Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hidangan Berkuah Orisinal Indonesia dengan Cita Rasa yang Spesial




Masakan Indonesia sangat bermacam-macam. Cita rasanya spesial serta enak akibat penggunaan bumbu serta rempah. Sobat dapat mencoba kelezatannya pada hidangan berkuah ini.

Masakan Nusantara mempunyai cita rasa yang spesial serta unik. Penggunaan rempah-rempah dalam pengolahannya pun membentuk rasa kuliner sebagai lebih kaya. Rasa rempah bakal semakin terasa pada banyak sekali jenis hidangan berkuah. Sebagian seperti merupakan opor ayam, soto ayam atau soto daging, bakso, serta sebagainya.


Banyak orang menyukai kuliner berkuah. Apalagi apabila disantap pada ketika suasana sedang dingin, kehangatan kuah bakal membentuk tubuh sebagai ikut hangat serta nyaman. apabila badan sedang merasa kurang gezond, kuliner berkuah mampu sebagai solusi agar kembali pulih.

Hidangan Berkuah Orisinal Indonesia dengan Cita Rasa yang Spesial


Nah, berikut ulasan mengenai sejumlah hidangan berkuah yang sudah banyak dikenal pada Indonesia.


  1. Opor Ayam



Opor Ayam

Asal: tokopedia.com

Ketika Ldulfitri, hidangan yang wajib selalu terdapat pada atas meja merupakan opor ayam. Resep opor ayam spesial hari raya ini sangat terkenal pada Indonesia. Bukan Cuma disajikan pada acara-acara luar biasa, opor ayam  pula kerap sebagai suguhan makan sehari-hari. Cita rasanya yang enak dengan bumbu yang meresap membentuk opor ayam sebagai satu dari lauk idola.

Opor ayam serupa dengan kuah kental yang berasal dari santan. Cita rasanya sangat spesial akibat memakai bumbu rempah misalnya serai, ketumbar, jinten, lada, serta kencur. Nah, buat menemani opor ayam, umumnya terdapat nasi ketupat serta sambal goreng hati. Bakal semakin lengkap apabila hidangan ini ditambah dengan kerupuk.

Terdapat setidaknya 2 jenis opor yang umumnya disajikan, yaitu opor putih serta opor kuning. Apa perbedaan keduanya? Ternyata, bumbu-bumbu dasarnya nyaris sama, Cuma saja opor kuning memakai tambahan kunir. Dengan kunir, warnanya memang sebagai lebih mengundang kesukaan. Meskipun demikian, keduanya mempunyai rasa yang gak perlu diragukan lagi.

Resep opor ayam tidak terlalu sulit. Jika sudah terbiasa, tidak butuh waktu lama buat membuatnya. Tetapi, Sobat wajib menyediakan banyak sekali bahan yang dibutuhkan, terutama rempah-rempah, agar cita rasanya tetap tepat.


  1. Gulai



Gulai
Asal: tastemade.com

Gulai adalah satu dari hidangan berkuah santan. Hidangan ini didominasi oleh warna kuning akibat penggunaan kunir. Bukan Cuma ayam atau daging, olahan gulai pula mampu diterapkan pada sayur-sayuran, misalnya nangka serta buncis. Jenis kuliner ini awalnya dikembangkan pada wilayah Sumatera.

Awalnya, gulai mendapat efek dari masakan India. Seiring dengan perkembangannya, cita rasa India berubah akibat penggunaan bumbu serta rempah-rempah spesial Nusantara. Isi gulai pun tidak lagi sama dengan aslinya, namun sudah diganti dengan protein hewani dan sayur-sayuran.

Bukan Cuma pada Sumatera, gulai pun lazim ditemukan pada wilayah Jawa. Meskipun demikian, terdapat perbedaan yang mendasar, yaitu pada kuahnya yang lebih encer. Gulai pada Jawa pun biasa memakai kecap serta gula merah. Selain itu, gulai pula tidak memakai kapulaga. Menariknya, tidak misalnya pada Sumatera gulai sayur jarang ditemukan pada wilayah Jawa.

Terdapat sebagian jenis gulai yang dikenal ketika ini, yaitu gulai ayam, gulai nangka muda, gulai belacan, gulai kepala ikan, serta gulai pakis. Separuh sajian ini mampu Sobat santap pada restoran Padang.


  1. Soto



Soto
Asal: merdeka.com

Satu dari masakan Nusantara yang sangat terkenal merupakan soto. Terdapat soto ayam, terdapat juga soto sapi. Kuliner berkuah ini mirip sup dari tampilannya, namun cita rasanya tidak sama. Awalnya, rakyat Indonesia mengetahui soto seperti kuliner yang dijual dengan berkeliling memakai gerobak atau pikulan.

Ketika ini, soto dapat ditemukan pada banyak sekali wilayah yang berada pada Indonesia. Terdapat yang dikenal dengan Soto Suci, Soto Purbalingga, Soto Pekalongan, Soto Sokaraja, serta sebagainya. Masing-masing varian soto ini mempunyai rasa serta tampilan yang berbeda-beda. Soto Suci contohnya dihias dengan kuah yang agak kuning serta disajikan dalam mangkok mini.


  1. Rawon



Rawon
Asal: masakapahariini.com

Sobat pula pasti akrab dengan masakan rawon, satu dari masakan spesial dari Jawa Timur. Rawon mempunyai penampakan yang spesial yaitu warna kuahnya yang hitam pekat. Contoh ini akibat penggunaan kluwek yaitu bumbu spesial rawon. Daging buat rawon umumnya dipotong dalam berukuran mini. Buat menyantap rawon, adonan lainnya umumnya merupakan tauge mini, daun bawang, kerupuk udang, serta telur asin.

apabila Sobat ingin menikmati masakan rawon dengan cita rasa yang orisinal, berkunjunglah ke wilayah Jawa Timur. Satu dari jenis rawon yang terkenal merupakan rawon nguling yang terdapat pada Pasuruan. Meskipun demikian, ketika ini telah banyak warung makan yang pula menjual rawon.


  1. Sayur Asem



Sayur asem
Asal: hellosehat.com

Sayur asem merupakan hidangan berkuah lainnya yang orisinal dari Indonesia. Misalnya namanya, sayur asem memang tergolong hidangan sayuran. Contoh yang unik dari masakan ini merupakan penggunaan jagung, kacang tanah, nangka muda, serta belimbing sayur.

Buat menikmati banyak sekali kuliner berkuah ini, Sobat dapat memasaknya sendiri. Tetapi, Sobat pula dapat mengunjungi banyak sekali restoran yang menyediakan sajian serupa. Agar lebih irit, awali dengan ShopBack pada ketika pembayaran. Aplikasi ShopBack menyediakan cashback sesuai jumlah transaksi pembayaran. Nah, selamat berwisata masakan!

Posting Komentar untuk "Hidangan Berkuah Orisinal Indonesia dengan Cita Rasa yang Spesial"