Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Asparagus, Termasuk buat Pencernaan serta Diet



Pernah dengar sayur yang bernama asparagus sebelumnya? Ya, sayur yang satu ini mungkin tidak terlalu umum ditemui, melainkan saat dimasak so sup asparagus. Apalagi, umumnya lebih gampang ditemui pada pasar swalayan yang memberikan bermacam-macam jenis sayuran yang relatif asing. Nutrisi yang terkandung dalam asparagus pula tidak kalah baik dengan sayur-sayuran lainnya. Mari, kenali bermacam-macam manfaat asparagus.


Bermacam-macam manfaat asparagus yang sayang dilewatkan


Berikut bebeberapa manfaat asparagus yang mampu Sobat peroleh:


1. Baik buat pencernaan


Sistem pencernaan insan membutuhkan asupan serat yang relatif supaya kerjanya senantiasa optimal. Nah, Sobat dapat dengan gampang mendapat asupan serat Cuma dengan makan setengah cangkir asparagus seberat 1,8 gr. Kandungan serat tidak larut yang tinggi pada asparagus bermanfaat buat memperlancar gerakan usus sebagai akibatnya dapat dikonsumsi buat mengobati sembelit.


Sementara kandungan serat larutnya dapat sebagai kuliner buat kuman baik dalam usus, yakni Bifidobacteria serta Lactobacillus. Itu sebabnya, menambahkan asparagus ke dalam hidangan kuliner sehari-hari, adalah trik jempolan guna membantu memenuhi kebutuhan serat serta menjaga kesehatan sistem pencernaan Sobat.


2. Padat nutrisi


Asparagus dikemas dengan nutrisi yang luar biasa, akan tetapi kalorinya sangat rendah. Banyak sekali nutrisi yang terkandung dalam asparagus yakni protein, lemak, serat, vitamin C, vitamin A, vitamin E, folat, kalium, serta fosfor. Tidak Cuma itu, asparagus pula mempunyai sejumlah mini kandungan mikronutrien misalnya zat besi, zinc, serta riboflavin.


Asparagus digadang-gadang seperti sayur yang tinggi kandungan vitamin K, yang berperan aktif dalam pembekuan darah sekaligus menjaga kesehatan tulang. Apalagi, akibat kandungan folatnya yang tinggi maka asparagus seringenboom disarankan buat dikonsumsi oleh orang tua berbadan dua, guna membantu pembentukan sel-sel serta DNA calon bayi.


3. Mampu membantu penurunan berat badan


Sedang memilih kuliner apa yang baik buat menurunkan berat badan Sobat? Satu dari pilihan jempolan yang dapat dicoba yakni dengan makan asparagus. Pasalnya, asparagus mengandung kalori dalam jumlah yang rendah, yakni Cuma sekitar 20 kalori dalam setengah cangkir.


Pada samping itu, kandungan serat pada asparagus tidak Cuma bermanfaat buat menjaga sistem pencernaan, akan tetapi pula berefek terhadap penurunan berat badan.


Contoh ini didukung oleh pernyataan dari Keri Gans, seseorang konsultan gizi sekaligus penulis kitab The Small Change Diet, bahwa serat dapat membantu tubuh buat merasa kenyang sebagai akibatnya mencegah Sobat dari makan dalam jumlah banyak.


4. Sanggup menurunkan tekanan darah


Tekanan darah tinggi banyak dikaitkan seperti faktor risiko pokok penyakit jantung serta stroke. Sebuah penelitian dari American Journal of Physiology, Endocrinology, and Metabolism memperlihatkan bahwa memperbanyak makan kuliner asal kalium sambil mengurangi asupan garam adalah trik yang efisien buat menurunkan tekanan darah tinggi.


Pada sinilah manfaat asparagus lainnya berperan, akibat asparagus adalah asal kalium yang baik buat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, dengan trik mengoptimalkan kerja pembuluh darah dan mengeluarkan kelebihan garam melalui urin.


Pernyataan ini pula diperkuat oleh penelitian yang dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, yang melakukan penelitian pada 2 grup tikus. Grup tikus yang pertama diberi makan asparagus, sementara grup tikus lainnya tidak.


Hasilnya ditemukan bahwa sesudah 10 minggu selanjutnya, tikus yang mendapat asupan asparagus mempunyai tekanan darah 17 % lebih rendah dibandingkan tikus yang tidak mendapat asupan asparagus. Para peneliti berspekulasi ini terjadi akibat kandungan senyawa aktif dalam asparagus yang mampu memperbesar pembuluh darah sebagai akibatnya tekanan darah tinggi berangsur-angsur menurun.


Tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada insan buat membuktikan apakah senyawa aktif ini pula bakal mempunyai efek yang sama.


5. Bermanfaat buat orang tua berbadan dua serta bakal bayi


Manfaat asparagus lainnya yang tidak kalah penting merupakan buat menjaga kesehatan orang tua serta bayi selama masa kehamilan. Misalnya yang sudah disinggung sebelumnya, asparagus kaya bakal kandungan vitamin B9 atau asam folat yang bermanfaat bagi orang tua berbadan dua serta bayinya terutama pada trimester awal kehamilan.


Asupan folat yang memadai pada masa ini, bakal membantu mengoptimalkan pembentukan sel darah merah serta DNA. Selain itu, folat pula berperan penting buat melindungi buah hati Sobat dari cacat tabung saraf yang dapat dengan gampang menyebabkan banyak sekali komplikasi pada selanjutnya hari.


6. Asal antioksidan yang baik


Faktanya, asparagus mempunyai kandungan antioksidan dalam jumlah yang tinggi, misalnya vitamin E, vitamin C, glutathione, dan banyak sekali flavonoid serta polifenol. Antioksidan adalah senyawa yang mampu membantu melindungi sel-sel tubuh dari efek ancaman yang ditimbulkan oleh radikal bebas serta stres oksidatif.


Stres oksidatif sendiri sudah banyak dikaitkan dengan penuaan, peradangan sel yang akut, dan kanker. apabila Sobat ingin mendapatkan produksi antioksidan yang optimal, disarankan buat makan asparagus bareng dengan sayur serta buah lainnya demi mengoptimalkan jumlah antioksidan dalam tubuh.


Hello Health Group serta Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, penaksiran, juga pengobatan. Silakan cek halaman kebijakan editorial kita buat berita lebih detail.

Posting Komentar untuk "Manfaat Asparagus, Termasuk buat Pencernaan serta Diet"