Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persiapan New Normal: Covid Test Dulu, Kerja Selanjutnya



New normal

Bulan kemudian, aku ditawari buat mengisi Kelas Blog lagi. Singkat cerita, aku iyakan tawaran itu. Pertimbangan aku sederhana, terdapat suami yang membantu aku menjaga Ghazy selama kelas berlangsung. Sampai akhirnya timbul pengumuman mengenai new normal. Aktivitas ekonomi sedang disiapkan buat berjalan misalnya umumnya. Artinya, suami aku pun cepat atau lambat bakal bekerja dari tempat kerja pula.

Semenjak pengumuman dari pemerintah itu timbul, aku so semakin seringenboom bertanya ke suami mengenai kapan beliau mulai bekerja dari tempat kerja. Amanah, aku so maju mundur dengan kelas blog itu. Apa aku sanggup menghandle kelas serta Ghazy sendirian?

New normal
Siapa pun pasti sepakat bahwa nggak terdapat pilihan kondisi yang menyenangkan selama pandemik ini. Pilih pada tempat tinggal aja, lama-lama bosan pula. Mau keluar tempat tinggal buat kerja atau main, ngeri-ngeri sedap. Kondisinya memang serba dilematik sih.

Baca pula:

Dari segala kesulitan yang dihadapi selama pandemik, aku masih dapat bersyukur akibat pekerjaan suami aku masih dapat dikerjakan dari tempat tinggal. Sementara itu, banyak orang-orang yang wajib tetap bekerja keluar tempat tinggal. Aktivitas aku sendiri pula lebih banyak pada tempat tinggal. Aku bukan orang tua pekerja yang dituntut buat beranjak ke tempat kerja.

Aku nggak dapat membayangkan ibu-ibu yang wajib kembali bekerja sesudah timbul new normal ini. Apalagi andaikan anaknya masih belum dapat mengurus dirinya sendiri, misalnya Ghazy. Ini lebih ruwet lagi.

Kapan hari aku baca postingan dari satu dari dokter anak, aku lupa siapa tepatnya. Ini mengenai anjuran IDAI terkait pelaksanaan new normal bagi anak-anak. Telah pasti, anak-anak wajib dijauhkan dari keramaian. Andaikan dapat sih pada tempat tinggal aja. Menitipkan anak ke daycare atau membawanya ke tempat kerja telah pasti tidak disarankan.

Masalahnya, tidak seluruh orang tinggal dekat dengan orangtuanya. Tidak seluruh orang gampang menitipkan anaknya ke neneknya. Mau nggak mau, solusi lain wajib dipikirkan supaya ibunya dapat bekerja serta anaknya tidak terlantar.

New normal

Banyak contoh yang sebagai dilema memang. Akan tetapi, segalanya tetap wajib dihadapi dengan pemberani. Andaikan atasan telah bertitah buat kembali bekerja dari tempat kerja, ya mau gimana lagi? 

Meski begitu, bukan berarti dapat beranjak ke tempat kerja seselow sebelum pandemik. Terdapat sebagian contoh pula yang wajib kita lakukan sebelum kerja dari tempat kerja. Apa saja itu? Check this out!

1. Persiapkan instrumen pelindung diri

Ini telah so vereiste have voorwerp sih. Nggak hanya saat beranjak kerja, akan tetapi ke mana saja wajib bawa serta pakai. Apa saja itu? Pastinya ya masker. 

Meski pakai masker kain yang washable, tetap wajib diganti secara terjadwal ya. Jangan hingga virusnya ngendon pada situ serta kita nggak memahami. Bawa sebagian masker serta wadah plastik tertutup buat menyimpan masker yang belum digunakan serta telah digunakan.

Perlu nggak sih pakai face shield? Berdasarkan aku perlu sih. Ini buat melindungi seluruh wajah dari droplet. Selain face shield, penggunaan sarung tangan non medis pula dibutuhkan saat kita sedang terdapat pada dalam transportasi umum.

2. Pastikan buat gampang mencuci tangan pada mana saja

Hand sanitizer punya batas pemakaian. So, sebaiknya tetap cuci tangan pakai sabun. Nah, andaikan sedang dalam bepergian gimana dong?

Sediakan botol berisi air sabun serta air buat membilas yang gampang dibawa ke mana saja. So, andaikan butuh cuci tangan tinggal semprot air sabun, kemudian bilas dengan air bersih. Selesai.

3. Tetap lakukan restriksi sosial

Judulnya memang new normal. Akan tetapi andaikan dibilang kembali ke normal yang dulu, ya nggak pula. So, meski aktivitas kita mulai kembali misalnya sedia kala, tetap lakukan restriksi sosial.

Memang, cita rasanya rindu sekali dengan teman-teman sesudah lama tidak bertemu. Pinginnya sih menghabiskan waktu dengan mereka, menikmati makan siang bareng, atau aktivitas lain. Akan tetapi, kita tetap wajib ingat bahwa kita masih dalam situasi yang tidak sungguh aman. Seperti langkah pencegahan, ya wajib tetap lakukan restriksi sosial.

4. Pastikan anak-anak aman selama ditinggal bekerja

Ini PR besar yang perlu dipikirkan oleh setiap orangtua yang kembali bekerja. Andaikan salah satunya pada tempat tinggal saja, baik itu orang tua yang tidak bekerja juga orang tua yang kerja dari tempat tinggal, ini tidak so masalah. Masih dapat atur waktu serta pekerjaan pada tempat tinggal misalnya yang telah dilakukan selama ini.

Masalah bakal timbul jika kedua orangtua wajib kembali bekerja dari tempat kerja. Opsi menitipkan anak pada daycare yang dulu dapat dilakukan, tentunya tidak dapat kita pakai lagi. Sulit buat membatasi anak tidak berkerumun dengan teman-temannya.

Pilihan yang memungkinkan diambil ya menitipkan anak ke orangtua. Ini andaikan tempat tinggal orangtua memang dekat. Pilihan lain bagi yang merantau jauh dari orangtua ya memperkerjakan nanny

Cari badan terpercaya supaya anak-anak kita aman. Sebelum mereka tiba, minta buat melakukan covid test terlebih dahulu. Andaikan perlu bayar biaya testnya serta minta output test dikirim terlebih dahulu sebelum nanny tiba ke tempat tinggal.

5. Lakukan covid test terlebih dahulu

Sebagian perusahaan meminta para karyawannya buat melakukan covid test secara berdikari sebelum bekerja dari tempat kerja. Langkah ini dilakukan perusahaan buat memastikan tidak terdapat pegawainya yang terkena covid-19 ketika sedang bekerja. Tentu, ini so PR baru yang wajib diselesaikan pula.

Nah, andaikan kalian tinggal pada Jakarta, gak perlu gelisah buat menentukan tempat tinggal sakit mana yang dapat melakukan covid test. Kalian dapat langsung cek daftar tempat tinggal sakit yang melakukan covid test Jakarta melalui aplikasi halodoc.

Apa sih halodoc itu?

halodoc

Halodoc merupakan aplikasi kesehatan yang memberikan solusi lengkap bagi rakyat. Aplikasi ini berisi fitur lengkap yang memudahkan kita memperoleh akses layanan kesehatan dengan gampang. Melalui aplikasi ini pula, kita dapat berkonsultasi dengan dokter apalagi membeli obat dengan resep dokter. Selanjutnya, obat bakal diantar ke tempat tinggal kita.

Selama pandemik ini, aplikasi ini pula menyediakan fitur buat mencari tempat tinggal sakit mana yang dapat melakukan covid test. Baik itu rapid test juga PCR swab test. Kita pula dapat langsung membentuk appointment dengan tempat tinggal sakit pilihan buat melakukan test.

Banyak contoh yang sebagai dilema ketika pandemik seperti ini. Mau pada tempat tinggal saja atau menyambut new normal sebetulnya tidak terdapat pilihan yang sungguh menyenangkan. Mau nggak mau, semuanya ya tetap wajib dihadapi. Impian kita seluruh sama, semoga pandemik ini dapat segera berakhir.



Posting Komentar untuk "Persiapan New Normal: Covid Test Dulu, Kerja Selanjutnya"