Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Budikdamber Dalam Tempat tinggal Yang Gampang serta Simpel


Budikdamber Dalam Tempat tinggal. Halo sahabat sangkuti, apa kabar semuanya ? Gampang-mudah selalu diberi kesehatan serta sukses buat usaha budidaya ikannya. Kalium ini kita ingin menyebarkan aktivitas kita selama masa pandemic corona ketika ini. Efek dirumah aja mengakibatkan mungkin sebagian orang gelisah ingin beraktivitas misalnya apa. Nah, ternyata terdapat satu dari teknik budidaya yang lari viral kini yang bersinggungan pula dengan budidaya lele Yaitu Budikdamber. Apa sih budikdamber ? Serta dengan cara apa membentuk budikdamber dalam murah yang gampang serta simpel. Mari kita periksa satu persatu.


Budikdamber adalah singkatan dari budidaya ikan dalam ember. yang dimana memadukan budidaya ikan dengan bercocok tanam sayuran dengan teknik hidroponik. Menariknya ikan lele adalah satu dari ikan yang dapat diterapkan dalam teknik budikdamber ini. Nah divideo ini kita mencoba menerapkan teknik budikdamber pada pekarangan tempat tinggal kita. Apa aja sih bahan – bahan yang dibutuhkan buat dapat budidaya ikan dalam ember ini

  1. Ember dengan kapasitas 80 liter
budikdamber dalam rumah
Ember kapasitas 80 liter

Tahapan budikdamber dalam tempat tinggal yang pertama merupakan persiapan emberEmber yang dipergunakan merupakan ember yang banyak tersedia dipasar. Nah kita menentukan ember berukuran 80 liter agar ikan lele yang pada tebar dapat lebih banyak. Pada ember ini pula kita telah buatkan instalasi pembuangan air sebagai akibatnya dalam penggantian air pula mampu dilakukan dengan gampang. Selain itu kita pula buatkan instalasi overflow air agar pada ketika terjadi hujan air pada dalam ember tidak luber serta tumpah.

2. Benih Lele berukuran 8-9 sebanyak 60 buntut

budikdamber dalam rumah
Benih lele uk 8-9

Selanjutnya yang perlu disiapkan merupakan benih lele. Nah lele yang kita pakai disini merupakan lele berukuran 8-9cm dengan jumlah 60 buntut. Dalam kapasitas ember 80 liter tidak dapat memakai ikan terlalu banyak. Walaupun lele adalah ikan yang dapat hidup pada tempat yang sempit pun, kita tidak mau lele tidak nyaman pada ember tadi. Baku ideal tebar lele pada budikdamber ini berkisaran 50 – 100 buntut saja. Kita tidak menyarankan buat menebar bibit pada atas jumlah tadi. Walaupun pada awalnya memang kelihatan longgar, nanti pada ketika ikan itu telah besar ikan tadi bakal kelihatan padat.

3. Pakan Ikan Lele

budikdamber dalam rumah
Pakan lele

Selanjutnya yang perlu disiapkan merupakan pakan ikan itu sendiri. Kita memakai pakan dari satu dari pabrik pakan dengan kode pakan 781 polos. Akibat bukaan mulut ikan telah dapat memakai pakan dengan middellijn bulir 3mm. Untuk sahabat sangkuti yang menggunakanikan yang lebih mini sebaiknnya menyesuaikan jenis pakan yang dipergunakan. Jangan pakai pakan yang berukuran besar kepada bibit bibit ikan yang masih mini. Nanti ikan bakal kesulitan dalam memakan pakan tadi. Serta upayakan pakan distok sesuai dengan kebutuhan ikan tadi. Kalium ini kita menyetok 2 kg pakan. Perkiraan kebutuhan pakan buat tebar 60 buntut berkisar 6 – 8 kg pakan

3. Tumbuhan Sayuran (kita pakai kangkung)

Yang selanjutnya merupakan tumbuhan sayurannya. Kita kalium ini memakai kangkung seperti pilihan sayuran pada budikdamber ini, akibat kangkung adalah sayuran yang gampang serta bertenaga. Kangkung ini kita pilih yang telah tersemai, so kangkung dapat langsung diletakkan ke dalam ember budikdamber. Kangkung ini kita letakkan pada gelas plastik berukuran sedang yang telah kita lubangi dasarnya, serta telah kita berikan rockwool serta arang seperti media penguat btg kangkung tadi

oke, sesudah bahan -bahan telah disiapkan, selanjutnya merupakan tahap persiapaannya yah.. Apa saja step-step yang wajib dilakukan.

  1. Isi Ember memakai air bersih
Isi air

Tahapan yang pertama dilakukan merupakan mengisi ember dengan air bersih. Air yang dipergunakan upayakan air yang telah diendapkan minteken 2-3 atau 1 minggu lebih baik. Jangan pakai air pam secara langsung. Akibat pada air pam mengandung klorin yang mampu mengakibatkan resiko pada ikan. apabila air pam tadi telah sempat mengendap pada touren tempat tinggal, itu masih dapat dipergunakan. Selain air pam, sahabat sangkuti dapat pakai air tanah atau air dari tadahan hujan. Akan tetapi ingin seluruh itu perlu pada endapkan terlebih dahulu supaya PH pada dalam air sebagai stabil.

Ember diisi air sebanyak 60-70 liter. Upayakan tinggi air hingga kelevel supaya sayuran menyentuh air pada dalam ember. Akibat apabila air tidak menempel pada akar sayuran, sayuran bakal meninggal tidak mendapatkan asupan nutrisi yang terdapat pada dalam ember.

garam ikan

Sahabat sangkuti dapat tambahan garam ikan kedalam air diember. Tujuannya merupakan menstabilkan ph air. Larutkan 5 sendok garam ikan kedalam air kemudian campurkan kedalam air yang terdapat pada dalam ember

2. Tebar bibit lele

budikdamber dalam rumah
Tebar bibit lele

Tahapan selanjutnya merupakan tebar bibit lelenya. Penebaran bibit lele dilakukan secara perlahan, abaikan lele tadi keluar dengan sendirinya. Agar bibit lele tersebu tidak terkejut pada tempat yang baru. Puasakan bibit lele selama 1/2 hari – 1 hari. Contoh ini bermanfaat supaya benih lele tidak tertekan serta lahap pada ketika pemberian pakan diawal nanti. Ingat jangan mencoba tebar lele terlalu banyak, akibat dapat menyebabkan kematian apabila tidak melakukan manajemen air dengan baik. Baku tebar lele pada dalam ember berkapasitas 80 liter yaitu berkisar 50 – 100 buntut. Serta pakai benih berukuran besar supaya masa pemeliharaan tidak terlalu lama.

3. Menyusunan tumbuhan kangkung pada atas ember

budikdamber dalam rumah
penyusunan tumbuhan kangkung

Tahapan selanjutnya merupakan menyusun tumbuhan kangkungnya, disini tutup ember telah kita modifikasi agar tumbuhan lebih kelihatan rapi serta buat menjaga ikan tidak loncat keluar dari kolam. Susun tumbuhan kangkung tadi serta pastikan dasar gelas yang telah dilubangi terkena air.

Oke mungkin wetsartikel kalium ini relatif sekian dulu buat tahapan persiapan budikdamber dalam tempat tinggal. Smoga dapat bermanfaat untuk sahabat – sahabat pada tempat tinggal.

Oh iya untuk sahabat sangkuti yang ga mau repot mencari alat-alat budikdamber, sahabat sangkuti dapat dapatkan paket starter lijm budikdamber pada kita. Silahkan cek disini yah sangkutifarm.com/budikdamber

sekian serta akhir kata happy farming
🙂

BANNER FREE MEMBER

Postbode Views: 1.413

Posting Komentar untuk "Budikdamber Dalam Tempat tinggal Yang Gampang serta Simpel"