Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Gampang Budidaya Jamur Lingzhi, Jamur Obat yang Banyak Dicari Orang - Wetsartikel Pertanian Teranyar




Pertanianku — Jamur lingzhi mungkin masih asing bagi separuh orang akibat jamur ini lebih seringenboom dikonsumsi seperti obat. Trik budidaya jamur lingzhi nyaris sama misalnya jamur kayu pada umumnya. Jamur ini dibudidayakan pada dalam baglog jamur yang telah disterilisasi terlebih dahulu. Buat Sobat yang tertarik buat budidaya jamur lingzhi, berikut adalah langkah-langkah yang wajib dilakukan.


budidaya jamur lingzhi
plaatje: Pixabay

Media tumbuh


Media tumbuh yang baik buat budidaya jamur lingzhi merupakan serbuk gergaji kayu yang ditambahkan dengan bekatul atau dedak, biji-bijian, serta air. Ketiga bahan tadi dapat memperkaya asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh jamur. Seluruh bahan media tumbuh tadi dicampur sampai homogen.


Pengomposan


Media tumbuh yang telah dicampur wajib dikomposkan terlebih dahulu selama 2—5 hari. Supaya hasilnya maksimal, media perlu dilakukan pembalikan setiap hari.


Pengemasan media tumbuh


Media yang telah dikomposkan dimasukkan ke plastik polipropilen yang tahan terhadap panas. Media diisi sebanyak ¾ dari volume kantong plastik serta dipadatkan secara manual dengan botol atau kayu sampai sungguh padat. Pada bagian atas berikan cincin paralon serta tutup dengan kapas.


Sterilisasi


Media tumbuh (baglog) yang telah so disterilisasi terlebih dahulu supaya tidak terdapat mikroorganisme yang merugikan serta dapat mengancam pertumbuhan jamur.


Inokulasi


Proses inokulasi wajib dilakukan dalam keadaan steril, media tanam idealnya sedang bersuhu 27—38°C. Inokulasi adalah proses memasukkan bibit sebanyak 1—3 sendok ke lubang baglog yang sudah diberikan cincin pipa.


Inkubasi


Selama masa inkubasi, baglog diletakkan pada tempat tinggal kumbung serta disusun secara teratur pada rak-rak. Kelembapan udara pada dalam tempat tinggal kumbung yang ideal merupakan 80—90 %. Masa inkubasi bakal berjalan selama 30—50 hari. Sesudah itu, Sobat bakal melihat miselium yang tumbuh memenuhi media tanam.


Pembentukan tubuh buah


Baglog yang telah ditumbuhi miselium telah siap dimasukkan ke ruang pemeliharaan. Bagian kapas serta cincin penutup baglog dilepas. Baglog tadi wajib diberikan penyiraman buat menjaga suhu dan tingkat kelembapan.


Panen


Jamur lingzhi telah dapat dipanen sesudah berumur 3—5 bulan sesudah terbentuk miselium yang memenuhi media. Tudung jamur yang telah berwarna merah adalah terindikasi bahwa jamur siap panen.


Budidaya jamur lingzhi terbilang relatif gampang, Sobat dapat membaca lebih detail dalam kitab Jamur-Info Lengkap dan Kiat Sukses Agribisnis. Selain jamur lingzhi, terdapat sebagian jenis jamur lainnya yang dibahas pada dalam kitab tadi. Buat mendapatkan kitab jamur ini seperti surat keterangan usaha, Sobat dapat langsung menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya.


 


Posting Komentar untuk "Langkah Gampang Budidaya Jamur Lingzhi, Jamur Obat yang Banyak Dicari Orang - Wetsartikel Pertanian Teranyar"