Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Enak serta Berguna, Jantung Pisang Wajib Engkau Coba!



manfaat-jantung-pisang

Tidak seluruh orang memahami, ternyata jantung pisang mampu diolah sebagai kuliner. Jantung pisang merupakan bunga dari tumbuhan pisang yang tidak dapat memproduksi buah. Jantung pisang emang enggak seterkenal buah atau daunnya, akan tetapi ternyata bunga pisang ini mempunyai khasiat yang istimewa. Kandungan gizi dalam jantung pisang relatif tinggi.

Manfaat Jantung  Pisang

Jantung pisang segar mempunyai kandungan tenaga, karbohidrat, protein, lemak, fosfor,  kalsium, vitamin A, vitamin B1, serta vitamin C. Kandungan gizi pada dalam bunga pisang ini mempunyai banyak manfaat. Jantung pisang sangat baik buat menurunkan kadar kolestrol akibat sanggup mengikat lemak jahat serta kolestrol. Jantung pisang pula baik buat penderita diabet akibat indek glikemik yang terkandung pada dalamnya rendah. Contoh ini menyebabkan  kemunculan gula darah (glukosa)melambat sebagai akibatnya insulin yang dibutuhkan buat mengganti glukosa sebagai tenaga semakin sedikit.

 Olahan berbahan jantung pisang pula cocok buat diet akibat memilki kandungan serat yang tinggi namun rendah kandungan lemak. Estrak metanol dalam jantung pisang mempunyai peranan seperti antioksidan yang baik buat mencegah  radikal bebas.

Trik Mengolah Jantung Pisang

Jantung pisang mampu dinikmati secara mentah, panaskan, atau diolah sebagai banyak sekali kuliner. Tetapi, perlu diingat. Tidak seluruh jantung pisang mampu dikonsumsi. Jantung pisang yang biasa dikonsumsi berasal dari jenis pisang kluthuk/ batu, kapok, serta siam. Tetapi, jantung pisang yang berasal dari pisang kluthuk adalah jantung pisang yang paling lezat buat dikonsumsi, apalagi dikonsumsi mentah seperti lalapan.

Seperti bahan kuliner, jantung pisang mampu dikreasi dalam banyak sekali bentuk hidangan kuliner.

1. Tumis Jantung Pisang

Cuma dengan bumbu dasar misalnya bawang merah, bawang putih, cabai, serta sedikit minyak, jantung pisang telah terasa yummy. Sebelum ditumis, kupas, potong, serta panaskan dulu jantung pisang sampai empuk. 

2. Lodeh Jantung Pisang

Membentuk lodeh jantung pisang sama misalnya membentuk masakan lodeh lainnya. Selain bumbu, santan merupakan pelengkap yang tidak bisa ditinggalkan. Lodeh jantung pisang bakal semakin mantap jika ditambah tempe semangit. Cita rasanya bakal semakin menggigit. Satu porsi makan pasti tidak bakal relatif.

3. Gulai Jantung Pisang

Tekstur jantung pisang yang misalnya daging membentuk kuliner ini cocok diolah dengan bumbu gulai. Santan, kunir, serta bumbu lainnya membentuk olahan jantung pisang tidak kalah dengan gulai kambing serta gulai sapi. 

4. Pecak Jantung Pisang

Bahan kuliner yang stau ini ternyata pula dapat dimasak ala masakan Betawi, yakni dirancang pecak. Panaskan jantung pisang sampai empuk, belah 2, kemudian siram dengan kuah santan kental yang dibumbui dengan cabai serta kemiri. Cita rasanya dijamin nendang. 

5. Pepes Jantung Pisang

Ciri spesial pepes merupakan mengolah bahan kuliner dengan membakar atau mengukus bahan standar serta bumbu yang telah dimasukan ke dalam kemasan, umumnya daun pisang. Sebelum dibakar atau dikukus, jantung pisang wajib direbus dulu sampai empuk. Pepes jantung pisang mempunyai cita rasa tersendiri. 

Penutup

Wow! Ternyata jantung pisang mempunyai manfaat yang istimewa. Selain itu, bunga dari pisang ini mampu diolah sebagai makanan-makanan yang yummy. Aku baru mengetahui masakan yang terbuat dari jantung pisang tuh yang terbaru, sesudah menikah dengan Pak Tadjie serta  nyesel mengapa enggak dari dulu aku memahami.😆

 


Posting Komentar untuk "Enak serta Berguna, Jantung Pisang Wajib Engkau Coba!"