Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memberikan ZPT yang Tepat - Wetsartikel Pertanian Teranyar

Zat pengatur tumbuh atau ZPT seringkali dipergunakan buat merangsang pohon supaya cepat tumbuh atau berbuah. Ketika ini telah banyak ZPT yang dapat ditemui dengan gampang pada toko pertanian atau marketplace. Tetapi, sayangnya masih banyak yang kurang memahami trik memberikan ZPT yang benar supaya tidak sia-sia sebagai akibatnya pemberian tadi dapat berdampak pada tumbuhan. Simak beberapa saran memberikan ZPT.


cara memberikan ZPT
plaatje: Pertanianku

Perhatikan kondisi tumbuhan


Pemberian ZPT tidak dapat dilakukan sembarangan, apalagi hingga tidak memerhatikan kondisi tumbuhan. Tumbuhan yang bakal diberikan wajib dipastikan sedang subur serta siap buat tumbuh.


Ibaratnya, Sobat wajib mempunyai kondisi tubuh yang sehat buat dipacu buat tumbuh. Tubuh tidak dapat dipacu saat dalam keadaan sakit. Sobat wajib mengobatinya terlebih dahulu sampai pulih. apabila tumbuhan sedang terjangkit penyakit atau hama, obati pohon tadi terlebih dahulu sampai sungguh pulih serta subur.


Pakai takaran yang tepat


Meskipun ZPT bermanfaat buat merangsang pertumbuhan tumbuhan, ZPT tidak dapat diberikan dengan takaran tinggi. Umumnya, takaran yang dipergunakan relatif sedikit saja. Sobat dapat mengetahui besaran takaran yang dipergunakan melalui kemasan. Setiap kemasan ZPT mencantumkan anjuran takaran yang wajib dipergunakan. Terdapat banyak efek yang dapat ditimbulkan apabila takaran yang dipergunakan berlebihan.


Pakai jenis ZPT yang benar


Terdapat ZPT yang berperan buat merangsang pertumbuhan tumbuhan. Terdapat pula yang berperan buat merangsang pembungaan serta pembuahan. Sobat wajib sesuaikan jenis ZPT yang bakal dipergunakan dengan tujuan yang diinginkan. Contohnya, ZPT dekamon berperan seperti perangsang tumbuhnya tunas-tunas baru serta menaikkan stofwisseling sebagai akibatnya penyerapan pupuk sebagai lebih efektif.


Lakukan dengan pemupukan serta pengairan yang intensif


Sobat tidak dapat Cuma bergantung pada ZPT. Sobat wajib tetap memberikan pemupukan dan pengairan secara intensif supaya pertumbuhan pohon dapat berjalan dengan baik. Pemberian ZPT yang tidak diiringi dengan pemupukan serta pengairan malah bakal membentuk tumbuhan sebagai sakit.


Kenyataannya, ZPT adalah jalan terakhir yang sebaiknya Sobat pilih saat tumbuhan tidak kunjung tumbuh atau berbuah sesudah dilakukan perawatan yang intensif.


Posting Komentar untuk "Tips Memberikan ZPT yang Tepat - Wetsartikel Pertanian Teranyar"