Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Menanam Hidroponik Buat Pemula (Pakcoy, kangkung, Bayam, Sawi dll)




Pemula pada dunia hidroponik serta ingin terjun mencoba bertanam hidroponik, anda pasti bakal menemukan banyak sekali kebingungan, wajib memulainya dari mana serta apa yang wajib dipersiapkan.

Tentunya itu normal, aku yakin nyaris seluruh pemula bakal mengalami contoh yang sama, termasuk aku saat pertama kalium mengetahui hidroponik pada ketika ingin mencoba menanam hidroponik.

Buat bertani hidroponik memang terdapat hal-hal yang wajib dipelajari terlebih dahulu, walaupun tidak wajib melulu melalui kursus/training langsung dari orang berpengalaman, kita masih dapat mengandalkan membaca artikel-artikel hidroponik yang bertebaran pada internet atau melalui video-video youtube yang telah banyak sekali tersedia.

Contoh pertama yang wajib dipelajari ketinga ingin terjun sebagai petani hidroponik merupakan mengetahui seperti atau sistem bertanam hidroponik yang banyak dipergunakan ketika ini.

Alasan mengapa wajib mengetahui sistem bertanam hidroponik merupakan supaya kita mengetahui, dengan cara apa trik menaman dengan hidroponik, media dan alat-alat yang wajib disediakan, akibat setiap seperti memakai alat-alat serta bahan-bahan instalasi hidroponik yang berbeda-beda.

Ketika ini terdapat banyak sekali sistem hidroponik yang seringenboom dipergunakan pada seluruh dunia, sebagian antara lain merupakan:

1. Sistem Wick. (cocok sekali buat pemula)

2. Sistem NFT serta DFT

3. Sistem Rakit Apung

4. Sistem kratky, mirip sistem wick akan tetapi tidak menggunakan sumbu.

5. dll...

Sebelum melanjutkan membaca, apabila anda baru pemula, aku sarankan betapa baiknya sekilas anda baca-baca dulu serta pahami sistem-sistem hidroponik yang sudah aku sebutkan pada atas, setidaknya anda bakal mendapatkan ilustrasi dengan cara apa trik menanam serta mempersiapkan instalasi media tanam buat setiap sistem tadi.


Yang wajib dipelajari sebelum Menanam Hidroponik Buat Pemula


Buat menanam hidroponik nyaris seluruh jenis sayuran daun serta buah dapat kita tanam dengan sistem hidroponik, misalnya contohnya pakcoy, kangkung, bayam, sawi, tomat, cabai, terong ungu serta banyak sekali macam sayuran lainnya.

Tetapi buat pemula apabila ingin mencoba bertaman hidroponik, betapa baiknya menentukan sayuran daun terlebih dahulu, misalnya bayam, kangkung, pakcoy atau sawi, akibat umumnya jenis sayuran  darun tadi tidak terlalu sulit menanamnya, sesudah itu baru anda dapat mencoba jenis tumbuhan daun serta buah.


1. Pelajari sistem Instalasi hidroponik yang cocok buat pemula


Terlepas dari Jenis tumbuhan yang ingin anda tanam secara hidroponik, sebelum menanamnya dengan trik hidroponik, langkah pertama yang wajib anda pikirkan merupakan jenis instalasi media tanam sistem hidroponik yang bakal anda pakai.

Aku sarankan buat pemula anda memakai sistem wick/sistem sumbu, alasanya sih sederhana, dengan sistem wick anda dapat memakai barang-barang bekas pada tempat tinggal anda, sebagai akibatnya anda gak perlu modal besar buat memulainya, selain itu anda bakal banyak pengalaman saat mencobanya.

Dari sebagian sistem hidroponik yang tersedia, sistem wick merupakan sistem yang paling gampang pada aplikasikan, murah serta dapat memakai barang-barang bekas yang banyak tersedia pada tempat tinggal misalnya botol-botol bekas air mineral, bekas pipa vpc, bekas styrofoam buah dll.

Buat memahami sistem wick, berikut aku berikan gambar modul menanam dengan sistem wick dari botol bekas




Sistem wick kenyataannya sangat sederhana, pada contoh pada atas kita memakai botol bekas air mineral, tetapi pada kenyataannya kenyataannya anda pula dapat memakai barang apapun yang mempunyai sifat serupa. Yang terpenting merupakan anda wajib menyediakan wadah tempat air nutrisi digenangkan (apapun dapat anda pakai), selanjutnya menyiapkan pot tanamnya (dapat memakai bekas wadah eskrim, bekas aqua gelas dll),  memberikan sumbu pada pot tanam kemudian meletakan pot tanam pada atas air nutrisi, sumbu pada pot tanam wajib tercelup pada genangan air nutrisi supaya air nutrisi hingga pada akar tumbuhan yang kita tanam.


2. Pelajari trik menyemai benih.


apabila anda telah memilih jenis sayuran yang ingin anda tanam, selanjutnya anda wajib mengkaji trik menyemai benih, sesuai dengan sayuran yang ingin anda tanam.

Penyemaian umumnya memakai Rockwool yang dapat kita beli pada toko-toko alat-alat hidroponik, atau dapat pula memakai busa, tisu atau kapas, media tadi dipergunakan buat meletakan benih sampai benih tumbuh.

Penyemaian memang kelihatan gampang, akan tetapi pada praktiknya dapat saja anda bakal banyak mengalami kegagalan akibat belum memahami tekniknya. misalnya contohnya, kutilang (kurus tinggi ramping) akibat semaian kurang sinar matahari, benih sebagai busuk, serta lain sebagainya. oleh karenanya penyemaian merupakan contoh penting yang wajib anda pelajari dengan baik serta benar.


3. Pelajari trik melarutkan pupuk nutrisi hidroponik.


Sistem hidroponik tidak memakai tanah, namun memakai media air buat asal nutrisi tumbuh kembangnya tumbuhan, air tadi merupakan adonan air standar serta nutrisi yang dibutuhkan oleh tumbuhan.

Nutrisi tumbuhan hidroponik kenyataannya dapat saja kita untuk sendiri tetapi sedkit rumit perhitungannya, buat ketika ini anda dapat tunda dulu itu. supaya lebih mudah anda dapat beli nutrisi hidroponik dengan nama pupuk ABMIX yang dapat kita beli pada toko pertanian atau toko hidroponik pada online juga offline.



Pupuk ABMix umumnya berupa  serbuk yang terdiri dari 2 Macam A serta B, terdapat pula yang cair, pupuk serbuk tadi sebelum dipergunakan masing-masing  wajib dicampurkan dengan Sejumlah Liter air standar sesuai dengan intruksi pada bungkusnya, larutan tadi dikenal sebagai Larutan INDUK.

Ingat pada ketika membeli pupuk ABMIX anda wajib menyesuaikan dengan Jenis Tumbuhan yang ingin anda tanam, akibat ABMix ini bermacam-macam, terdapat buat daun, buah terdapat pula buat daun serta buah.

Buat membentuk larutan Nutrisi buat tumbuhan yang kita tanam, takarannya wajib menyesuaikan dengan Jumlah PPM yang dijelaskan pada kemasan ABMIx tadi.

Umumnya adonan air nutrisi itu merupakan 5ml pupuk  + 5ml pupuk B + 1 Liter Air memproduksi 1.000 PPM.

Takaran pada atas tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan PPM yang kita inginkan sesuai dengan tumbuh kembang tumbuhan.

Kebutuhan PPM umumnya disesuaikan dengan usia tumbuhan, kita wajib memberikan larutan nutrisi pada tumbuhan secara bertahap sesuai dengan jenis tumbuhan yang kita tanam.

Buat mengetahui kebutuhan PPM tiap minggunya, kita dapat cari pada internet table PPM buat tumbuhan yang anda tanam.


4. Pilih sayuran (pakcoy, kangkung, sawi atau bayam) buat ditanam bagi pemula.


Sesudah
anda memahami cara mengolah talang instalasi tumbuhan hidroponik anda, memahami trik menyemai benih serta pula memahami trik melarutkan nutrisi, maka selanjutnya tinggal menentukan
jenis tumbuhan yang ditanam, buat pemula sebaiknya menentukan tumbuhan daun
misalnya sayuran pakcoy, bayam, sawi atau kangkung, akibat sayuran daun
gampang sekali pemeliharannya.

Bibit sayuran tadi dapat
kita beli pada toko-toko pertanian, baik yang online juga offline,
banyak sekali tersedia dengan harga terjangkau. pilih bibit-bibit yang
telah dipack ulang (repack) supaya harganya tidak terlalu  mahal serta kita
dapat menentukan lebih dari satu paket sayuran dengan harga yang tidak
terlalu mahal.


Trik Menanam Hidroponik Buat Pemula.


Sebelum terjun ke dunia hidroponik serta ingin memulai, sebaiknya anda telah mengetahui instalasi sistem hidroponik yang ingin anda pilih, trik menyemai serta pula trik meracik larutan nutrisi.

apabila dasar-dasar ilmu hidroponik pada atas telah anda pahami dengan benar, selanjutnya anda dapat memulai buat menanam dengan sistem hidroponik.


1. Siapkan talang instalasi


Misalkan saja buat pemula kita siapkan talang instalasi sistem wick dari botol bekas serta semacamnya.


2. Semai benih.


Buat menyemai benih, buat pemula lebih baik memakai rockwool, teknik semai benih bermacam-macam, selain itu masa tumbuh benih pula bermacam-macam tergantung dari jenis tumbuhan yang ditanam.

Benih umumnya diletakan pada rockwool yang telah dibasahi sampai benih pecah, sesudah pecah benih wajib mendapatkan sinar matahari yang relatif supaya benih tidak kutilang.

Sesudah benih tumbuh 4 daun (2 daun badan serta 2 daun sejati), maka benih dapat kita pindahkan sekaligus dengan rockwoolnya ke dalam media tanam yang telah disiapkan bareng talang instalasinya.


3. Pemberian nutrisi


Pemberian nutrisi umumnya dapat dilakukan, pada ketika benih dipindahkan dari semaian ke media tanam pada talang instalasi yang telah disiapkan.

Pemberian nutrisi umumnya dilakukan secara bertahap dari mulai nurtisi dengan nilai PPM mini sampai nutrisi dengan nilai PPM maksimal sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tumbuhan yang kita tanam.

Pemberian nutrisi dengan menaikkan PPM nya umumnya dilakukan setiap Minggu begitu seterusnya sampai tumbuhan siap dipanen.


4. Panen


Usia tumbuhan sampai panen pula bermacam-macam sesuai dengan jenis tumbuhan yang kita tanam, terdapat yang pada bawah 1 bulan terdapat pula yang 1 bulan apalagi terdapat pula yang lebih dari satu bulan disesuaikan dengan jenis tumbuhan yang kita tanam.

Buat mengetahui usia setiap tumbuhan kita dapat cari serta download pada internet table pemberian nutrisi tumbuhan hidroponik sampai panen.


Posting Komentar untuk "Trik Menanam Hidroponik Buat Pemula (Pakcoy, kangkung, Bayam, Sawi dll)"