Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mudahnya Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal Simpel serta Lengkap



Menentukan kolam terpal buat kolam lele merupakan pilihan yang sangat baik. Biayanya murah, membuatnya simpel, dapat cepat balik modal serta cepat mendapatkan laba.


Ini dapat sebagai solusi buat anda yang menginginkan budidaya ikan lele dengan modal sedikit, apalagi lahan sempit.






Jenis Kolam Terpal


Sebelum masuk lebih jauh, aku ingin meceritakan terdapat 2 jenis kolam terpal yang biasa digunakan.


  1. Kolam terpal kotak. Ini merupakan kolam terpal biasa yang seringenboom digunakan, umumnya tidak memerlukan peredaran listrik.
    Kelebihannya : membuatnya mudah, biayanya murah serta biaya operasional murah akibat gak perlu peredaran listrik
    Kekurangan : Membutuhkan area yang lebih luas ketimbang kolam bundar
    bisnisusaha.info

  2.  Kolam bundar atau Bioflok. Kolam ini berbentuk bundar.
    Kelebihan : Lebih irit tempat serta kolam dapat didesain tinggi. Daya tebar ikan lele lebih banyak akibat terdapat bantuan aerator buat masalah oksigen. Lebih irit pakan
    Kekurangan : Biayanya instalasi (pemasangan pertama) lebih mahal ketimbang kolam kotak. Terdapat kebutuhan listrik buat menambah kadar oksigen.
    kolam lele bulat bioflok

 


Baca pula : Panduan Lengkap Budidaya Ikan Lele


Pada wetsartikel ini kita bakal membentuk kolam terpal berbetuk kotak.


Trik Membentuk Kolam Terpal Kotak Buat Lele


Pada kesempatan kalium ini, Sobat  bakal belajar mengenai trik pembuatan kolam terpal pada atas bagian atas tanah. So, Gak perlu melakukan penggalian. Dasar kolam langsung pada atas tanah dengan kerangka berukuran 2 x 4 m.


1. Menyiapkan Bahan


Buat mampu membentuk kolam ini, Sobat membutuhkan bahan bahan berikut :


  • Terpal buat kolam lele berukuran 2×4 m (telah so) atau terpal biasa yang ukurannya 4 x 6 m.
    Terpal kolam lele tokopedia
    Terpal buat ikan lele dapat dibeli pada toko peternakan atau pada toko online misalnya gambar pada atas, banyak yang menyediakan. Kelebihan membeli terpal so merupakan terpal telah berbentuk kotak serta telah terdapat lobang airnya. Sobat tinggal pakai.

  • Bambu yang digunakan lebih kurang berjumlah 10 biji. Panjang rata-rata sekitar 7 m.

  • Paku kayu secukupnya

  • Pipa buat saringan, umumnya berukuran 1,5 inchi atau 2 inchi

2. Membentuk kerangka


Mulailah dengan membentuk kerangka kolam. Sobat wajib memotong bambu yang masing-masing berukuran 2 serta 4 m. Potonglah bambu sebanyak yang Sobat perlukan, menyesuaikan kerapatan antar bilah. Susunlah misalnya halnya menyusun pagar. Hasilnya misalnya gambar ini :


sidatmasapi.blogspot.com


Kekuatan kontruksi kerangka tergantung dari tingkat kerapatan pagar. Semakin rapat, semakin baik. Selanjutnya, rautlah bambu sehalus mungkin supaya tidak mengakibatkan kebocoran pada terpal.





Utamakan pagar bambu yang paling rapat diletakan pada posisi bawah, sedangkan pagar bambu yang telah halus pada bagian atas. Buatlah pagar sebagai 2 buah berukuran, yaitu 1 x 4 m serta 1 x 2 m.


Nah, andaikan telah selesai, buatlah patok atau pasak dari bambu yang dipotong sebagai 2 bagian (jangan dibelah, abaikan utuh). Selanjutnya pasanglah pagar bambu dengan trik mengikatkan atau memakunya pada patok. Perbanyaklah patok pada kolam supaya kerangkanya makin bertenaga.


3. Membentuk Saluran Pipa


apabila anda membeli terpal yang siap pakai, langkah ini gak perlu. Namun jika anda membeli terpal biasa, maka langkah ini perlu.


Saluran ini berperan seperti sarana penggantian air, pembersihan kolam serta pemanenan ikan.


Video 2 mnt ini sangat baik buat membantu anda membentuk saluran pipa drainase.  Sobat pula dapat mengikuti tutorial goresan pena aku.
[embed]https://www.youtube.com/watch?v=pKnE9-CS1pM[/embed]
Caranya, Buatlah lubang pipa yang relatif besar supaya pengurangan air pada kolam mampu keluar dengan cepat. Selain itu, dengan adanya pipa saluran pembuangan, Sobat mampu mengatur tingkat ketinggian air kolam.


  • Buat membentuk saluran pipa pembuangan, sediakan bahan-bahan berupa klemhaak selang, pipa paralon berukuran 2 inch, pipa sambungan siku, verbod dalam bekas yang kondisinya masih baik, gunting, obeng minus, tali serta lem.

  • Pertama, Sobat wajib menandai bagian mana yang bakal Sobat jadikan saluran pipa pembuangan. Kemudian masukan satu dari ujung pipa sambungan siku ke dalam terpal yang Sobat tandai. Ujung yang satunya wajib berada pada bawah terpal serta menghadap ke pipa saluran pembuangan.

  • Selanjutnya, satukan terpal serta pipa sambungan siku memakai verbod bekas yang sudah digunting menyerupi silinder yang panjangnya lebih kurang 2 centimeter. Selanjutnya, pasanglah klemhaak supaya ikatan tadi semakin bertenaga. Putar bagian screw-nya supaya klemhaak makin kencang.

 


dailyfirmansyah.blogspot.com
gambar : dailyfirmansyah.blogspot.com
  • apabila terpal serta pipa sambungan siku telah menyatu, bukalah terpal yang ditandai hingga berlubang. Agar potongannya rapi serta tidak berantakan, sebaiknya pakai pisau silet. Andaikan perlu rekatkan pipa, verbod karet serta klemhaak dengan lem supaya semakin bertenaga.

  • Klemhaak selang kenyataannya mampu dipasang pada bagian dalam sebagai akibatnya tampak lebih rapi. Akan tetapi, kelemahannya, Sobat tidak dapat melakukan pengaturan pada klemhaak akibat berada pada bawah terpal.

  • Letak pipa pembuangan yang bakal disambungkan ke pipa sambungan siku letaknya didesain lebih rendah dari tanah pada sekelilingnya. Tujuannya agar air mampu mengalir dengan lancar.
    apabila pipa sambungan siku telah tersambung erat dengan terpal serta lubang terpal telah tepat, kini sambungkan dengan pipa pembuangan.

Sobat mampu membentuk pipa saluran pembuangan pada dalam serta pada luar kolam. Tetapi, dengan catatan, pipa dalam kolam difungsikan seperti saringan air serta ikan.


4. Kolam Terpal anda telah so


duniaikan.com





Umumnya, selama 2 hingga 3 bulan lebih, kolam terpal pada atas bagian atas tanah ini tidak mengalami kebocoran, baik pada terpal juga pipa saluran pembuangan. Rembesan pada area ikatan klemhaak serta verbod bekas pun tidak terjadi.


Kondisi semacam itu mampu dipertahankan selama belum terjadi hujan kencang. Pengisian air yang nyaris 3/4 bagian kolam sama sekali tidak merusak kerangka.


5. Pemupukan Kolam


pupuk kandang ikan lele


Pemupukan sangkar ini buat mengundang plankton seperti asal kuliner cuma-cuma. Bagi yang belum pernah budidaya ikan lele pasti ini dipercaya aneh.


Caranya misalnya berikut :


  • isi air dengan ketinggian 20-30 centimeter

  • Tambahkan pupuk sangkar ke karung kemudian ikat dengan tali

  • Tambahkan karung berisi pupuk tadi  ke kolam, Ikat tali dengan bagian pinggir kolam supaya mudah mengambilnya

  • Tunggu 1 minggu supaya air berubah sebagai hijau

  • dibutuhkan 1,5 – 3 kg buat 1m3 air kolam

Nah sembari menunggu 1 minggu, siapkan bibit ikan lele.


Trik Budidaya Ikan lele pada Kolam Terpal Kotak Persegi


Sobat telah punya kolam terpal. Kini yuk kita membudidayakan ikan lele. Kita mulai dari menentukan Jenis ikan lele


1. Menentukan Jenis Ikan Lele


Menentukan jenis ikan lele sangat penting. Aku beri ilustrasi : berukuran lele dumbo yang dipelihara selama 2 bulan sama dengan lele domestik umur 1 tahun.


Menentukan jenis yang tepat dapat mengirit pakan, waktu, serta tenaga.


Setidaknya terdapat 3 jenis lele yang umum dibudidayakan, silahkan pilih yang gampang anda mampu, yaitu :


  • Sangkuriang

  • Mutiara

  • Dumbo

Meski demikian pada sebagian letak terdapat lele istimewa yang sangat cocok. Contohnya pada wilayah dingin misalnya pandeglang banten, yang sangat cocok merupakan lele pyton. Pada Lombok NTB, lele yang baik merupakan jenis mandalika.


Aku sangat menyarankan anda buat pergi ke sebagian pengusaha ternak lele serta melihat lele apa yang baik pada wilayah anda.


Aku pun telah menulis wetsartikel  12 Jenis Ikan Lele Konsumsi yang paling dicari, silahkan anda membaca seperti panduan jenis ikan lele budidaya.


2. Menentukan Bibit yang Baik


Sesudah memilih jenis ikan lele, selanjutnya anda wajib membeli bibit.


Terdapat sebagian ciri bibit lele yang baik serta dapat diperhatikan dengan kasat mata, yaitu :


  1. Bibit Berasal Dari Budidaya Benih Ikan Lele

  2. Gerakannya Lincah

  3. Fisik Wajib Tepat

  4. Berukuran Bibit Wajib Seragam

  5. Bibit Dalam Kondisi Sehat

Berukuran bibit wajib seragam. apabila terdapat yang terlalu besar maka bakal sebagai predator bagi ikan mini lainnya. Jika terdapat yang terlalu mini maka beliau bakal sebagai santapan sahabat temannya,


Saat menemukan bibit lele yang pencilan aneh (terlalu besar atau terlalu mini) sebaiknya langsung dipisahkan


Selengkapnya mengenai benih ikan lele silahkan baca :  7 Ciri Bibit Lele Unggul


3. Menebar benih lele


Kuncinya merupakan jangan tambahkan benih secara langsung ke kolam, nanti dapat stres serta banyak yang meninggal. Lakukan misalnya gambar ini.


menebar benih ikan


Tambahkan benih yang masih didalam kantong plastik ke dalam air kolam supaya bibit menyesuaikan diri dengan air kolam baru. Sesudah sebagian mnt buka plastik serta abaikan bibit lele keluar sendiri.


4. Memberi pakan


Memelihara ikan lele tidak semudah kata stimulans, anda wajib sabar serta teliti. Terutama masalah pakan


Telat memberi paka lele dapat mengundang sifat kanibal pada ikan ini.


Pakan lele wajib diberikan saat habis, dapat 4 -5 kalium sehari. Paling baik diberikan malam akibat binatang lele suka beraktivitas malam hari (nokturnal).


Pakan pokok ikan lele merupakan pelet. Ini kuliner paling baik. Kini telah terdapat banyak sekali cara lain pengganti pelet supaya anda dapat menghemat sebagai akibatnya keuntungan berlipat.


Pengkajian pakan ini wajib detil. Oleh karenanya aku menuliskannya istimewa pada wetsartikel berikut : 12 Jenis Pakan Ikan lele Pokok serta Cara lain + Aturan pemberian Pakan


5. Panen


Lele yang ibudidayakan pada Kolam terpal kotak umumnya dapat dipanen umur 75 – 90 hari. Pakai bahan penangkap serta wadah ikan lele yang licin supaya tubuh lele tidak rusak.


Kuras air kolam ketika bakal panen supaya anda gampang memanennya. Lele siap panen umumnya memiliki berat 1 kg / 7 – 8 buntut.


Masalah yang seringenboom terjadi pada kolam terpal Ikan Lele


1. Terdapat sedikit lengkungan cembung akibat tekanan air,


Contoh tadi mampu diatasi.
Caranya, dengan meletakan tali dawai (memasang) diantara 2 bambu yang berada pada kiri tengah serta kanan tengah terpal. Lakukan pengontrolan secara intensif buat menghindari terjadinya kebocoran.


2. Kolam Rusak akibat bambu yang dipergunakan lapuk atau dimakan rayap.


Penyelesaiannya, Sobat dapat mengecat bambu dengan memakai pernis atau diselimuti plastik.


3. kesalahan ketika pengambilan titik ikatan pada dinding terpal.


apabila dawai yang mengikat menembus dinding terpal, maka berpotensi merobek terpal lebih lebar lagi. Oleh karenanya, berhati-hatilah saat memasang ikatan.


4. Dengan cara apa Volume air yang baik?


Volume air wajib seimbang dengan kerangka penyangga. Jangan hingga kerangka jebol akibat air pada dalam kolam terlalu banyak atau penuh. Buat dapat mengukur seberapa banyak volume air yang masuk, dasar kolam wajib homogen.


5.  Dengan cara apa perawatan terpal sesudah panen?


Andaikan tidak diisi air sebaiknya disimpan atau ditutup supaya tidak terkena matahari langsung, hati hati jangan hingga sobek.


Selanjutnya silahkan membaca :
Panduan Lengkap Budidaya Ikan Lele Ciri Bibit Lele Unggul Kolam Terpal Buat Ikan Lele


Pakan Ikan lele Urusan ekonomi Ikan Lele



Selamat menjalankan usaha budidaya lele. Berdasarkan anda, dengan cara apa budidaya ikan lele ini. Silahkan tulis pada komentar.



Posting Komentar untuk "Mudahnya Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal Simpel serta Lengkap"