Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aktivitas #dirumahaja Buat Blogger Supaya Tetap Produktif



Kegiatan Blogger Penulis Saat dirumahaja

Pasti telah pada memahami dong belakangan ini tagar #dirumahaja lagi ngehits sekali. Ini merupakan anjuran dari pemerintah supaya kita tetap berdiam diri pada dalam tempat tinggal buat mencegah penyebaran virus Corona. Memang, tidak seluruh kalangan dapat menerapkan aturan ini. Tetapi andaikan engkau termasuk golongan yang dapat diam pada tempat tinggal serta tetap produktif, aktivitas apa sih yang biasa dilakukan?

Kita seperti seseorang blogger pasti telah terbiasa dengan kebiasaan #dirumahaja. Apalagi yang statusnya full-time blogger nih, telah pasti lebih banyak menghabiskan waktu pada tempat tinggal untuk nulis wetsartikel.

Mumpung momennya stap, aku mau menyebarkan sedikit opini mengenai banyak sekali jenis aktifitas yang dapat dilakukan seseorang blogger ketika #dirumahaja. Aktifitas ini tidak Cuma menghilangkan gabut serta bosen, akan tetapi pula dapat menaikkan produktivitas serta pendapatan. Yang bakal aku utarakan merupakan SELAIN menulis wetsartikel, akibat aktivitas itu vermag memang telah wajib dari sananya bagi seseorang blogger.


1. Riset Keyword

Ini merupakan contoh super penting yang wajib dilakukan sebelum menulis wetsartikel. Tujuannya supaya engkau memahami kata kunci apa yang seringenboom dicari oleh orang-orang. apabila volume pencarian perbulannya besar, maka buatlah wetsartikel sesuai dengan keyword tadi. Selain volume, lihat juga CPC, persaingan dengan pesaing, serta tingkat kesulitan.

Lakukanlah riset keyword seminggu sekali atau sebulan sekali, ya suka-suka saja sih. Untuk stok keyword sebanyak mungkin pada awal, so nanti tinggal hukuman. Ketika #dirumahaja gini, coba lakukan banyak trial & error supaya cara riset keyword engkau lebih mantep lagi.


2. Perbarui Wetsartikel Lama

Google suka dengan wetsartikel fresh serta wetsartikel lama yang diupdate. Terutama bagi yang punya blog tutorial kaya aku nih, umumnya webstek yang kita cantumkan dalam tutorial rutin melakukan perombakan tiap sebagian waktu. So runutan tahapan atau gambar yang tersemat sebagai berbeda dengan sebelumnya. Nah, update deh tuh isi tutorial blog serta gambarnya biar wetsartikel tetap relevan serta up to date.


3. Cek Broken Listig

Listig yang telah meninggal, rusak, atau tidak aktif dapat mengakibatan menurunnya kesehatan blog pada mata Google. Rutinlah menyelidiki broken listig buat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Cek panduannya pada wetsartikel Cara Cek dan Mengatasi Broken Link.


4. Belajar Membuat Blog Self-Hosted

Sebagian besar pengunjung blog Igniel menggunakan Blogger (Blogspot) sebagai platform pilihannya. Lha ya memang blog saya isinya tutorial Blogspot doang kok, jadi wajar saja. Namun jika kamu memiliki rencana jangka panjang, belajarlah membuat blog yang dihosting, atau kata kerennya sih self-hosted. Platform terpopuler yang biasa digunakan adalah WordPress.

Komunitas WordPress sangat besar, tutorialnya pun banyak bertebaran di internet. Jadi pasti gampang menemukan solusi jika nanti ada kesulitan saat belajar. Keberadaan plugin yang sangat memudahkan menjadikan WordPress bisa dipakai sebagai blog berisi artikel seperti pada umumnya atau dijadikan toko online yang lebih kompleks dengan menggunakan plugin khusus untuk bertransaksi.

Tapi kalau mau tetap pakai Blogspot pun tidak apa-apa. Banyak blog besar yang trafficnya tinggi banget yang tetap setia pakai Blogspot. Toko online pun tidak kalah sedikit yang pakai Blogspot, salah satu contohnya adalah Grosir Bunga Plastik. Pilihan terdapat pada tangan engkau.


5. Belajar Jualan

Separuh besar pemain internet marketing yang berseliweran pada timeline Facebook aku tidak Cuma berprofesi seperti blogger saja. Mereka pun mempunyai urusan ekonomi lain yang dijalankan. Terdapat yang so youtuber, affiliate marketing, serta yang paling banyak merupakan berjualan online.

Pada zaman serba digital gini, jualan memang so serba mudah. Tanpa toko fisik, engkau dapat menjajakan barang dagangan ke seluruh orang pada seluruh dunia. Metodenya bermacam-macam, terdapat yang jualan pakai webstek, Facebook, Instagram, marketplace, apalagi tidak punya barang pun dapat jualan serta laku hingga ribuan tiap hari! Itu namanya dropship, arti gampangnya sih menjualkan barang punya orang lain.

Contoh barang yang dapat dijual online merupakan Grosir Kertas Buket Bunga, baju, kuliner, atau apapun dapat kok selama terdapat sasaran pasarnya.

Ketika pandemi Corona COVID-19 seperti ini, keadaan ekonomi memang menurun. Tidak Cuma pada Indonesia, pada seluruh dunia pun agak mengalami penurunan. So yang engkau dapat lakukan sementara merupakan belajar menyusun taktik marketing yang baik. Nanti pada ketika keadaan ekonomi dunia telah membaik, tinggal gencarkan deh strateginya.


6. Belajar Facebook Ads serta Google Ads

2 perusahaan super besar ini banyak sekali penggunanya: Facebook serta Google. Setiap hari banyak orang yang mengunjungi 2 webstek tadi (plus webstek anak perusahaannya). So andaikan engkau memasang iklan buat memasarkan produk pada sana, kemungkinan dilihatnya sangat tinggi (tergantung budget pula sih).

apabila ingin beriklan pada Facebook (serta Instagram seperti anak perusahaan), cara beriklannya dikenal sebagai Facebook Ads (Instagram Ads masuk ke sini pula). Sementara apabila beriklan pada Google dikenal sebagai dengan Google Ads (dulu namanya Google AdWords). BEDA YA sama Google AdSense. BEDA. BEDA. Google Ads merupakan memasang iklan pada Google (kita mengeluarkan uang buat bayar), sementara Goole AdSense merupakan sebagai publisher iklan (memasang iklan dari Google serta kita mendapatkan uang akibat dibayar).

Beriklan pada Facebook serta Instagram = Facebook Ads.
Beriklan pada Google = Google Ads.

Facebook serta Instagram itu medsos yang gede sekali. Pengunjungnya melimpah, udah sama kaya jumlah pasir pada pantai. terutama Instagram tuh, rame sangat. Engkau dapat beriklan pada 2 medsos ini buat belajar taktik marketing. Tidak Cuma mengiklankan barang saja kok. Banyak pula yang mengiklankan webstek, dengan impian jumlah pengunjung dapat bertambah.

Google merupakan mesin pencari terbesar pada dunia, kita memahami itu. Dengan beriklan pada Google Ads, blog engkau bakal otomatis terdapat pada halaman pertama pencarian tanpa susah payah belajar SEO. Akan tetapi tetep, tergantung berapa budget yang dipunya.

Itulah sebagian opini aku mengenai aktivitas bermanfaat yang dapat dilakukan blogger ketika #dirumahaja. Tetap jaga kesehatan diri sendiri, orang terdekat, serta lingkungan sekitar supaya terhindar dari banyak sekali penyakit berbahaya. Apa aktivitas rumahan produktif versi engkau?





Posting Komentar untuk "Aktivitas #dirumahaja Buat Blogger Supaya Tetap Produktif"