Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Setiap Orang Perlu Punya Situs Web?







Pasti ada anggapan bahwa cukup dengan media sosial semisal Facebook, Twitter dan Instagram saja kita sudah bisa eksis. Apalagi kalau hanya untuk jualan online. Beberapa media sosial bisa dipakai mendulang pundi-pundi rupiah. Tapi apakah memang demikian ?.

Saya ingin tahu satu kisah terlebih dahulu. Saya punya seorang teman yang hobinya memotret. Ia pun jadi photografer handal dan dikontrak salah satu media besar di Indonesia. Dari sudut mata saya, hasil jepretannya memang selalu mengagumkan.

Namun dua tahun belakangan, ia memilih jadi photograper lepas dan menjamah pasar yang lebih luas. Pasar internasional. Jadi freelance itu bukan perkara yang mudah. Jalan ini jalan sepi dan penuh persaingan. Skill bukan satu-satunya yang diperhitungkan. Ada faktor image yang dipertaruhkan.

Ia mengalami kesulitan, bukan karena kualitasnya yang kurang. Faktor gambar yang menghambat. Beberapa kali ia membuka tawaran ke agency luar, namun tidak selalu berakhir baik karena ia tak punya wadah menampilkan etalase karyanya.

Mungkin akan ada yang bilang, Instagram bisa dijadikan wadah. Benar. TAPI mengukur profesionalisme seorang photografer sangat naif jika menggunakan wadah gratisan. Sosial media memang penting tapi membangun citra perlu sedikit modal.

Beberapa agency yang dikontaknya meminta-minta link situs pribadi. Mereka ingin melihat beberapa contoh karya yang sudah dibuat. Serta hal apa saja yang menarik. Sehingga website seyogyanya bukan hanya tempat berkreasi, tapi juga memperkenalkan identitas kita di internet.





Contoh seperti teman photografer saya hanya bagian kecil untuk menuntaskan pertanyaan mengapa semua orang perlu situs web. Bagi penjual jasa ini bukan perkara main-main. Kalaunya memang mencari peluang di internet, maka branding yang niatnya dimulai dengan situs web yang baik.

Kebiasaan masyarakat saat ini mulai bergeser. Sedikit demi sedikit sudah banyak masyarakat yang melek literasi digital. Tidak lagi langsung percaya dan bertransaksi sesuatu hanya informasi yang di dapat di media sosial. Masyarakat kita mulai membangun kebiasaan mengecek situs web resmi penjual penjual.

Karena akan sangat mudah ... siapa penjual yang baik dan buruk hanya dengan melihat rekam jejak digitalnya. Begitu pula, aman tidaknya satu situs web untuk bertansaksi, cukup dengan melihat URL dari situs web tersebut.

Semua ini satu kesatuan jika kita bicara urusan situs web untuk bisnis. Tapi bagaimana caranya untuk diri sendiri ?.






Jika setiap orang di dunia ini butuh rumah. Bukan hanya untuk bernaung dan tidur di malam hari. Tapi juga juga alamat kirim mengirim sesuatu. Maka begitu pula keharusannya setiap orang memiliki alamat di internet. Sebuah situs web yang fungsi dan tugasnya sama dengan rumah kita di dunia nyata.

Situs web dapat digunakan untuk showcase misalnya, atau portofolio portofolio produk atau jasa yang kita miliki. Misal kamu pelukis, yah, websitenya penuh dengan contoh hasil karya. Atau penulis, situs web yang dibuat akan memajang hasil tulisan. Dan banyak lagi jenis produk dan jasa yang setiap orang bisa berbeda-beda.

Melalui situs web yang baik, akan terbuka kesempatan dalam banyak pihak. Saya sudah mengalaminya dan merasa bersyukur. Karena hal kecil yang saya curahkan di situs web, membawa dampak yang besar. Bahkan pernah satu waktu, saya dikontrak oleh satu perusahaan setelah melihat apa yang saya lakukan.

Saya selalu menekankan kepada siapa saja, jika ingin membangun portofolio di internet, buatlah agar terlihat profesional. Salah satu caranya dengan tidak membangun situs web gratis. Ini penting bagi bisnis apapun yang dijual. Untuk menunjukkan kemapanan dan kesejahteraan. Tidak peduli kerjanya bisa di kamar atau toilet sekalipun.



Tidak perlu mahal untuk memulai. Ada banyak cara membuat situs web dengan harga murah tapi terlihat profesional. Di Indonesia banyak penyedia web hosting murah namun tetap berkualitas. Salah satunya DomaiNesia.



Membuat satu situs web nampak profesional punah kata bijak perkara sulit. Semua hal bisa belajar. Bahkan kepada mereka yang tidak paham sama sekali soal koding. Teknologi itu diciptakan bukan menyulitkan, semuanya untuk membantu memudahkan pekerjaan manusia.

Jadi tidak ada ruginya yang memiliki situs web. Karena akan membuat kamu terlihat paling ahli dibidangnya. Bagi pengusaha pun akan mempertontonkan kredibilitas jika punya website. Bahkan politikisi saat ini pun butuh website untuk dipilih.

Maka mulailah membuat halaman pertamamu di website! :)

Posting Komentar untuk "Mengapa Setiap Orang Perlu Punya Situs Web?"