Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Mengatasi Kipas Menyala Ketika PC Sleep






Ketika mode sleep dijalankan, normalnya seluruh komponen PC bakal meninggal. Tetapi akibat satu serta lain contoh, terdapat saja satu komponen yang tetap berjalan misalnya kipas yang menyala ketika PC sleep.





Tidak Cuma fan prosesor, kipas pada kartu grafis (VGA Card) pula dapat tetap berputar ketika mode sleep dijalankan. Padahal peranan dari sleep merupakan buat mematikan daya sementara supaya kita dapat lebih cepat meneruskan pekerjaan kita serta gak perlu melakukan booting dari awal.






Akan tetapi tenang, apabila contoh ini terjadi, terdapat trik gampang buat mengatasinya.





Kipas VGA Masih Berputar Ketika Mode Sleep? Ini Penyelesaiannya!





1. Ganti Standby Mode Melalui BIOS





Kebetulan aku mengalami sendiri contoh ini. So saat masuk mode sleep, kipas VGA masih menyala meski telah masuk mode sleep. Meski telah ditunggu relatif lama, kipas VGA masih saja berputar misalnya umumnya. Serta ternyata trik paling digdaya buat mengatasi contoh ini merupakan dengan mengganti standy mode melalui BIOS.





Terdapat sebagian mode standby yang dimiliki sebuah PC serta dikendalikan melalui ACPI (Advanced Configuration and Power Insterface). 2 mode yang paling umum merupakan,





  • S1 (POS) Standby – POS merupakan singkatan dari Power on Standby. Pada mode ini CPU serta RAM masih dialiri daya sementara komponen lain yang tidak dibutuhkan dimatikan. Mode ini umumnya dipergunakan pada low-end motherboard atau PC lama.
  • S3 (STR) Standby – STR merupakan singkatan dari Save to RAM. Pada mode ini CPU tidak dialiri daya serta satu-satunya komponen yang dijalankan umumnya Cuma RAM. RAM ini dipergunakan buat menyimpan gegevens sementara sebagai akibatnya kita dapat melanjutkan pekerjaan kita dengan cepat.

Buat mengganti mode standby, kita wajib masuk ke dalam BIOS terlebih dahulu. Caranya?





  • Matikan PC kemudian nyalakan kembali
  • Tekan tombol DEL buat masuk ke dalam BIOS
  • Cari hidangan Suspend Mode atau ACPI Suspend Type. Setiap motherboard mempunyai BIOS yang berbeda-beda, so mungkin hidangan ini terdapat dengan nama yang berbeda.
  • apabila Suspend Mode masih mengunakan S1 (POS), ganti ke S3 (STR).
  • Tekan tombol F10 buat menyimpan perubahan serta restart PC.




Sesudah selesai, kipas VGA saat ini bakal berhenti berputar ketika PC masuk ke dalam mode sleep. Cuma saja pada sebagian perkara bakal terdapat PC yang bermasalah ketika bakal menyalakan PC dari sleep. apabila sebelumnya kita Cuma perlu menekan keyboard atau menggoyangkan mouse, sleep saat ini wajib dilakukan dengan menekan tombol Power.





2. Disable Hybrid Sleep





Hybrid sleep merupakan fitur yang mengkombinasikan sleep serta hibernate. Sayangnya fitur ini seringkali membentuk pc tidak dapat sleep.





Buat menonaktifkan fitur hybrid sleep, tekan shortcut Win+S kemudian cari hidangan Power & Sleep Options. apabila telah, klik tautan Additional Power Settings.






apabila telah, engkau dapat melihat power project yang sedang dipergunakan. Klik Change Project Settings.









Sesudah itu klik tautan Change Advanced Power Settings.









Terakhir, pilih opsi Off pada hidangan SleepAllow Hybrid Sleep, kemudian simpan perubahan.









3. Cek Driver serta Update Windows





Jika sebelumnya sleep dapat berjalan tanpa masalah, mungkin engkau perlu mengecek driver kartu grafis serta update Windows yang terakhir kalium dilakukan.





Buat mengembalikan driver VGA misalnya semula, kita dapat membuka aplikasi Device ManagerDisplay Adapters kemudian klik kanan serta pilih hidangan Properties pada kartu grafis yang dipergunakan.





Pada hidangan tabulator driver, pilih opsi Rollback Driver buat memasang driver yang sebelumnya.







Demikian tutorial singkat kalium ini, mudah-mudahan dapat membantuk engkau apabila kipas vga masih menyala ketika sleep berjalan.





apabila contoh ini terjadi padachtige PC baru, mengganti suspend type melalui BIOS sebagai trik paling digdaya. Tetapi jika masalah ini terjadi sesudah mengudate driver, engkau dapat mengembalikan driver misalnya semula.




Posting Komentar untuk "Trik Mengatasi Kipas Menyala Ketika PC Sleep"