Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Cek Broken Listig pada Blog serta Mengatasinya



Cara Mengecek Broken Link di Blog

Broken verbinding (tautan rusak, meninggal, atau tidak aktif) sebagai satu dari penyebab menurunnya kualitas blog, khususnya faktor SEO serta memiliki kemungkinan buat menurunkan posisi blog pada mesin pencari. Yuk kita ulas pengertian, trik mengecek, hingga solusi mengatasinya.



Pengertian

Apa itu broken verbinding? Broken verbinding merupakan sebuah tautan yang saat dibuka bakal menunjuk ke halaman tidak aktif (error 404). apabila orang lain baru pertama kalium berkunjung ke blog serta menemukan halaman error 404, maka terdapat kemungkinan sebanyak 88% mereka tidak bakal kembali [1]. Pengunjung bakal merasa tertipu akibat tautan yang dicantumkan ternyata tidak terdapat. Ini sangat mempengaruhi tingkat kepercayaan. Tentunya merugikan sekali, bukan?


Penyebab

Terdapat sebagian faktor yang mengakibatkan munculnya broken verbinding, antara lain:

1. Kesalahan Penulisan Tautan

Pastikan menulis seluruh tautan dengan benar, baik verbinding intern (tautan yang menunjuk pada wetsartikel lain pada blog yang sama) juga verbinding eksternal (tautan yang menunjuk ke blog atau situs lain).

2. Mengganti Domain

Saat mengganti domain maka seluruh tautan pada blog bakal berubah. apabila tidak mengatur pengalihan antar domain maka bakal terdapat broken verbinding.

3. Mengganti Permalink Wetsartikel

Bisa saja dilakukan, tetapi sebagai masalah besar saat tidak mengatur pengalihan dari permalink lama ke permalink baru. Permalink lama bakal dipercaya tidak terdapat serta sebagai broken verbinding. Pelajari Trik Aman Mengganti Permalink yang Telah Terlanjur Diterbitkan.

4. Mengganti Direktori Situs

Ini Cuma berlaku bagi blog atau situs self-hosted misalnya WordPress. Saat memindahkan arsip ke direktori baru, maka seluruh tautan bakal berubah juga. Maka dari itu dibutuhkan pengalihan misalnya nomor 3 pada atas.

5. Komentar Blog

Pada kolom komentar umumnya mampu disisipkan URL blog dari pemberi komentar atau otomatis mengambil dari URL profil Google. apabila URL blog atau profil Google tadi telah tidak aktif, maka nantinya bakal dipercaya broken verbinding.

6. Arsip Tidak Tersedia

Tautan menunjuk pada arsip download (PDF, video, gambar, dll) yang telah dihapus atau dipindahkan.


Trik Cek

Ini dapat dilakukan manual dengan mengecek seluruh tautan satu persatu. Hm...dengernya aja udah males ya. Tetapi engkau dapat melakukannya dengan cepat serta otomatis memakai bantuan dari tool cuma-cuma yang terdapat pada internet. Satu dari situs terpopuler buat mengeceknya merupakan Broken Listig Checker.

Lantas dengan cara apa trik mengetahui seluruh verbinding meninggal secara otomatis Cuma dengan sekali klik? Silakan ikuti tutorial dari igniel.com berikut.

  1. Buka situsnya yang beralamat pada:
    https://brokenlinkcheck.com

  2. Tulis alamat blog secara lengkap serta klik tombol Find broken linksaf.
    Cara Mencari dan Memperbaiki Broken Link di Blog

  3. Isi security code sesuai gambar yang timbul, pilih Report distinct broken linksaf only serta klik Find broken linksaf now!.
    Panduan Mencari Link Rusak atau Mati di Website

  4. Tunggu sebagian ketika hingga blog selesai dicek. Sesudah itu bakal timbul laporan lengkapnya.
    Solusi Mengatasi Broken Link

Solusi Mengatasinya

Gambar pada atas merupakan contoh laporan blog Igniel. Terdapat 20 tautan yang meninggal atau tidak aktif. Mengejutkan, ternyata banyak yang bersumber dari URL profil Blogger. Beliau timbul dari komentar bawaan Blogger yang otomatis mencantumkan URL si pengirim. Latas penyelesaiannya gimana dong?

  1. Pasang script menonaktifkan URL profil pada komentar Blogger apabila masalahnya bersumber dari komentar misalnya contoh pada atas. apabila tidak mau mengalaminya, dapat dipertimbangkan buat memakai komentar Disqus atau komentar Facebook. Andaikan aku sih tetap pakai komentar bawaan Blogger akibat terlanjur suka.

  2. Contoh nih lain, kembali ke gambar pada atas, tautan yang meninggal merupakan https://hira404.blogspot.com. Akan tetapi dimana sih aku menuliskan tautan tadi? Klik deh tuh goresan pena url pada sampingnya, nanti bakal langsung diarahkan ke wetsartikel dimana tautan itu ditulis. Selanjutnya tinggal hapus atau edit tautannya.


Pencegahan

Selain solusi mengatasi broken verbinding pada atas, terdapat pula tips pencegahan supaya contoh itu tidak terjadi pada selanjutnya hari.

  1. Saat menyisipkan verbinding intern, JANGAN tulis lengkap bersama domain pokok! Contohnya aku ingin menyisipkan tautan dengan alamat berikut:
    https://www.igniel.com/p/voeling.html
    https://www.igniel.com/2019/11/cek-broken-link.html
    Maka relatif menulisnya dari yang ditandai saja. Patokannya dimulai dari tanda slash nama lain garis miring pertama (/).
    <a href="https://www.igniel.com/2019/11//p/voeling.html" title="Judul">Teksdanlt;/adangt;
    <a href="/2019/11/cek-broken-link.html" title="Judul">Teksdanlt;/adangt;
    Mengapa domain pokok tidak disertakan? Buat berjaga-jaga apabila suatu hari mengganti domain, maka tidak usah repot mengganti seluruh tautan yang telah terlanjur ditulis. Seluruh bakal otomatis mempunyai awalan yang sama dengan domain yang sedang aktif. Coba bayangkan apabila terdapat 1.000 wetsartikel, apa nggak pegel ngecek trus ganti satu-persatu?

  2. apabila menyisipkan verbinding eksternal sebaiknya berupa teks biasa, bukan anchor text atau verbinding aktif. Melainkan apabila wetsartikel tadi merupakan content placement maka tentu saja wajib berupa verbinding aktif.

Apakah broken verbinding perlu dicek secara terjadwal? Aku rasa iya. Ulangi paling tidak 3 bulan sekali seperti bentuk dari pemeliharaan blog. Engkau pun dapat mengantisipasinya dengan menerapkan peraturan yang agak ketat saat terdapat sahabat yang mau menitipkan URL blognya. Pastikan blog mereka telah berusia setidaknya satu tahun agar yakin bahwa blog tadi sungguh dikelola dengan serius serta tidak bakal nonaktif secara tiba-tiba. Sekian panduan buat mencari broken verbinding dengan gampang serta cepat, semoga bermanfaat.





Posting Komentar untuk "Trik Cek Broken Listig pada Blog serta Mengatasinya"