Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#4 Penyebab mengapa daun tumbuhan hidroponik menguning !




Tumbuhan hidroponik saat ini sebagai satu dari pilihan, selain gampang dalam pemeliharaan, tumbuhan hidrponik tidak tergantung pada lahan tanah pertanian, kita dapat menanam hidrponik pada pekarangan, tempat tinggal pada balakang tempat tinggal yang penting terkena sinar matahari.

Menanan secara hidrponik memang mudah-mudah mudah, apabila kita telah memahami trik serta pula triknya, maka kemungkinan besar kita bakal berhasil sampai panen melimpah, tetapi apabila belum memahami triknya tidak jarang malah menemui kegagalan.

Terdapat banyak permasalahan yang seringenboom dialami oleh para petani hidrponik saat mereka menanam tumbuhan secara hidrponik, yang paling seringenboom dialami terutama oleh para petani hidrponik pemula merupakan permasalahan pada daun tumbuhan, terutama tumbuhan sayur-sayuran yang ditanam secara hidrponik, misalnya pakcoy, kangkung, sawi-sawian serta lain sebagainya.

Permasalahan yang seringenboom dialami pada jenis tumbuhan sayur yang ditanam secara hidrponik merupakan daun menguning, daun menggulung atau daun keriting, dimana permasalahan tadi seringenboom mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan sampai tumbuhan kurang maksimal pertumbuhannya.


Penyebab daun tumbuhan hidrponik menguning.


Saat kita menanam dengan sistem hidroponik, terutama menanam tumbuhan sayuran daun, misalnya pakcoy, kangkung, sawi, bayam serta tumbuhan serupa lainnya, yang mungkin dapat dialami oleh petani hidroponik pemula merupakan daun kuning.

apabila daun tumbuhan hidroponik menguning itu artinya tumbuhan hidroponik anda sedang bermasalah, oleh karena itu kita wajib mencari memahami apa penyebabnya sebagai akibatnya kita memahami penyelesaiannya.

Berikut sebagian penyebab kanapa daun hidroponik menguning:


1. Kurang nutrisi & PPM air standar terlalu tinggi.


Kekurangan nutrisi serta penggunaan PPM air standar terlalu tinggi dapat mengakibatkan daun menguning, ciri daun kuning akibat kekurangan nutrisi umumnya urat daun berwarna hijau tetapi disekitar urat daun berwarna kuning misalnya kelihatan pada gambar pada bawah ini:


apabila tumbuhan daun hidroponik anda menguning kelihatan misalnya gambar pada atas, kemugkinan besar tumbuhan hidroponik anda kekurangan nutrisi atau air standar yang dipergunakan PPM nya terlalu tinggi.

Penyelesaiannya, masukkan PPM nutrisi secara bertahap serta lihat perkembangannya 3 hari ke depan,  pastikan anda memakai air standar dengan nilai PPM pada bawah 100 atau 20 lebih baik. Umumnya apa yang pernah aku alamiah pemberian ppm serta penggantian air standar dengan air standar ber PPM rendah bakal membentuk daun bakal terus menghijau seiring waktu.


2. Air kurang oksigen serta suhu terlalu tinggi


Yang kedua yang dapat mengakibatkan daun menguning, akibat tingginya suhu udara pada sekitar akar, serta pula akar kekurangan oksigen.

Ciri tumbuhan kuning, akibat air nutrisi kekurangan oksigen kelihatan misalnya gambar pada bawah ini:




Ini seringenboom dialami oleh petani hidroponik yang memakai sistem hidroponik dengan air tergenang misalnya sistem wick atau sistem rakit apung.

Penyelesaiannya apabila kondisi daun menguning misalnya gambar pada atas, sebaiknya masukkan kebutuhan oksigen buat air nutrisi misal memasang aerator/pompa udara, selanjutnya pastikan bagian atas media tanam berwarna terang yang mampu memantulkan cahaya, misalnya memakai alumunium foil serta warna serupa lainnya.

apabila dibiarkan air nutrisi kekurangan oksigen serta suhu disekitar akar tinggi, umumnya bakal busuk akar serta pada akhirnya tumbuhan bakal meninggal.


3. Akibat Busuk Akar


Penyebab menguningnya daun hidroponik salah satunya akibat busuk akar. busuk akar terjadi akibat akar terkena jamur ditimbulkan oleh kurangnya kadar oksigen dalam air nutirisi serta pula suhu atau temperatur air nutrisi tinggi.

apabila daun tumbuhan hidroponik anda kelihatan menguning, maka sebaiknya anda periksa kondisi akar tumbuhan tadi, kondisi akar tumbuhan yang terjangkit busuk akar kelihatan coklat serta berlendir, bakal kelihatan misalnya gambar pada bawah ini:




Busuk akar sulit buat diatasi, umumnya apabila akar telah terkena jamur serta membusuk tumbuhan bakal menguning, layu serta akhirnya meninggal, apabila terjadi busuk akar sebaiknya buang tumbuhan yang telah terkena busuk akar, sebelum menjalar ke tumbuhan lainnya, apabila telah parah lebih baik buang  seluruh tumbuhan, kuras kattebak penampung serta pula pipa dan tandon nutiri, kemudian mulai lagi dari awal.


 4. ph air nutrisi terlalu tinggi


Terus terang aku pribadi selama mengetahui trik bertanam hidroponik tidak pernah otak-atik PH, aku Cuma fokus pada nutrisi, suplai oksigen pada air nutiri serta sirkulasi air nutirisi, ya mungkin pada wilayah aku suhunya dingin so cocok buat berhidroponik.

PH normal umumnya 6.5 - 7, tetapi PH dapat naik serta turum, PH dapat naik akibat suhu temperatur air nutiri naik, atau terdapat penyebab lainnya yang aku pun kurang memahami penyebab pastinya.

Tetapi PH tinggi mampu mengakibatkan daun tumbuhan hidroponik pula ikut menguning, apabila daun menguning akibat ketinggian PH penyelesaiannya kadang para petani hidroponik memakai PH down serta bahan kimia lainnya.

Saat daun tumbuhan hidroponik anda menguning, maka langkah pertama yang wajib anda lakukan merupakan mencari memahami mengapa daun dapat menguning, sesudah dikethui penyebabnya segerlah buat mengatasinya, daun menguning masih dapat pada atasi selama belum tarjadi busuk akar, apabila telah terjadi pembusukan akar akibat akar terkena jamur, sebaiknya buang, bersihkan seluruh talang instalasi serta mulai lagi dari awal.

Semoga wetsartikel pada atas membantu anda terutama anda yang kebetulan sedang mengalami permasalahan pada daun tumbuhan hidroponik anda yang menguning.


Posting Komentar untuk "#4 Penyebab mengapa daun tumbuhan hidroponik menguning !"