Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternak Budidaya Ikan Lele Pemula yang Gampang Cepat laba



Budidaya ikan lele sebagai primadonanya urusan ekonomi perikanan pada Indonesia. Warung makan makin banyak yang menyajikan lele. Pasar swalayan serta pasar tradisional pula menyediakan lele setiap hari.


budidaya ikan lele





Salam Patilers lur.  Sobat siap budidaya lele. Itu artinya siap tekun serta teliti supaya dapat sukses seperti 10 pengusaha lele sukses yang aku tulis sebelumnya.



Persiapan Budidaya Ikan lele


Memulai budidaya lele artinya siap tekun, teliti serta bekerja keras.


1. Menentukan Jenis Ikan Lele


Jenis ikan lele apa yang anda pilih. Sesudah membaca banyak sekali literatur pasti pada pikiran anda terngiang nama misalnya lele sangkuriang, dumbo, atau mutiara.


Jenis Ikan Lele


Saran aku, pergilah ke peternak lele pada sekitar anda. Tanyakan kepada dia, jenis lele apa yang mereka budidaya. Pernahkan mencoba jenis lain.


Kenyataan pada lapangan, letak sangat memilih jenis lele jempolan. Contohnya, pada Sukamadi, Jawa Barat lele mutiara dipercaya varietas jempolan ketika ini, pada Jawa timur lele masamo so primadona, pada lombok yang paling cocok ladalah lele mandalika. pada tempat dingin, lele pyton so favorit.


Buat membantu anda mengetahui jenis lele, aku telah menulis : 12 Jenis Lele Unggul


2. Memperhatikan Kondisi Hidup Ikan Lele


Sederhana saja, apabila pada sekitar anda banyak pembudidaya lele sukses artinya wilayah anda cocok buat budidaya lele.





apabila belum banyak, perhatikan kondisi hidup lele.


tulisbaca.com
asal gambar : tulisbaca.com

Ikan lele adalah jenis ikan yang gampang dipelihara. Kondisi air misalnya apapun mampu dijadikan media pembesaran ikan lele.


Tunggu dulu, bukan berarti Sobat melalaikan kualitas airnya. Malah, semakin baik kualitas air maka semakin baik juga pertumbuhan ikan lele.


  • Suhu
    Berdasarkan Debby Ratnasari (2011), ikan lele mampu hidup pada suhu 26-32oC. apabila suhunya terlalu rendah, maka bakal mengusik proses pencernaan kuliner pada ikan lele. Kebalikannya, jika suhunya tinggi (hangat), pencernaan kuliner pada ikan lele bakal berlangsung cepat.

  • Letak
    Soal kondisi letak budidaya, tidak terdapat ketentuan istimewa. Ikan lele mampu hidup pada segala tempat, termasuk yang berada pada ketinggian 1000 mdpl. Contoh yang wajib Sobat perhatikan sungguh selain suhu, yaitu pH. Kondisi tempat wajib berada dalam kisaran pH 7-8.

2 itu yang paling penting, anda pula dapat membaca kondisi lengkap hidup ikan lele pada halaman Litbang Kementerian Pertanian


2. Membentuk Kolam Ikan Lele


Cara Membuat Kolam Terpal Ikan lele


asal gambar : alvindwiputra.id

Terdapat banyak jenis kolam. Aku tidak dapat memaksa anda menentukan jenis kolam. Tergantung bujet serta pengalaman. Sayapun telah menulis panduan banyak sekali jenis kolam, anda dapat menentukan satu.


  1. Kolam Terpal kotak buat ikan lele

  2. Bioflok  kolam terpal bulat buat ikan lele  (Irit Pakan)

  3. Kolam ember ikan lele (Budikdamber) bareng kangkung

  4. Kolam beton buat ikan nila

Buat pemula, aku menyarankan kolam terpal.





Kelebihan kolam terpal merupakan biayanya murah serta gampang dirancang. Tentang hal kelemahannya yaitu 3 tahun umumnya ganti terpal, selain itu membersihkannya relatif rumit. Jika terdapat lele besar sembunyi pada lipatan terpal serta tidak diambil, beliau dapat so mengkanibal (memakan) lele mini.


Bagi Sobat yang  telah punya pengalaman serta uang, dapat menentukan kolam beton. Kolam beton bersifat tetap serta lebih gampang dibersihkan. Sobat pula dapat memakai kolam bioflok supaya gak perlu ganti air.


So kolam apa yang bakal anda untuk?



Benih Ikan Lele


Menentukan bibit yang baik merupakan kunci kesuksesan ikan lele. Kini telah banyak penjual bibit lele yang punya indukan bersertifikat.


3. Menentukan Benih yang Berkualitas


Memilih benih untuk Budidaya ikan lele
jualbibitlele.wordpress.com

Benih ikan lele buat pembesaran berbeda dengan pembenihan. Sobat wajib pilih benih ikan lele buat pembesaran yang ukurannnya 5-7 centimeter. Upayakan ukurannya seragam. Contohnya, Sobat menentukan benih berukuran 6 centimeter, berarti seluruh benih ikan lele ukurannya wajib sama.


Selanjutnya, perhatikan ciri-ciri benih ikan lele yang berkualitas  berikut :


  • Ikan lele berkualitas memiliki tubuh yang seimbang, antara kepala serta badannya. Selain itu, benih ikan lele wajib bebas dari cacat, tubuh mengkilap, gerakannya lincah serta sungut berseri (tidak pucat).

  • Amati juga tingkah laku benih ikan lele. Ikan lele berkualitas tidak bakal menggantung atau berdiri saat pada dalam air. Keaktifan ikan lele pula turut mempengaruhi kualitasnya.

  • Pastikan benih sama dengan kondisi kolam anda. Budidaya kolam terpal sangat dianjurkan membeli benih yang dibesarkan pada kolam terpal, begitu pula dengan kolam beton.

Selengkapnya mengenai benih ikan lele silahkan baca :  7 Ciri Bibit Lele Unggul


So, Sobat wajib perhatikan dengan cermat, apakah benih ikan lele yang Sobat beli telah memenuhi kondisi pada atas.


4. Persiapan Sebelum Menebar Benih pada Kolam


wirausahasangkuriang.blogspot.com
wirausahasangkuriang.blogspot.com

Andaikan Sobat telah selesai membentuk kolam, langkah berikutnya yakni mempersiapkan kondisi kolam sebagai akibatnya siap menampung benih ikan lele. Terdapat 2 tahapan yang wajib Sobat lakukan, yaitu mengisi air pada kolam serta melakukan pemupukan.


Langkah pertama, kolam diisi dengan air bersih serta bebas cemaran limbah apapun. Isilah kolam sampai ketinggian lebih kurang 60 centimeter.


Langkah kedua, siapkan pupuk sangkar yang berasal dari kotoran kambing atau domba. Masukan pupuk sangkar tadi ke dalam karung dengan berukuran 1-1,5 kg/m2. apabila kolam ikan lele yang Sobat untuk berukuran 5×2 m, berarti Sobat dapat pakai pupuk sekitar 10-15 kg.


daunijo.com
daunijo.com

Selanjutnya, isi karung tadi dibagi sebagai 2 sama berat. So, dalam satu kolam terdapat 2 karung pupuk sangkar. Masukan pupuk sangkar tadi (jangan dikeluarkan dari karungnya) ke dalam kolam. Sobat bisa meletakannya pada pinggir atau pada tengah, yang penting posisi karung itu nantinya mengambang serta bergerak bebas.


Sesudah seminggu, angkatlah kedua karung berisi pupuk tadi. Tetapi, sebelum diangkat, celupkan karung berulang ke dalam kolam agar kandungan dalam pupuk terserap total oleh air. Sobat dapat menebarkan benih ikan lele ketika karung telah diangkat total.


5. Dengan cara apa Trik Menebar Benih Lele?


mancingikan.net
mancingikan.netwerken

Penebaran benih ikan lele baik dilakukan pada ketika pagi atau sore hari agar terhindar dari terik matahari. Mengapa tidak bisa ditebar pada siang hari? Akibat ketika itu, kondisi air sedang sangat panas sebagai akibatnya berpotensi menyebabkan kematian benih ikan lele akibat tertekan.


Sebelum menebarkan benih ikan lele ke kolam, letakanlah benih tadi pada dalam wadah dari bahan plastik. Kemudian, tebarkan benih dengan trik memiringkan wadahnya serta mengeluarkan bertahap benih ikan lele.


Aku sendiri lebih suka menebar dengan teknik plastik. misalnya gambar ini :


menebar bibit benih ikan


6. Pemberian Pakan


Pakan merupakan kompenen yang besar dalam budidaya lele. Telat memberi pakan dapat mnyebabkan lele kanibal nama lain memakan temannya sendiri.


  • Terdapat banyak jenis pakan yang dapat Sobat berikan, contohnya pellet, keong mas, plankton, cacing serta lain-lain. Apapun jenis pakannya, yang paling penting merupakan teknik serta waktu pemberiannya.

mari baca : 12 Jenis Pakan lele pokok serta cara lain


  • Pakan pokok tetaplah pelet. Memberikan pakan cara lain disarankan secara bertahap akibat sangat beresiko. Dapat pada coba pada sebagian kolam terlebih dahulu. Amati apabila hasilnya baik berarti pakan tadi cocok.

  • Pakan diberikan sebanyak 5-6 kalium sehari. Jarak pemberian pakan sekitar 2-3 jam.

  • Ikan lele suka makan pada malam hari

  • apabila pada skedul pemberian pakan ternyata turun hujan, sebaiknya jangan menebarkan pakan. Pemberian pakan ketika hujan berpotensi pencemaran zat asam pada pakan yang diberikan. Pakan yang tercemar bakal mengusik kesehatan ikan lele. So, tunggulah sampai hujan reda andaikan ingin memberikan pakan.

 


7. Contoh Penting Dalam Pemeliharaan


jatimprov.go.id
jatimprov.go.id

Benih ikan lele saat ini telah ditebar pada kolam. Saatnya menjalankan proses pemeliharaan. Terdapat sebagian poin penting yang wajib Sobat perhatikan dalam pemeliharaan, yakni pengelolaan air serta pemberian pakan.


  • Air yang dipergunakan pada dalam kolam lele, tidak disarankan buat diganti sebelum masa panen, melainkan terdapat penyakit.
    Kondisi air pun wajib tenang serta tergenang. Hindari melakukan pengurasan air dengan trik sirkulasi akibat berpotensi mengurangi kestabilan pH kolam.

  • Sobat bisa melakukan penambahan air sesudah benih dimasukan serta diberikan pakan pertama kalium (andaikan pellet, jenis L1). Lakukan secara bertahap dengan tinggi 20-30 centimeter setiap pergantian pakan jenis tertentu sampai akhirnya mencapai 120 centimeter yang digunakan hingga masa panen.

  • Sobat wajib melakukan sortir ikan lele. contohnya seminggu sekali. apabila lupa maka ikan lele besar dapat memakan ikan lele mini

8. Waktunya Panen Ikan Lele


Budidaya Ikan lele
pertanian.go.id

Budidaya pembesaran ikan lele Cuma memerlukan waktu 2-3 bulan buat panen. Ketika waktu panen tiba, takaran ikan lele 1 kg telah berjumlah 7-8 buntut. Gunakanlah alat-alat memanen yang berbahan licin serta halus supaya tidak menimbulkan lecet pada ikan lele.


Trik memanennya, yaitu dengan menyurutkan air kolam terlebih dahulu. Selanjutnya, pakai serokan buat menangkap ikan lele serta masukan dalam wadah berbahan plastik. Sobat pula dapat menggunakan jaring andaikan air kolam masih relatif banyak.


9. Hindari Kesalahan peternak pemula


Peternak pemula umumnya mengalami sebagian kesalahan berikut adalah


  1. Malu bertanya pada peternak senior.
    Percayalah, berteman dengan peternak yang lebih dulu terjun ke ikan patil ini bakal membentuk anda irit banyak. Contohnya apabila terdapat penyakit atau lele kurus, anda dapat langsung mendapat penerangan.

  2. Membeli bibit tidak seukuran atau tidak mensortir ikan berdasar berukuran, alhasil lele besar memakan lele mini.

  3. Membeli bibit dari kolam tanah padahal beliau beternak pada kolam terpal, pertumbuhan tidak maksimal

  4. Mencoba pakan cara lain secara serampangan, akhirnya lele lapar serta memakan temannya

  5. Sedikit sedikit uang. Terdapat masalah sedikit langsung bertanya dibelikan apa, obat jenis apa. Pada akhirnya biaya ternak lele membengkak serta anda tidak laba.
    Saran aku apabila terdapat masalah, cobalah ke peternak senior, mereka umumnya punya solusi yang lebih murah serta digdaya.

  6. Padat tebar terlalu tinggi. Seperti pemula silahkan mencoba padat tebar yang biasa saja.

Kita telah menulis seri budidaya lele. Silahkan membaca :




Apa yang bakal anda lakukan sesudah membaca wetsartikel ini? Take action kini, aku doakan anda semakin sukses pada bidang budidaya lele ini.



Posting Komentar untuk "Ternak Budidaya Ikan Lele Pemula yang Gampang Cepat laba"