Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenyataannya Apa Perbedaan Oat, Muesli, serta Granola?



Bagi Sobat yang sedang tertarik dengan berbagai macam hidangan sereal dari biji-bijian, sebaiknya ketahui dahulu apa saja sih jenis-jenis yang dapat dikonsumsi. Selain oat, ternyata terdapat lagi yang bernama granola serta muesli. Telah memahami apa perbedaan oat, muesli, serta granola? Simak ulasannya pada bawah ini!


Mengetahui perbedaan oat, muesli serta granola


Buat memperoleh manfaat sereal yang sesuai dengan kebutuhan Sobat, maka Sobat perlu mengetahui perbedaan oat, muesli serta granola, berikut adalah.


1. Oat (biji gandum)



Dari kiri ke kanan: Stengel cut-oat, rolled oat, serta oat instan. (Asal: thekitchn.com)

Oat berasal dari biji gandum. Pengolahan oat pun berbeda-beda pada pabrik sebagai akibatnya oat mempunyai 3 jenis bentuk, yakni rolled oat, stengel cut-oat, serta oat instan. Pengolahan ini membentuk 3 jenis oat mempunyai tekstur serta waktu masak yang bervariasi.


Oat pula mempunyai rasa yang hambar. apabila ingin terdapat rasa manis atau gurih , umumnya orang menambahkan oat dengan madu atau susu serta lain-lain sesuai kesukaan. Oat tidak dapat langsung dimakan tanpa diolah, baik direbus atau dilarutkan dalam air panas sampai sebagai bubur gandum (oatmeal). Contoh ini yang mampu sebagai ciri perbedaan antara oat, muesli serta granola.


Stengel cut-oat


Stengel cut-oat atau yang seringenboom dikenal sebagai dengan gandum Irlandia bentuknya terihat misalnya beras. Jenis biji gandum ini diproses dengan dicacah-cacah seluruh bagian gandum sebagai akibatnya wujudnya misalnya beras. Biji gandum jenis ini membutuhkan waktu yang lama buat dimasak serta mempunyai tekstur elastis sesudah dimasak.


Rolled oat


Rolled oat diproses dengan trik dikukus sampai sedikit elastis kemudian digerus (rolled) supaya bentuknya so sedikit pipih dibandingkan stengel cut-oat, kemudian dipanggang. Rolled oat membutuhkan waktu lebih singkat buat dimasak dibandingkan stengel cut-oat. Oat jenis ini pula menyerap cairan lebih banyak ketika diolah akan tetapi bentuknya tidak gampang musnah.


Selain dipanaskan buat sarapan, rolled oat umumnya dipergunakan seperti adonan dalam pembuatan makanan ringan granola, kue-kue omkering, muffin, serta kuliner panggang lainnya.


Oat instan (oat cepat masak)


Oat instan nama lain oat cepat masak ini mungkin yang paling banyak ditemukan pada Indonesia.


Oat instan merupakan biji gandum yang paling banyak mengalami proses pengolahan pada pabrik. Biji gandum dimasak, dikeringkan, kemudian digulung serta pada tekan sampai bentuknya lebih tipis dari rolled-oat. Akibat teksturnya ini, oat cepat masak mempunyai tekstur yang paling halus ketimbang jenis oat lainnya.


Misalnya namanya, oat instan merupakan jenis oat yang paling gampang diolah pada tempat tinggal serta paling singkat waktu penyajiannya.


2. Muesli



Selain mengetahui perbedaan oat serta granola, maka muesli pula perlu Sobat ketahui. Muesli merupakan kuliner yang berasal dari Swiss semenjak akhir 1800. Sampai hari ini muesli adalah kuliner yang ternama pada Eropa serta pada Amerika Utara. Perbedaan oat biasa dengan muesli terletak pada campurannya.


Muesli terbuat dari rolled oat dicampur dengan biji-bijian, kacang-kacangan, serta buah omkering. Tetapi, terdapat sebagian modifikasi muesli yang dapat pula didesain bukan Cuma dengan rolled oat tetapi dengan quinoa atau millet. Buah omkering yang dipergunakan umumnya cranberry, kurma, aprikot, anggur, serta ceri.


Muesli mampu dinikmati dengan sebagian trik. Direndam semalaman dengan susu dingin atau cairan lain, misalnya sari buah apel atau jeruk, supaya so lunak teksturnya misalnya bubur. Muesli dapat pula dimasak pada atas kompor, yakni direbus dalam air yang mendidih.


Pada pabrik, muesli tidak diolah dengan trik dipanggang misalnya granola. Muesli pula dalam pengolahannya tidak diberikan pemanis sebagai akibatnya cita rasanya cenderung hambar.


3. Granola


makan granola


Granola berasal dari bahan yang sama dengan muesli, yakni rolled oat, biji-bijian, kacang-kacangan, serta pula buah omkering. Bedanya, bahan-bahan itu seluruh dipanggang sampai sebagai renyah. Selain renyah, granola mempunyai rasa manis. Karena, dalam proses pembuatannya biji gandum yang diolah tadi ditambahkan pemanis.


Granola pula diolah dengan minyak seperti perekat bahan-bahannya. Sebagai akibatnya tekstur granola sedikit menempel dibandingkan dengan muesli yang cenderung misalnya serbuk berbulir besar. 


Akibat telah dipanggang serta mempunyai rasa, granola dapat langsung dimakan tanpa perlu diproses dahulu pada tempat tinggal. Jenis sereal granola ini tidak misalnya muesli atau sereal lainnya yang makannya wajib dilarutkan memakai susu, akan tetapi dapat langsung dimakan. Seandainya dicampur susu ini bukan buat mengolahnya namun Cuma seperti trik makan yang disukai penikmatnya saja.


Sesudah memahami apa saja perbedaan oat, muesli, serta granola, Sobat dapat menyesuaikan sendiri mana yang paling cocok dengan kebutuhan serta kesukaan Sobat. Akibat ketiga sereal ini sama-sama didesain dari gandum, maka kandungan nutrisi masing-masing pun tidak jauh berbeda. Gandum kaya bakal serat, karbohidrat, kalium, serta magnesium. Karenanya, ketiga dapat sebagai variasi sajian sarapan yang sehat.


Hello Health Group serta Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, penaksiran, juga pengobatan. Silakan cek halaman kebijakan editorial kita buat berita lebih detail.

Posting Komentar untuk "Kenyataannya Apa Perbedaan Oat, Muesli, serta Granola?"