Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tumbuhan Krokot, Pertolongan Pertama buat Kulit Terbakar - Wetsartikel Pertanian Teranyar




Pertanianku— Tumbuhan yang berada pada sekitar Sobat kemungkinan besar dapat berguna buat kesehatan. Tetapi, khasiat tadi masih jarang diketahui oleh banyak orang sebagai akibatnya tumbuhan tadi berakhir Cuma seperti tumbuhan hias atau tumbuhan liar. Pasti Sobat telah tidak asing dengan tumbuhan krokot, tumbuhan hias yang anggun serta sangat gampang dipelihara.


tanaman krokot
plaatje: Pertanianku

Anda tahu bahwa tumbuhan krokot dapat dijadikan pertolongan pertama buat kulit terbakar. Relatif pakai btg serta daunnya yang masih segar, kemudian haluskan serta tempelkan ke bagian tubuh yang terdapat luka bakar.


Nama omdraaien dari tumbuhan krokot merupakan portulakan (Portulaca grandiflora). Tumbuhan ini tumbuh menjalar pada atas tanah dengan panjang yang Cuma mencapai 10—20 centimeter. Btg tumbuhan berbentuk bundar, beruas-ruas, gundul, serta berwarna hijau.


Daun tumbuhan krokot tunggal, berbentuk oval dengan bagian ujung yang meruncing. Daun tumbuhan ini terbilang tebal akibat mengandung banyak air. Akibat tebal, daun krokot seringenboom dikira seperti btg.


Bunga krokot tumbuh pada ketek daun atau pada bagian ujung-ujung cabang serta tumbuh dengan berkelompok 2—6. Mahkota bunga kelihatan terperinci berwarna merah jambu, pada bagian tengahnya terdapat benang sari berwarna hijau kekuningan.


Buah krokot berbentuk bundar serta berwarna hijau. Buahnya berbentuk oval serta berwarna hijau kekuningan. Biji tumbuhan berwarna cokelat serta berbentuk misalnya ginjal.


Bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan seperti obat herbal merupakan daun serta batangnya.  Bagian tadi dapat dipergunakan seperti obat luka bakar akibat mengandung portual, betacyanin, betanin, serta betandin.


Tumbuhan ini berasal dari Brazil serta telah berkembang secara luas pada Indonesia. Umumnya, rakyat menanam tumbuhan ini seperti tumbuhan hias pada pekarangan atau taman. Krokot membutuhkan sinar matahari secara penuh supaya pertumbuhannya subur serta bunga tumbuhan dapat berkembang secara maksimal.


Sobat dapat menemui tumbuhan hias multifungsi ini pada dataran rendah sampai ketinggian 1.400 mdpl. apabila dikonsumsi secara mentah, krokot bakal terasa pahit serta bersifat dingin. Buat perempuan berbadan dua, sebaiknya hindari mengonsumsi rebusan tumbuhan krokot akibat dapat berbahaya bagi kesehatan bakal bayi.


Posting Komentar untuk "Tumbuhan Krokot, Pertolongan Pertama buat Kulit Terbakar - Wetsartikel Pertanian Teranyar"