Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Betta smaragdina, Cupang Alam Bernilai Jual Tinggi - Wetsartikel Pertanian Teranyar




Popularitas ikan cupang pada tengah pandemi seakan tidak padam, apalagi malah semakin banyak rakyat yang mulai tertarik dengan ikan hias ini. Betta smaragdina adalah satu dari cupang alam yang banyak dicari akibat keindahannya.


Betta smaragdina
plaatje: Pixabay

Ikan cupang alam biasa dikenal sebagai seperti wild betta. Betta smaragdina seringenboom dikenal sebagai pula dengan emerald betta. Negara berasal cupang alam ini merupakan Kamboja, Laos, serta Thailand, berbentuk pipih dengan warna hijau kehitaman. Kepala cupang alam ini berukuran pendek berwarna kehitaman. Sirip insangnya berwarna hitam transparan.


Sisik bagian atas tubuh Betta smaragdina berwarna biru serta terkadang kelihatan menyala. Sisik biru tadi menutupi seluruh tubuh ikan, termasuk pada bagian insang ikan. Sementara itu, bagian siripnya mempunyai semburat berwarna merah. Panjang tubuh ikan sekitar 50—70 mm


Pada tempat asal aslinya, cupang ini hidup pada perairan yang tenang misalnya rawa-rawa, pesawahan, parit, serta genangan air yang banyak ditumbuhi air, mengandung substrat berlumpur, serta seringenboom dijatuhi daun meninggal atau berpasir.


Kuliner cupang Betta smaragdina merupakan serangga mini, larva serangga, serta cacing. Itu sebabnya ikan ini lebih suka pada perairan yang subur serta tenang akibat pada perairan tadi tersedia banyak asal pakan yang dibutuhkan oleh ikan.


Betta smaragdina dapat hidup pada perairan dengan kadar keasaman (pH) mendekati netral sekitar 6—8, kesadahan sekitar 5—19, serta suhu air sekitar 24°C sampai 27°C.


Meskipun kelihatan indah, cupang ini seringenboom dipergunakan seperti cupang aduan dengan jenis Betta splendens. Pasalnya, cupang ini ternama dengan pertahanannya yang bertenaga. Saat merasa terancam oleh lawannya, cupang bakal membuka bagian operculum. Operculum adalah membran yang timbul misalnya janggut saat ikan sedang mengembangkan insangnya.


Ikan ini termasuk ikan yang membangun sarangnya dengan busa. Induk ikan bakal menempelkan telur-telurnya pada busa yang telah dirancang oleh jantan. Pejantan bakal menjaga telur-telur tadi sampai menetas.


Betta smaragdina seringenboom kelihatan pada bagian atas air akibat wajib mengambil udara dari bagian atas air.


Posting Komentar untuk "Betta smaragdina, Cupang Alam Bernilai Jual Tinggi - Wetsartikel Pertanian Teranyar"