, pastikan bahwa Sobat tidak memiliki alergi pada bahan tertentu. Jika belum yakin, konsultasikan kepada dokter buat mendapatkan solusi yang tepat.


Yang wajib diingat ketika mengatasi biang keringat



Selain mengatasi biang keringat dengan cara-cara pada atas, contoh lain yang tentu pula wajib dilakukan merupakan menghindari pemicu penyakitnya dengan trik seperti berikut.


  • Pakai pakaian berbahan katun yang longgar buat mencegah kepanasan, terutama jika sedang melakukan aktivitas fisik yang berat.

  • Kurangi memakai pakaian berbahan kain yang mampu mengiritasi misalnya wol.

  • Mandi memakai air yang sejuk.

  • Hindari terlalu lama beraktivitas pada tempat yang panas.

  • Minum banyak air buat mengurangi kehilangan cairan tubuh yang mampu berpengaruh pada kulit.

  • Jangan pakai krim atau salep misalnya aluminium klorida yang mampu menyumbat saluran keringat.

Hello Health Group serta Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, penaksiran, juga pengobatan. Silakan cek halaman kebijakan editorial kita buat berita lebih detail.

Posting Komentar untuk "Mengatasi Biang Keringat, Dengan cara apa Trik yang Digdaya?"