Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini sistem Hidroponik yang paling cocok buat pemula (murah, sederhana serta dapat memakai botol bekas).




Sistem tanam hidrponik merupakan sistem tanam yang memakai media air seperti media tumbuh kembangnya tumbuhan, walaupun Cuma memakai media tanam air, tumbuhan tetap mampu tumbuh serta berkembang dengan memanfaatkan nutrisi yang dilarutkan ke dalam air yang dipergunakan.

Buat ketika ini sistem tanam hidroponik relatif terkenal pada seluruh dunia termasuk pada indonesia, selain buat menekuni hobi ternyata bercocok tanam dengan hidrponik dapat sebagai satu dari buat mencari penghasilan tambahan pada sela-sela kerja kantoran, apalagi apabila ditekuni dengan benar penghasilannya bakal sangat menggiurkan.

Satu kelebihan berocok tanam dengan sistem hidrponik, yaitu anda dapat bercocok tanam hidroponik pada pekarangan tempat tinggal Cuma memakai air tanpa tanah  dengan bahan-bahan yang sederhana yang mduah didapat misalnya botol bekas minuman atau paralon bekas serta bahan-bahan lainnya yang telah tidak terpakai.

Bercocok tanam dengan memakai sistem hidroponik kenyataannya sangatlah gampang serta mudah jika anda telah berpengalaman, tetapi tidak bagi anda yang masih pemula, bakal terdapat banyak sekali hal-hal yang masih dipertanyakan, misalnya apa yang aku alamiah saat pertama kalium ingin belajar bercocok tanam dengan sistem hidroponik.

Berdasarkan aku pribadi saat ingin belajar hidroponik terutama buat pemula, contoh pertama yang wajib dipelajari merupakan Sistem tanam hidroponik, dengan anda mengkaji sistem tanam hidroponik maka anda bakal mendapatkan ilustrasi mengenai kebutuhan-kebutuhan yang wajib anda persiapkan  dan anda mampu memutuskan sistem hidrponik mana yang wajib anda pakai buat permulaan.


 Mengetahui Sistem Tanam Hidrponik


Mengenai sistem tanam hidroponik,berdasarkan berita ketika ini terdapat 6 sistem tanam hidrponik yang seringenboom sekali dipergunakan pada seluruh dunia termasuk indonesia, seperti berikut:

1. Wick Sistem (sistem sumbu)
Air Nutrisi hingga ke akar tumbuhan menggeunakan sumbu dari kain yang gampang menyerap air.

2. DFT & NFT Sistem.

a. NFT Sistem (Nutrient speelfilm technique)
Air Nutrisi pada alirkan langsung ke akar tumbuhan secara tipis

b. .DFT Sistem (Deep Flow technique)
Mirif dengan NFT tetapi pada sistem DFT selain alir mengalir air pula terdapat yang tergenang dengan kedalaman 3-5 centimeter atau 1/4 pipa yang dipergunakan, air bakal keluar mengelir saat melebihi batas kedalaman.

4. Sistem Tetes (Drip sistem /Recovery/ Non Recovery)
Air nutrisi hingga ke akar tumbuhan dengan trik ditetes secara terjadwal dengan volume tertentu, kabarnya sistem ini yang paling banyak dipergunakan pada seluruh dunia buat level industri.

5. Sistem pasang Surut (Ebb & Flow Sistem / Flood Drain System)
Air nutrisi hingga ke akar naman dengan trik membanjiri akar tumbuhan, kemudian menyurutkannya kembali sesuai dengan waktu tertentu secara terjadwal, buat memakai sistem ini dibutuhkan pompa serta pula timer

6. Water Culture (Sistem Rakit apung)
Penamanan memakai styroform yang diapungkan pada air nutrisi, hingga tumbuhan siap dipanen, buat suplai oksigen ke akar tumbuhan dipergunakan pompa misalnya pompa aquarium.


Perluasan Sistem Hidrponik


Sementara perluasan dari sistem hidrponik antara lain merupakan:
1. Aeroponik
Perluasan dari teknologi hidrponik, tumbuhan menggantung pada atas genangan air nutrisi, air nutrisi hingga ke akar tumbuhan memakai sistem penguapan dengan pengaturan waktu tertentu secara terjadwal.

2. Aquponik
Aquaponik, ini adalah perluasan dari sistem hidrponik gabungan antara hidrponik serta budidaya binatang air, adalah cara bercocok tanam dengan sistem hidrponik tetapi pula sekaligus beternak ikan.


SISTEM WICK HIDROPONIK SANGAT COCOK UNTUK PEMULA


Sistem Wick

Dari banyaknya sistem hidrponik, tentunya anda bakal merasa gelisah pada ketika menentukan sistem hidroponik mana yang wajib dipilih, berdasarkan aku apabila anda pemula belum punya banyak pengelaman dalam bercocok tanam hidrponik, sistem yang cocok buat anda merupakan sistem WICK atau sistem sumbu.

Sistem Hidroponik Wick merupakan sistem hidrponik yang paling sederhana, murah serta dapat memakai bahan-bahan yang telah tidak terpakai, misalnya botol-botol bekas minuman, styroform ember bekas serta bahan-bahan lainnya.

Buat Lebih memahami sistem Wick atau sistem sumbu hidroponik anda dapat melihat skema instalasinya misalnya yang ditunjukan pada gambar pada bawah ini:

Sistem wick hidroponik sangat cocok untuk pemula
Sistem Wick Hidroponik


Trik Kerja Sistem Wick


Sistem Wick hidroponik memakai genangan air nutrisi yang tidak mengalir yang disimpan pada sebuah wadah. sementara buat tumbuhan ditempatkan pada pot tanam yang pada bawahnya telah diberi kain seperti sumbu.

Pot tanam ditempatkan pada atas genangan air nutrisi dengan jarak tertentu (pot tidak menyentuk air), sementara buat kain sumbu separuh dicelupkan pada larutan nutrisi. akar tumbuhan bakal mendapatkan suplai nutrisi dengan trik menyerap air nutrisi melalui sumbu kain.

Dengan Sistem wick maka akar tumbuhan bakal mendapatkan suplai air, nutrisi serta pula oksigen yang relatif sebagai akibatnya tumbuh kembang tanam bakal sebagai lebih baik.

Sistem hidrponik wick cocok sekali buat anda seperti pemula yang baru belajar, sistem ini adalah sistem hidrponik yang paling murah, gak perlu daya listrik serta buat sistem instalasinya kita dapat memanfaatkan bahan-bahan apa adanya yang telah tidak terpakai.


Kebutuhan Instalasi Sistem Tanam Hidroponik Wick



Buat anda pemula yang tertarik serta ingin mencoba sistem wick, kebutuhan yang wajib anda persiapkan merupakan seperti berikut:




1. Pot Tanam



Pot tanam dapat memakai wadah pelastik bekas minuman yang dilubangi pada bagian bawahnya buat diberi sumbu, misalnya pelastik bekas air minum, kaleng bekas, bekas botol air mineral serta lain sebagainya, tetapi apabila anda punya relatif modal anda pula dapat membeli netpot yang dapat dipergunakan secara berulang-ulang.





2. Media tanam (isi pot)



Terdapat banyak media tanam hidrponik yang dapat dipergunakan tetapi bukan tanah, sebagian antara lain merupakan seperti berikut:


  • Arang Sekam

  • Rockwol

  • Serbuk Sabut kelapa (cocopeat

  • Pasir

  • Kerikil

  • Serbuk Kayu

  •  Btg pakis

  • Hidrogel

  • Mos

  • Humus atau kompos

  • Pupuk Sangkar

  • Tisu atau kapas

  • dll.


Buat pemula disarankan buat memakai Rockwoll seperti media tanamnya dari mulai semai serta sesudah semai. Selain itu anda pula wajib belajar trik menyemai serta pula trik memelihara tumbuhan sesudah semai.

3. Nutrisi Tumbuhan
Kebutuhan nutrisi sangat penting buat tumbuhan, nutrisi yang dibutuhkan oleh tumbuhan merupakan unsur makro serta mikro, buat tumbuhan hidrponik yang memakai air seperti asal nutrisi, nutrisi yang umum dipergunakan  terutama buat pemula merupakan nutrisi AB Mix yang dilarutkan ke dalam air.

Buat anda seperti pemula anda dapat mendapatkan ABMix pada toko-toko pertanian atau secara online sesuai dengan jenis tumbuhan yang ingin anda tanam, AB Mix terdapat dalam bentuk cairan terdapat pula dalam bentuk butiran-butiran padat, harganya relatif murah.

Buat pemula anda wajib belajar dengan cara apa formula trik mencampur AB Mix, sebagai akibatnya memahami takaran abmix yang dipergunakan (berapa ml ABMix yang yang wajib dipergunakan dalam berukuran Liter air bersih).

4. Wadah penampung air nutrisi 
Buat belajar wadah buat menampung air nutrisi dapat memakai bahan-bahan yang telah tidak terpakai, contohnya ember bekas, pipa peralon bekas, botol-botol bekas minuman serta bahan bahan lainnya.

Buat wadah air nutrisi sebaiknya pilih bahan yang tidak tembus cahaya matahari, hika bening, sebaiknya dibungkus atau dicat hitam supaya sinar matahari tidak langsung menembus air nutrisi, akibat apabila tidak air nutrisi bakal dipenuhi lumut.

5. Sumbu 
Sumbu sistem wick dapat memakai Kain Panel atau kain-kain yang gampang menyerap air

5. Jenis Tumbuhan.
Terdapat banyak sekali jenis tumbuhan yang dapat ditanam memakai sistem hidroponik, dari mulai tumbuhan sayuran ataupun buah-buahan.

Buat pemula disarankan buat menanam tumbuhan sayuran yang jarak panennya tidak terlalu lama, misalnya kangkung, pakcoy, Bayam, saosin serta tumbuhan sayuran lainnya.

Buat benih tanamanm dapat anda beli pada toko-toko pertanian atau toko online, sebelum ditanam pada pot, umumnya benih wajib disemai terlebih dahulu sebagian hari sampai terdapat 4 daun, umumnya memakai Rockwoll seperti media tanamnya., sesudah itu baru ditanam pada pot/netpot dengan media tanam yang dipergunakan pada ketika menyemai.


Trik Menanan Tumbuhan Hidroponik dengan Sistem Wick (Sistem Sumbu)


Trik menanam hidroponik dengan sistem sumbu dapat memakai media apapun, tetapi wajib sesuai dengan skema instalasi sistem wick sesuai dengan gambar yang disajikan pada atas.

Buat contoh, berikut aku hidangkan trik menanam hidroponik sistem wick memakai botol bekas air mineral:



1. Sediakan botol bekas air mineral yang terdapat tutupnya.

2. Kemudian potong sebagai 2 bagian

3. Bagian bawah botol air mineral dipergunakan buat menampung Air Nutrisi

4. Bagian Atas botol air mineral yang terdapat tutupnya dipergunakan buat pot tanam

5. Bagian atas botol air mineral nanti bakal disimpan secara terbalik (lihat no 6 pada atas)

6. Lubangi Tutup botol, kemudian pakai tali atau kain seperti sumbu.

7. Sesudah dipasangi sumbu tutup bagian atas botol air mineral kemudian balikan misalnya no 7 pada atas selanjutnya isi bagian bawah botol air mineral dengan Air nutrisi yang telah disediakan.

8. Isi bagian atas yang dipergunakan pot dengan media tanam (sekam, rockwol dll).

Media tanam Hidroponik sistem Wick telah siap dipergunakan buat menanam tumbuhan output semai.

Hasilnya lebih kurang bakal kelihatan misalnya gambar pada bawah ini:




Buat menanam hidrponik sistem wick Sobat dapat memakai media apapun yang banyak tersedia, yang terpenting, hidroponik sistem wick wajib menggunakan sumbu seperti pengatar larutan nutrisi pada akar tumbuhan, silahkan berimprovisasi sendiri.

Buat pemula anda dapat mencoba menanam hidroponik dengan sistem wick supaya tidak mengeluarkan banyak modal, selagi belajar anda dapat melakukan trial serta error, terutama trik menyemai serta trik mencampur atau mengatur takaran nutrisi ABMix yang sesuai dengan takaran yang dibutuhkan oleh tumbuhan.

Sesudah anda memahami dengan cara apa bertanam hidroponik, apabila anda punya modal besar anda dapat mulai mencoba bertanam dengan sistem hidroponik yang lainnya, misalkan memakai sistem hidroponik NFT atau DFT serta sistem lainnya.



Posting Komentar untuk "Ini sistem Hidroponik yang paling cocok buat pemula (murah, sederhana serta dapat memakai botol bekas)."